R 25 Modif Jeroan Jadi R 3 Bisa Booming, Part Aftermarket, Colongan Atau Legal?

Brader sekalian, R 25 telah booming di Indonesia dan kini penjualan perbulanpun mengalahkan Ninja 250. Kini para rader usernya sedang igat-giatnya menggali top speed, mengukur kenyamanan, keamanan, dan sebagainya. Nah sampai kapan ini berlangsung? Dalam artian sampai kapan akan bosan? Ya tentunya tak lama lagi, biasanya begitu 1 tahun motor beredar, selanjutnya user bakal memburu modifikator untuk memodif tunggangan. Kini kan banyak user V-ixion memdif R 15 atau r 125.  Tengok saja Ninja 250 yang udah segitu jozz dan kencang, tetep aja setelah user bosen bakal memodif motornya. Lalu apa yang bakal dilakukan uer R 25?

Modif yamaha r 5 ke r3
Modif yamaha r 5 ke r3

Bagi pecinta motor standar tentu bakal tetep kekeuh dengan genre standarnya, namun bai yang cepat bosen, yakin bakal langsung berburu part untuk modifikasi, mulai dari body mesin, ban, dan sebagainya. Wew, jelasnya ini lahan basah bagi Yamaha dan penjual part aftermarket. Dan siapa bakal bermain?

Pertama kalau Yamaha bermain tentu bisa dikatakan menyalahi aturan, misalnya mesin yang 250 cc kalau di upgrade 320 cc kan menyalahi yang tertulis di BPKB dan STNK, nah Yamaha bisa kena pasal. Kecuali misalnya yamaha menyediakan part ABS atau sekedar knalpot Sakura sebagaimana sekarang dilakukan akan tetep aman. Namun ketika permintaan nanti dalam jumlah besar, apakah Yamaha tetep nyuekin? Hehehe masih tanda tanya gan! Meski sekarang Yamaha sudah memastikan tidak menjual part ini di Indonesia.

Ke dua, pencurian di negeri ini memang rawan gan, artinya indonesia adalah negera aman, yang bisa juga diartikan aman juga bagi pencuri untuk mencuri. Lihat saja part R 3 yakni speedometer kemarin sudah bocor ke publik, pasti kan ulah oknum. Nah karena R 3 diproduksi di Indonesia bisa saja partnya dicomot lalu diedarkan ke pasar gelap, wewe, mungkin saja Yamaha bisa keceolongan, ingat kalau ada request pasti ada orang nekat!

Ke 3 jelas para penjual part atau produen part aftermarket bakal rame-rame memproduksi piston R 3 kalau memang requestnya banyak. Ya kan polisi juga agak kesulitan mengendus apakah itu 250 cc atau 320 cc kalau secara fisik luar sama! Hehehe tunggu saja beberrapa bulan lagi, yakin bakal terjadi!

Advertisements

24 Comments

  1. Wah mbah bons malah NGOMPORIN para maling nih jadinya.
    Apa jadinya kalo orang lampung membaca artikel ini… bisa2 orang lampung pada ke jawa tuk melakukan AKSI

  2. It’s the best time to make a few plans for the longer term and it’s time to be happy.
    I’ve read this post and if I may just I wish to suggest you
    some fascinating things or suggestions. Perhaps you could write next articles regarding this
    article. I wish to read even more things approximately it!

Leave a Reply