Lagi TNI AU Sergap Pesawat Asing, Kali Ini Dari Saudi, Wah Pada Ngece, Yakin! | Bonsaibiker

Lagi TNI AU Sergap Pesawat Asing, Kali Ini Dari Saudi, Wah Pada Ngece, Yakin!

Dalam beberapa minggu ini sudh tercatat 3 kali TNI AU menyergap pesawat asing dan memaksa turun, pertama pesawat Australia yang menuju Filipina dan dipaksa turun di Kalimantan, lalu pesawat sigapura yang kemudian dipaksa turun di Pontianak dan belakangan delepas setelah membayar denda 60 juta, dan kemarin pesawat Saudi yang terbang dari arah Singapura ke Australi lalu dipaksa turun di Kupang. Tepatnya ini adalah jenis Gulfstream IV dengan no HZ-103 ini berangkat dari Singapura menuju Darwin Australia sebelum menuju tujuan akhir BrisbaneWah ngece kali ini orang-orang, atau ngetes kemampuan AU ?!

ini-kronologi-penyergapan-jet-milik-arab-oleh-sukhoi-tni-au

ini-kronologi-penyergapan-jet-milik-arab-oleh-sukhoi-tni-au

Yup berikut kronolgisnya ngutip dari merdeka.com!

Pukul 11.40 wita Komandan Skadron Udara 11 mendapat ada laporan sasaran pesawat black flight dari Singapura menuju Darwin, yang posisinya mendekati Banjarmasin. Kemudian 2 pesawat Sukhoi Su-30 MK2 dengan call sign ‘Thunder Flight’ disiapkan dengan bahan bakar penuh dan amunisi lengkap, termasuk rudal udara ke udara canggih R-73 Archer untuk menyergap. Pukul 12.12 WIB kedua pesawat Sukhoi sudah tinggal landas untuk mengejar pesawat target yang sudah ke arah Timur dari Makassar. Saat itu posisi pesawat target 200 km selatan Makassar dengan kecepatan 0.80 M (864 kmpj) dengan ketinggian 41 ribu kaki.

Pesawat Gulfstream yang terbang tinggi pada ketinggian 41 ribu kaki nampaknya tahu jika dikejar dan meningkatkan kecepatan semula dari kecepatan jelajah 0.74 Mach (700 kmpj) menjadi 0.85 Mach (920 kmpj). Namun Sukhoi mengejar dengan kecepatan suara yaitu antara 1.3-1.55 Mach (1400- 1700 kmpj). Thunder Flight melaksanakan pengejaran sampai melewati Eltari, Kupang dan berhasil mendekati pesawat tersebut dan dapat melaksanakan komunikasi dengan radio di sekitar 85 Nm atau 150 km dari Kupang serta sudah mendekati perbatasan wilayah udara Timor Leste. Crew pesawat Gulfstream IV cukup komunikatif saat diperintahkan oleh Thunder Flight untuk berbelok ke kanan menuju Lanud Eltari Kupang.

Ngece, ngetes apa pura-pura gak tahu ya! Tembak aj!

Advertisements
%d bloggers like this: