KIPRAH YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING 40 TAHUN YAMAHA REVS YOUR HEART SEMAKIN DI DEPAN

JAKARTA-PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merayakan usianya yang ke-40 tahun berdiri di Tanah Air. Perayaan ini dihadiri langsung President and CEO Yamaha Motor Company Japan, Hiroyuki Yanagi, dan sejumlah pejabat pemerintah kementerian Indonesia.

President and CEO Yamaha Motor Company Japan Hiroyuki Yanagi dan Presiden Direktur Yamaha Indonesia Yoichiro Kojima beserta para pejabat pemerintah kementerian Indonesia melakukan pengguntingan pita

President and CEO Yamaha Motor Company Japan Hiroyuki Yanagi dan Presiden Direktur Yamaha Indonesia Yoichiro Kojima beserta para pejabat pemerintah kementerian Indonesia melakukan pengguntingan pita

Berpusat di Kantor YIMM, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (7 Juli) perayaan 4 dekade berdirinya YIMM digelar. Deretan pejabat pemerintah kementerian Indonesia yang hadir adalah Deputi Bidang Koordinasi Industri, Inovasi Teknologi, dan Kawasan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawady ; Direktur Jenderal Industri Argo Kementerian Perindustrian Budi Darmadi ; Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian Soerjono ; Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak ; Minister Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Yoshiko Kijima ; Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dan President Federation of Asian Motorcycle Industry (FAMI) Gunadi Shinduwinata,

”Dari hasil kiprah perjalanannya selama 40 tahun, bisa dibilang Yamaha Indonesia telah meraih sukses dan diakui sebagai salah satu perusahaan otomotif sepeda motor yang terpandang Semakin di Depan dengan sejumlah pencapaian mengagumkan. Tahun ini kami bangga merayakan 4 dekade usia Yamaha Indonesia yang telah melewati banyak suka dan duka serta menjadi perusahaan yang dicintai konsumen,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT YIMM.

Berdiri pada 6 Juli 1974, Yamaha memiliki dua bagian besar yaitu 2 manufacturing dan 4 produsen parts atau 6 pabrik. Perkembangannya yang pesat lantas melahirkan 7 group company dan 160 vendor yang tersebar di Jabodetabek dan Jakarta Timur. Sejalan dengan itu pula jumlah karyawan meningkat hingga saat ini terhitung kurang lebih 20 ribu orang banyaknya. Kapasitas produksi pun tinggi mencapai 3 juta unit sepeda motor per tahun. Tercatat pula jaringan dan dilernya mencapai 4.300 dimana di dalamnya itu termasuk 6 DDS (Direct Distribution System) atau yang dikenal dengan Flagship Stores (FSS) di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi, Madiun-Kediri.

Tumbuh sebagai perusahaan mapan di Indonesia, Yamaha Indonesia tidak melupakan kewajibannya untuk memberikan bantuan kepada pihak lain dalam program CSR (Corporate Social Responsibility). Diantaranya seperti bekerjasama dengan 500 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia, Yamaha Forest di Jawa Barat yang awalnya dilaksanakan dalam jangka waktu 5 tahun sejak 2005 hingga 2010 lalu dilanjutkan tahap keduanya sampai tahun ini yang dimulai dengan Planting Ceremony di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan. Planting Ceremony ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Yamaha Group Corporation terhadap pemanasan global yang terjadi saat ini.

Dan kepeduliannya terhadap masyarakat di sekitarnya melalui CSR juga diterapkan dalam bentuk edukasi berkualitas dan terpercaya melalui Yamaha Engineering School (YES). Sekolah mekanik gratis Yamaha ini hadir di Indonesia sejak tahun 1990 dan telah mendidik 3.406 orang di 12 kota dimana YES Training Center berada. YES sebagai lembaga pendidikan di bidang otomotif melahirkan teknisi-teknisi handal. Dan sebagai program CSR diakui sebagai yang terbaik di tingkat dunia melalui penghargaan Presiden Award di Jepang pada 2006.

Dan masih banyak lagi program CSR yang dilakukan Yamaha, seperti yang terkait dengan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat umum yaitu pembuatan Rainwater Harvesting (RWH) yang didukung penuh Pengprov DKI Jakarta dan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta. Fasilitas penyediaan air bersih itu diperuntukkan buat SDN Kapuk Muara 05 (pagi) dan SDN Kapuk Muara 06 (petang), SMPN 122 Kapuk Muara di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Yamaha pun turun tangan dalam membantu para korban bencana alam dan banjir.

Yamaha pun terbentuk menjadi perusahaan profesional yang menggunakan standard ISO sehingga menghasilkan sejumlah award yang berkaitan dengan ramah lingkungan. Seperti Award Runner Up Taman Kantor Terbaik dari Pemerintah DKI Jakarta, Award Pelopor Sumur Resapan dari Pemerintah DKI Jakarta, Award Simpanan Air Tanah dan Perubahan Menjadi Pipa Air, Award Perusahaan dengan Performa Lingkungan Sangat Bagus dari Pemerintah DKI Jakarta. Sejumlah award lainnya pun kerap didapatkan Yamaha dalam kiprahnya sebagai korporat otomotif roda dua terbaik dan untuk produk-produk yang dihasilkan. Corporate Image Award Indonesia’s Most Admired Companies, Roy Morgan Award, Digital Marketing Award untuk website terbaik dan brand performing terbaik di social media untuk Mio, Jupiter Z dan V-Ixion. Indonesia Best Brand Award untuk Mio dan V-Ixion. Termasuk pengakuan pelayanan terhadap konsumen melalui Excellent Service Experience Award, Indonesian Customer Satisfaction Award, Indonesia Most Recommended Consumer Community Award.

Keunggulan Yamaha lainnya adalah aktif dan sukses melaksanakan transfer teknologi dari Yamaha Jepang kepada insinyur muda lulusan beberapa universitas terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia, yang mengikuti program-program pembelajaran secara berkala selama 6 bulan sampai 3 tahun ke Yamaha Jepang. Tak heran sejumlah produk yang diproduksi Yamaha Indonesia adalah hasil karya anak bangsa pula seperti Soul GT, Fino edisi I Love Indonesia yang menggunakan striping motif Sulur Jawa dan yang teranyar adalah R25 yang menggunakan 94 persen kandungan part lokal dan mesin lokal.

This entry was posted in Berita Umum and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to KIPRAH YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING 40 TAHUN YAMAHA REVS YOUR HEART SEMAKIN DI DEPAN

  1. papa3r says:

    Rajin melek bengi,…dadi kebagian pertamax…… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.