Konsumen Indonesia Kalau Sebuah Produk Diulas Kelemahannya Mencak-mencak, Konsumen Luar Negeri Justru Menyimak

Satu hal yang menarik bahwa kenapa recall sangat jarang terjadi di negeri tercinta yang penuh dengan merdeka ini, ternyata jawabannya simpel, di Indonesia suatu kelemahan atau cacat pruduksi dari suatu produk misalnya otomotif kalau direview oleh sebuah media atau blogger malah justru fannya mencak-mencak memaki-maki media tersebut bahkan menuduh BC atas nama produk kompatitor, maka wajar gak usah recall pun aman. Ini jauh beda dengan luar negeri, justru user bangga dan mendukung apabila sebuah produk direview kelemahannya selanjutnya diketahui pabrikan dan tahep selanjutnya bisa dilakukan recall dan kemudian user merasa aman dan nyaman.

ninja er 6 terbakar

ninja er 6 terbakar

Sales di negeri inipun juga tidak terima bila pruduknya dibilang ada kelemahan, selalu ngeles dan menghindar kemudian bahkan menyerang media dengan mengatasnamakan BC. Bahkan banyak pula yang menuduh media A, blog A telah dibayar utuk BC terhadap produk B, dan seterusnya. Demikian seringkali terjadi di negeri tercinta ini.

Di luar negeri bahkan seorang konsumen dengan garang berani menuntut pabrikan bila terdapat cacat produksi. Dan di pengadilan, banyak konsumen memenangi kasus dan pabrikan justru harus membayar sejumlah besar uang untuk ganti rugi pada konsumen. Yayasan perlindungan konsumenpun bekerja sangat optimal melindungi hak konsumen. Nah di Indonesia boro-boro recall, wong mengulas kelemahan produk saja blog atau media langsung dibully.

Maka jadilah negara kita ini merdeka, merdeka untuk membully, merdeka untuk tidak recall, merdeka memaki, merdeka untuk tidak dituntut konsumen. Ya penentunya bukan hanya produsen, konsumenpun juga membentuk mind set yang seperti itu, yang anti recall dan tak mau mengakui kelemahan produk kebanggaan atas nama gengsi.

Mesti perlu di catat tidak semua fans boy seperti ini, demikian juga tidak semua sales juga seperti ini. Ada juga fans boy yang justru berterimakasih telah direview kelmahan motor atau mobilnya, kemudian pun ketikaΒ  motor seorang user mengalami masalah dengan motornya kemudian meminta tolong pada media untuk menyampaikan pada produsen dan selanjutnya produsen melakukan perbaikan. Demikian juga sales juga ada yang dengan berbesar hati mau menanggapi dan memberi klarifikasi terhadap cacat produksi sebuah produk. Padahal pabrikan juga mau lho menerima masukan dari media.

This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Konsumen Indonesia Kalau Sebuah Produk Diulas Kelemahannya Mencak-mencak, Konsumen Luar Negeri Justru Menyimak

  1. ipanase says:

    yang ngulas pun dianggap penipu, ga mutu, rendahan, dll

  2. khoirul says:

    mantap kang ulasannya….

  3. cahaya says:

    Ada juga iklan suatu produk otomotif menyertakan bloger papan atas seperti lek iwb atau pertamax7 buat acuan produknya..tepok jidat tenan!

  4. java135 says:

    kayaknya dulu ada konsumen yg menuntut sebuah merek ke pengadilan,karena ada sebuah cacat dari produk merek tersebut.. namun,si konsumen kalah.. mngkn ini juga yg membuat orang takut menuntut jika ada produk cacad..

  5. kuclux says:

    Di luar negeri bahkan seorang konsumen dengan garang berani menuntut pabrikan bila terdapat cacat produksi.
    =========================
    gue pernah usul gitu diblog sebelah diartikel “yamaha r15 mengapa tak satupun blogger r2 yang protes”, tp dimoderasi trus ilang (mungkin dihapus).
    Pdhl bkn bc soalnya menyangkut ploduk semua merk.
    Yaah…mungkin krn komenku dianggap sampah shg dihapus, pdhl artikelnya mlh lbh sampah lg, ngapain urusin orang jualan, yamaha mau jual batu akik pun itu hak yamaha, & tdk melanggar undang2.

