Kenali Dirimu dan Kelemahanmu, Sebelum Orang Lain Tahu dan Menghancurkanmu!

Kita terlahir dengan segala kekurangan dan kelebihan masing masing, namun banyak dari kita yang belum tahu kekurangan dan kelebihan sendiri meskipun sudah menjadi kakek-kakek atau nenek-nenek.

who am i
who am i

Yang musti di ingat adalah sedini mungkin kita harus bisa menemukan apa kekurangan kita, sebelum hal itu ditemukan lebih dulu oleh orang lain kemudian digunakan senjata untuk menjatuhkan kita.

Ada orang yang taat beribadah, suka dengerin ceramah, suka baca ilmu agama, namun begitu ternyata ia suka ngrumpi, suka njelek-nejlekin kekurangan dan kelemahan orang lain, padahal tanpa sadar itulah kekurangan kita. Inilah penyakit mulut yang sering membuat amal ibadah kita sia-sia dan makin Jauh dari Tuhan, demikian bila kita tidak waspadai penyakit ini akan berkembang biak menjadi iri, dengki, suka nggrutu, suka memaki, dan sebagainya. Kemudian tumbuh sifat egois yang di mata dia, semua salah, dan hanya dia dan orang yang sependapat dengan dialah yang benar menurut dia. Berhati-hatilah, ini penyakit menular gan.

Demikian pula ada orang yang bak hati, murah senyum, ramah, sabar, rajin sholat, namun ketika diajak puasa beratnya minta ampun. Puasanya hanya ketika ramadan saja. Itupun ketika diatas jam 3 sore sudah plonga-plongo lihat tutup nasi mulu. Yang begini ini kalau dibiarkan terus akan memperlambat kemampuan kita untuk ma’rifat pada hal-hal yang sirr.

Selain itu pula orang yang disiplin, tertata, teratur, selalu menghargai waktu, taat pada aturan agama dan negara. Namun ketika diajak untuk ngalah sedikit aja sama tetangga susahnya minta ampun, diajak kerja bakti bersama warga enggannya luar biasa. Lo-lo, gua-gua. Ingat gan penyakit ini apabila kita peliahara lama-lama bakal tumbuh dan berkembaang menjadi Egois dan apatis terhadap sesama, tak punya kepedulian sosial. Orang lain harus faham dia, namun dia tak mau mengerti orang lain.

Ya, sifat buruk itu kalau kita pelihara cepat menular ke yanglain. Sekedar status FB kalau beraura negatif, maka teman-temanya akan ketularan aura negatifnya semua, coba saja, BC-in salah satu capres, yakin bakal banyak yang ketularan, semuanya pada BC. Lain halnya ketika kita bikin status positif, energi positif di FB tersebut akan menular pada orang lain dan bermanfaat bagi kita dan orang lain! Dengan mengenali diri itu setidaknya sebagai wujud dari rasa syukur dan belajar nrimo pada ketentuan takdir dengan tetap berusaha dengan sekuat tenaga mewujudkan impian.

Bersukur dan nrimo itu setidaknya kayak gini!

r 25
r 25
nrimo
nrimo

Cepat kenali diri, baik kelemahan maupun kelebihan!

Advertisements

20 Comments

  1. Kenali Dirimu dan Kelemahanmu, Sebelum Orang Lain
    Tahu dan Menghancurkanmu!

    atau

    Yang bisa menilai diri kita adalah orang lain

    hayooo kang yg bner yg mana ini?kl saya sh yg pertama

Leave a Reply