New Tiger Revo Terbakar Sampai Hangus: Hati-hati Modif Kelistrikan Ata Ke Bengkel Main Sambung!

Sebuah Honda Tiger Revo hangus terbakar gara-gara kelistrikan. Sering kali tanpa sadar kita memodif kelistrikan sehingga salah pasang, atau arus yang dilewati tak sesuai dengan besaran kabel yang kita pasang sehingga motor terbakar. Demikian juga bisa terjadi lantara kita pergi ke bengkel, nah tak semua bengkel paham betul alur kelistrikan, lalu mereka main pasang atau main potong, da burr, mengakibatkan konslet dan terbakar.

tiger revo Hangus Terbakar

tiger revo Hangus Terbakar

Kebakaran yang terjadi karena modif soal kelistrikan ini sering kali terjadi. Dalam kabel listrik biasanya arus itu berbeda-beda di beberapa kabel walau memang ada juga yang sama. Nah kasus kebakar ini terjadi biasanya ketika kita menambah instalasi baru dengan ukurang tahanan kabel yang berbeda dengan setingan pabrikan sehingga timbul panas, maka lama-kelamaan mendjadi percikan api dan membakar, apalagi api menyerang jalur BBM wewe jamin langsung berrrrn kebakar. Tak jarang juga kita memasang shocket kurang kencang sehingga berpeluang terjadi gesekan dan konslet lalu terbakar. Nah, hal ini musti diwaspadai para pengguna motor.

Pada kasus lain, terkadang kita membawa motor kita ke bengkel abal-abal, tahu hobinya, main potong kabel saja, kalau nggak gitu mau ambil stru main konsletin aja, bila ada strumnya sambungin ke bagian yang butuh strum, begitu seterusnya, maka peluang terjadi konslet dan panas di kabel sangat besar. James Bons sering banget menjumpa kasus ini selama James Bons membawa motor atau mobil ke bengkel. Bahkan bengkel ternar pun, tak jarang nggak faham bener masalah kelistrikan. James Bons bisa bilang begini karena James Bons memang faham betul alur kelistrikan. Dulu pernah bekerja sebagai tukan gservice TV, Radio dan sebagainya yang terrmasuk alat elektronik. Alat  elektronik james Bons pun lengkap. Jadi mustinya tukang di bengkel mengukur listrik enggunakan avometer, ini kebanyakan menggunakan feeling,, ya ruwed.

Saran James Bons kalau memperbaiki masalah kelistrikan mending ke yang betul-betul ahli kelistrikan, minimal tahu jalur kelistrikan di motor yang mau diperbaiki. Nah kalau ragu mending ganti kabel body, lebih aman. Harganyapun tak seberapa.

About these ads
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to New Tiger Revo Terbakar Sampai Hangus: Hati-hati Modif Kelistrikan Ata Ke Bengkel Main Sambung!

  1. andhi_125 says:

    wis tangki gampang bocor, konslet pula..#eeh
    pasangan serasi, bbm + api :mrgreen:

  2. danisubject says:

    ga standar garansi hangus

  3. Jack says:

    Njeblugh gan

  4. adhyg13 says:

    kelistrikan emang bikin mumet mekanik mbah,paling males garap kelistrikan kata mekanik apalagi yang gak ahli.

  5. mul says:

    kelistrikan..? hhmmm…momok bagi yg mekanik,…yang paling sering terjadi ..melapis sambungan kabel pake sobekan plastik kantongan bukan pake isolasi tape khusus ,ngetes voltase pake bohlam-pokoknya nyala ada voltase..nggak tau berapa ukurannya, yang lebih parah mekanik behuela-tempo dulu ngetes lompatan voltase dari koil busi dgn dijepit di jari tangan…klo ndutan-percikannya bikin kaget-berarti koil sip—nih..parah…dah…, dan pernah bikin senewen..nyambung bebrapa kabel dgn kabel yg sewarna…pokoknya nyambung + ato -…sama warnanya nah…klo lupa pas..ditest? jadilah..kembang api….hahahaa

  6. Rideralam says:

    jafi, harus ke mbah bons nih kalo urusan kelistrikan? okelah…, 😀

  7. ardee says:

    ane masang lampu di tukang variasi lampu pinggir jalan, kelistrikan diacak2,
    pas ke bengkel langganan aye diomelin rawan kebakaran katanya …

  8. Buat yang domisili di Tasikmalaya, ada bengkel Mang Asep di Cisayong, Kab. Tasik
    Spesialis kelistrikan mobil dan motor, josss….
    Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.