  6. Rider_Newbie says:

    Motor itu buatan manusia bro, jadi sangat wajar kalo tidak sempurna & adanya kelemahan.
    Saya sangat setuju bila semua kendaraan bermotor di review kelebihan & kekurangannya pada masing2 produk.
    Apabila adanya kelemahan sergera di recall & di perbaiki kelemahan tersebut.

  7. ki demang kiyer kiyer says:

    Karena ada huruf R nya identik dng kentjang… Padahal R bisa juga RECALL :v kalau gak ada embel2 huruf R biasanya…. πŸ™‚ contoh huruf i = inazuma… :v (mblayu buwanter wedi di sawat sarung’e mbah bons)

  8. tarno says:

    woooo ini tipikal FBH banget. mencak2 kalo motornya dihujat.
    tangki bocor dibilang wajar, yg salah usernya.
    bodi getar dibilang wajar, bs diakali.
    kalo adu speed seneng ngejek yg kalah,
    kalo kalah di adu speed bilangnya ngapain balapan. ini motor harian, maaaaakkk

  9. yan says:

    Terima kasih mbahhh bons =)

  10. Rudy SouL says:

    yaaa begitulah..

    YIMM sediakan part racing untuk YZF R15 tapi maaf tidak dijual untuk umum. – http://wp.me/p208su-24Z

  11. java36 says:

    Ya mbah FB emg gtu, gak otomotif, smartphone, bahkan yg parah ya sepakbola. Jotos2an ngoahaha

  12. silent says:

    yah mungkin karena di luar negeri bloggernya netral dalam arti sebenarnya πŸ™‚ :v

  13. mbahrowo99 says:

    mbah tolong di bantu gmn caranya mengajukan klaim ke sebuah pabrik….

  14. fncounter says:

    Yah begitulah, setuju sama ulasan njenengan mbah bons

  15. TiCtAc says:

    pencerahan nih
    yuk rame2 jadi konsumen cerdas,.
    pinter2 nyari cacat di barang yg di deliver ke rumah,.
    ulas di blog sendiri,.
    ancam pabrikan klw gk mw replace unit masukin surat pembaca dll media cetak/Online
    ntar lumaya dapet motr baru lagi
    πŸ˜€
    akan lbh brlaku jika itu barang kreditan nampaknya

  16. cadoxs says:

    Woh mantep mbah πŸ˜€

  17. Pingback: Konsumen Indonesia Kalau Sebuah Produk Diulas Kelemahannya Mencak-mencak

  18. cbsf lemot says:

    Orang kita kurang bisa menghargai kreativitas, ga bisa menerima perbedaan, n maaf agak tinggi hati…deket sombong…smg mbah bons sll mendapat kekuatan dan kesabaran…aamiin yra….

  19. Pamiarsa Tea says:

    itulah susahnya mindset Wong ndeso mbah… selalu menganggap sempurna tunggangan nya, gak pernah mau ada cacat yang ketahuan publik..

  20. sukir168 says:

    mbah ulasan lengkap kejelekan new swift 1,4 opo wae to mbah admin???

  21. rikiramdani says:

    sepengetahuaan saya tdak semua sales/dealer kayak gtu mas. ni UD. Horas Motor ketika saya beli NJMX kekurangan dan kelebihannya d paparkan jelas ma kepalaekanik beres yg mengatakan klok njmx tu lemah d komstir. ternyata bnar baru 18rbu km dah oblaks

  22. febria says:

    Haha pernah bahas kelemahan d komunitas online salah satu merk soal frame karatan baru pembelian 3 bulan, malah d bilang tantang nyalimu, ini frame a.k.a chassis yoh kolo udh lama nambah parah karatan bkan nyali lagi yg d tantang tapi nyawa, mbo yah jgn dableg2 amat yoh jadi konsumen, terlalu byk d bilang “konsumen skr pintar2” “masyaramat sudah pintar” yoh konsumen jadi besar kepala jadinya malah sok pintar…

  23. Busa_tio says:

    Aku yo melu dadi gemes kalo ada yg dikasih pencerahan tapi malah mencak-mencak. πŸ˜†

  24. tim rad says:

    Justru review kelemahan produk itu penting! Tau kasus recall GM di seluruh dunia, dimana konci starter mobil bisa muter sendiri ke posisi off? Coba bayangin kalau gak ada yang mau review..itu saja sudah memakan korban jiwa, dan GM nya pun menunda recall hingga tahunan..duh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.