Mengenali Tanda-tanda Mobil Harus Spooring dan Balancing

Brader sekalian, terutama yang hobi melihara mobil bekas, James Bons yakin suatu ketika pernah agan sekalian mengalami bahwa mobil ini maunya belok ke kiri terus, tapi bukan berarti karena di sebelah kiri ada cewek cantik, ngoahahaha, karena memang bermasalah dengan kaki-kaki mobil anda. Demikian juga yakin agan sekalian pernah mengalami ketika habis melahap gajrukan ,mobil mbanting ke satu arah, baik kiri atau kanan. Yup bila mengalami hal ini berarti mobil anda harus segera Spooring.

blazer

blazer

Apa itu Spooring?

Spooring dapat diartikan sebagai pelurusan, sehingga jika diterapkan pada mobil berarti usaha untuk meluruskan kembali kedudukan keempat roda mobil sesuai dengan kriteria dan type ban mobil. Meski dibilang ke 4 ban mobil, tapi biasanya yang diubek tukang spooring adalah dua roda depan. Sementara dua roda belakang serahkan ke bengkel perbaikan mobil,ubakn bengkel khuus spooring.

Kapan harus spooring?

Bila mobil anda mengalami pergantian part macem blajoint, sayap, dan beberapa part lain yang berhubungan dengan steer, maka harus dilakukan spooring untuk menjaga keseimbangan kemudi. Selain itu, mobilpun juga kan semakin boros dan tarikan menjadi berat karena gesekan lebih besar sebagai akibat dari arah roda yang tidak singkron dan seimbang. Mengemudipun rasanya tidak enak bialmalas spoorig.

Gejala mobil harus spooring!

Gejala gejala kendaraan yang timbul sehingga memerlukan spooring selain dua faktor yang telah ditulis dalam paragraf pertama di atas adalah sebagai berikut :

  1. Alur ban atau kembang ban kedua roda depan mobil anda tidak sama tebal atau pengikisan permukaan ban tidak rata ( tipis di salah satu pinggirnya ). Hal ini dapat terjadi pada salah satu roda atau kedua duanya.
  2. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
  3. Ketika mobil parkir ditempat yang datar, maka ada roda yang berdiri miring, namun sebelumnya pastikan tekanan angin pada roda belakang sama dan demikian juga tekanan angin pada roda depan.
  4. Ketika roda belakang anda tidak lurus dengan roda depan pada posisi lurus ke depan. Anda dapat melihatnya dari sekitar tiga meter dari belakang. Atau anda dapat menggunakan seutas tali.
  5. Ketika roda belakang anda telah bergeser dari tempatnya semula baik kekiri maupun kekanan.
  6. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
  7. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
  8. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
  9. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan ke
  10. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
    seimbangan.

Apa itu balancing?

Balancing berarti keseimbangan. Sehingga balancing mobil berarti usaha untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil.

Kapan harus Balancing?

  1. Saat ganti ban.
  2. Saat kilometer tertentu sesuai standar pabrik.
  3. Ketikan ban diarasa limbung atau berdengung.

Monggo dikunyah-kunyah, kalau ada yang salah monggo dikritisi!

This entry was posted in Portal Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Mengenali Tanda-tanda Mobil Harus Spooring dan Balancing

  1. Artikel bagus..
    Kebetulan udah 27rb km bersama triton..

    Saatnya spooring dan balancing..

  2. Wah, 3 tahun belum pernah spooring & balancing ๐Ÿ˜€
    Tapi masih lurus-lurus aja jalannya ๐Ÿ™‚

  3. Asys Fandi says:

    kla pas jalan ban seperti bunyi dengung mungkin jg salah satunya…berarti permukaan ban ada yg tidak rata ini klo kesulitan mo ngecek rata nggaknya permukaan ban……hehe

  4. kutu_kupret says:

    kalo keseringan minta spooring itu tandanya mesti ganti mobil….

  5. efek negatif kalo ga segera ditangani yang terburuk apa mbah?

  6. ipanase says:

    pakai komputer apa pakai tali mbah

  7. serius ki Mbah, apik artikele, dudu ngising ting tlecek ๐Ÿ˜€
    Juozzz lanjutken

  8. gak kebayang spooring pake tali bangunan, sekalian aja pake selang timbang… ๐Ÿ˜† :mrgreen:

    ใ€€

  9. Dide Irvin says:

    penyakitnya semua angkot, jalan di sebelah kiri terus ๐Ÿ™‚
    harus di spooring :mrgreen:

  10. Ms Dhukha says:

    Ban depanku yg kiri habisnya nggak rata, harus spooring nih… ๐Ÿ™
    http://dhukha99.wordpress.com/2014/07/10/pray-for-gaza/

  11. deri says:

    Maaf saya mau tanya, untuk balancing ban dunlop baiknya dilakukan berapa bulan sekali?

  12. lilazi says:

    klw ban depan dan belakang tidak lurus apa penyebabnya,,,dan setirnya seperti aus ada seperti gesekan kering itu apa y penyebabnya mohon infonya y

  13. DD 101 AT says:

    wasalam……numpang nanya ni berap biaya ganti kaki2 ples sporing mobil xenia th2007

  14. Yuli says:

    PROMO AKHIR TAHUN DISKON BESAR2AN..

    Miliki mobil idaman mulai dari 70 jutaan saja..

    Hyundai Sonata NF 2.4 MT โ€˜2010
    Hyundai Sonata YF 2.4 AT โ€˜2012
    Hyundai Excel III 1.4 MT โ€˜2013
    Toyota Limo 1.5 STD โ€˜2013

    Buka :
    Senin – Jumat 08:30 – 17:30
    Sabtu 08:30 – 14:00

    Jl Husein Sastra Negara
    No.175 Rawabokor Benda Tangerang (20meter dr Pom Bensin Rawabokor)
    021โ€”2967โ€“ 7777
    YULI : 0811 – 1546 – 177
    NURDIN : 0878 – 8501 – 7847

Leave a Reply

Your email address will not be published.