Lagi TNI AU Sergap Pesawat Asing, Kali Ini Dari Saudi, Wah Pada Ngece, Yakin!

Dalam beberapa minggu ini sudh tercatat 3 kali TNI AU menyergap pesawat asing dan memaksa turun, pertama pesawat Australia yang menuju Filipina dan dipaksa turun di Kalimantan, lalu pesawat sigapura yang kemudian dipaksa turun di Pontianak dan belakangan delepas setelah membayar denda 60 juta, dan kemarin pesawat Saudi yang terbang dari arah Singapura ke Australi lalu dipaksa turun di Kupang. Tepatnya ini adalah jenis Gulfstream IV dengan no HZ-103 ini berangkat dari Singapura menuju Darwin Australia sebelum menuju tujuan akhir BrisbaneWah ngece kali ini orang-orang, atau ngetes kemampuan AU ?!

ini-kronologi-penyergapan-jet-milik-arab-oleh-sukhoi-tni-au
ini-kronologi-penyergapan-jet-milik-arab-oleh-sukhoi-tni-au

Yup berikut kronolgisnya ngutip dari merdeka.com!

Pukul 11.40 wita Komandan Skadron Udara 11 mendapat ada laporan sasaran pesawat black flight dari Singapura menuju Darwin, yang posisinya mendekati Banjarmasin. Kemudian 2 pesawat Sukhoi Su-30 MK2 dengan call sign ‘Thunder Flight’ disiapkan dengan bahan bakar penuh dan amunisi lengkap, termasuk rudal udara ke udara canggih R-73 Archer untuk menyergap. Pukul 12.12 WIB kedua pesawat Sukhoi sudah tinggal landas untuk mengejar pesawat target yang sudah ke arah Timur dari Makassar. Saat itu posisi pesawat target 200 km selatan Makassar dengan kecepatan 0.80 M (864 kmpj) dengan ketinggian 41 ribu kaki.

Pesawat Gulfstream yang terbang tinggi pada ketinggian 41 ribu kaki nampaknya tahu jika dikejar dan meningkatkan kecepatan semula dari kecepatan jelajah 0.74 Mach (700 kmpj) menjadi 0.85 Mach (920 kmpj). Namun Sukhoi mengejar dengan kecepatan suara yaitu antara 1.3-1.55 Mach (1400- 1700 kmpj). Thunder Flight melaksanakan pengejaran sampai melewati Eltari, Kupang dan berhasil mendekati pesawat tersebut dan dapat melaksanakan komunikasi dengan radio di sekitar 85 Nm atau 150 km dari Kupang serta sudah mendekati perbatasan wilayah udara Timor Leste. Crew pesawat Gulfstream IV cukup komunikatif saat diperintahkan oleh Thunder Flight untuk berbelok ke kanan menuju Lanud Eltari Kupang.

Ngece, ngetes apa pura-pura gak tahu ya! Tembak aj!

Advertisements
Advertisements

29 Comments

  1. bagus TNI AU, tp jgn asal tembak ya, soalnya mereka bkn dr negara2 musuh, kecuali mmg gak mau diatur di angkasa RI….

    btw, kok cmn denda 60 jt??? mungkin harusnya 300jt, biar bisa nutup jg biaya operasional pesawat tempur kita….. avtur n sparepart mahal loh…

  2. Kyknya perlu dibuat nih…motor dgn kecp.suara mncapai 1.700 kmpj,hihihi…
    Maburrr…, nabrak langsung amburadul.

  3. Pesawat Royal Saudi Air Force. Begitu turun di Kupang, pilot Saudi langsung salaman sama pilot Sukhoi kita 😛

    Ini kan dari Singapura lewat di atas Batam dan Jakarta sebelum dipaksa turun di Kupang. Jadi ke mana aja prajurit AU selama pesawat itu melintas? Kok baru disergap di Kupang?

    ========

    Jaket Eiger Outride Explorer Keren Banget, Tapi Harganya Bikin Lemes http://klxadventure.com/2014/11/03/jaket-eiger-outride-explorer-keren-banget-tapi-harganya-bikin-lemes/

  4. Wah brarti sblum2nya jg gtu kali, baru2 in aja d galakan sukhoi nya!
    Mknya para pilot luar negeri, nyante2 aja saat lwat nkri, lawong rute singapur mpe sblumnya mksar pda gk da yg tw jee….

  5. tahun besok harus aggarkan, senjata darat anti pesawat, tingal komunikasi dari darat lalu di mode lock, ancam belok atau dijatuhkan paksa…

    ben mikir…

  6. kalo kgk ada kejadian kayak gini itu yang nerbangin sukhoi dkk kerjaan nya ngapain ye. . . melototin radar seharian ?. . . indonesia gak usah narsis mau sok perang sama negara lain, buka mata dong pemerintahan aja korup bener, rusak, dan memalukan… prestasi seupil gini kdg suka dibesar-besarkan dgn harapan menutupi segudang kebobrokan. . .

  7. Hi i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this post i thought i could also make comment due to this good piece of writing.

1 Trackback / Pingback

  1. Indonesia Sekarang Galak, Dalam Sepekan AL Tangkap 5 Kapal Laut Asing, Dalam Dua Pekan AU Tangkap 3 Peawat Asing! | Bonsai Biker

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin