Peringati Hari Ozon, AHM Edukasi Siswa Sekolah Satu Hati

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) memperingati hari Ozon Internasional dengan memberikan edukasi kepedulian lingkungan kepada siswa Sekolah Satu Hati. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam melestarikan lingkungan hidup melalui generasi muda.

AHM_OZON001AHM_OZON001

AHM_OZON001AHM_OZON001

Edukasi kepedulian lingkungan dilakukan AHM dengan mengajak 125 siswa dari 12 sekolah binaan AHM yang tergabung dalam program Sekolah Satu Hati. Mereka diajak mengenal dan memahami lebih dalam proses produksi maupun produk sepeda motor Honda yang ramah lingkungan.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan terus berupaya mewujudkan komitmennya dalam upaya mengurangi produksi dan pemakaian bahan perusak Ozon. AHM juga terlibat aktif berkontribusi menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lapisan ozon sebagai perisai bumi.

“Kami ingin menularkan virus kepedulian lingkungan kepada para generasi penerus bangsa. Kami berharap mereka dapat melanjutkan dan menyebarkan prinsip green process dan green product seperti yang kami lakukan pada setiap aspek kehidupan yang mereka jalani.”

Selain mengenalkan proses produksi dan produk sepeda motor ramah lingkungan, AHM juga menggelar diskusi tentang pentingnya lapisan ozon, faktor-faktor penyebab kerusakaan ozon, potensi kerugian ataupun ancamannya terhadap mahluk hidup apabila kerusakan ozon terus berlanjut.

AHM juga menyelenggarakan lomba ‘Main Map’ terhadap pengendalian Ozon,  yaitu lomba membuat peta terjadinya lubang ozon dan gagasan untuk mencegah terjadinya lubang ozon. Melalui lomba ini, para siswa Sekolah Satu Hati binaan AHM diharapkan dapat termotivasi untuk berkontribusi aktif terhadap kelestarian ozon. Badan PBB bidang Lingkungan Hidup, United Nations Environment Programme (UNEP) menerapkan hari ozon international pada tanggal 16 September sebagai tindaklanjut dari penandatanganan Protokol Montreal 16 September 1987.

Sekolah Satu Hati merupakan sekolah binaan AHM guna mewujudkan sekolah dan siswa yang berwawasan lingkungan, berkomitmen terhadap pelestarian seni budaya, dan berkontribusi dalam proses perubahan sosial. Adapun sekolah yang terlibat dalam program ini adalah SMAN 13 Jakarta Utara, SMAN 18 Jakarta Utara, SMAN 40 Jakarta Utara, SMAN 41 Jakarta Utara, SMAN 52 jakarta Utara, SMAN 72 Jakarta Utara, SMAN 75 Jakarta Utara, SMAN 80 Jakarta Utara, SMAN 110 Jakarta Utara, SMK Hang Tuah 1  Jakarta Utara, SMK Mitra industri Cikarang, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta.

Sebagai perusahaan yang berwawasan lingkungan, AHM  memproduksi sepeda motor dengan pendekatan produksi bersih (cleaner production) yang dikenal dengan prinsip 6R (Refine, Reuse, Recovery, Reduce, Recycle, Retrieve energy). Pengolahan limbah di pabrik  AHM juga memiliki sarana WWT (Waste Water Treatment) yang terintegrasi, sehingga air limbah masih bisa digunakan kembali untuk keperluan sehari-hari.

Proses produksi AHM yang ramah lingkungan telah diakui berbagai pihak seiring dengan pengakuan sertifikasi ISO 14001 yang terus diperoleh sejak tahun 2000. Selain itu, diterapkan pula sistem manajemen Astra Green Company (AGC) yang juga memenuhi kriteria Program Penilaian Kinerja (PROPER) terkait Pengelolaan Lingkungan dari Kementerian lingkungan hidup (KLH) Republik Indonesia.

Selain menerapkan dalam proses produksi, komitmen ramah lingkungan juga diimplementasikan dalam produk-produk yang dihasilkan AHM. Penerapan teknologi ramah lingkungan pada sepeda motor dipelopori AHM melalui sepeda motor Honda Supra X 125 PGM-FI pada 2005. Sejak awal tahun ini, AHM berhasil mewujudkan komitmennya dengan menerapkan teknologi injeksi di semua produk sepeda motor Honda dan telah memenuhi standar emisi Euro3.

About these ads
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Peringati Hari Ozon, AHM Edukasi Siswa Sekolah Satu Hati

  1. Dannie says:

    My brother recommended I would possibly like this blog.

    He was once totally right. This post actually made my day.
    You can not consider just how so much time I had spent
    for this info! Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published.