Demi Memasang Rotator Sampai Dibela-belain Bikin ID Card Polisi Palsu

Mungkin bagi sebagian orang mengenakan asesori petugas itu sesuatu banget atau mungkin juga menambah kebanggana, setidaknya inilah yang dilakukan pemilik mobil Nissan X-Trail B 1005 SKJ yang dihentikan polisi di Tol Senayan pada Sabtu (14/6) malam karena menggunakan rotator warna biru. Nah ternyata sang pengemudi, Christoper Alexander, menggunakan kartu anggota Polri palsu. Wehgh! Ya maklum ternyata si mas pelaku ini masih berstatus pelajar dan baru berusia 20 tahun, mmm!

kta Polis Palsu

kta Polis Palsu

Polisi melakukan penindakan karena itu melanggar dan  bisa untuk kejahatan itu. Ya, di bagian depan KTA Polri palsunya plaku mengenakan Jaz hita, sementar di bagian belakang tertulis jabatannya sebagai staf khusus Direktorat 8.Terdapat tanda tangan Karo Binpolsus Mabes Polri Brigjen Pol Pudji Hartanto lengkap dengan cap biru Mabes Polri. Menurut Christoper, KTA itu ia dapatkan dari sebuah layanan jasa di internet.

Menggunakan rotator sendiri sebenarnya hukumannya juga jelas, bahwa penggunaan rotator dan sirine diatur dalam Pasal 59 ayat 5 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Rotator atau lampu isyarat dibagi ke dalam 3 warna, yakni biru untuk Polri, merah untuk mobil tahanan, TNI, pemadam kebakaran, ambulans, PMI, dan mobil jenazah. Kuning untuk mobil patroli jalan tol, dinas perhubungan, mobil derek, dan angkutan barang khusus.

lampu rotator

lampu rotator

Ada sanksi untuk pelanggar, terutama kendaraan sipil yang memanfaatkan keuntungan sinyal lampu tersebut untuk kelancarannya sendiri yakni diatur dalam Pasal 287 ayat 4 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar seperti yang dimaksud Pasal 59, Pasal 106 ayat 4 atau Pasal 134 dapat dipidana dengan pidanan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Demi Memasang Rotator Sampai Dibela-belain Bikin ID Card Polisi Palsu

  1. lugupol says:

    halah mung tebang pilih…nyatane wingi sepionku disamber rombongan pajero semprot berotator…

  2. Pamiarsa Tea says:

    Emang semprul orang orang idiot yang pakai lampu rotator biru begitu, kemarin di tol merak ane juga kecele.. ane pikir pak kumis lagi nguber c Brutus, eh gak taunya cuma Motuba kijang lgx yang sok jadi pak kumis.. whuaassem.

  3. ndesoedisi says:

    sebegitunya … 😕

  4. danisubject says:

    heleh kasus meneh .

  5. machalesana says:

    kalau polisi beneran trus masang rotator di kendaraan pribadinya itu gimana ? menyalahi aturan gaak

  6. Mase says:

    Kampret… Pengen sok sokan di jalan tu orang…

  7. fuck that way says:

    banyakan cina2 pluit sanaan lagi tuh yang gaya2an begitu. tabrak terus turun aja, pasti takut tuh cina2. lagi gue ga pernah liat cina jadi reserse, banyakan juga dagang!!

  8. yoga says:

    yg komen pasti sesama blogger dan temen2 loe bons udah pasti isi komennya sependapat dgn loe. yg komen jg kontra dgn mobil/drivers.gini aja deh bons klo loe laki2, loe brani gak nulis artikel yg sifatnya menjelek2 an bikers/pemotor,gw yakin loe gak bakalan brani krn loe pasti dicari org/bikers
    makanya bons gw kasih tau klo nulis artikel jgn cm menjelek2 an drivers/mobil tp bersikap adil lah,byk tuh para riders/bikers yg gak bener di jln tp apa loe tulis dan loe kupas smua.yg ada mah tai doang loe brani nulis, ngoahahahahahaaaaaa……. (makan deh tuhh ngoahahahahahahaaa)
    bisa nya cuma nulis doang didunia maya,didunia nyata brani gak loe bons???

Leave a Reply

Your email address will not be published.