Indonesia Sekarang Galak, Dalam Sepekan AL Tangkap 5 Kapal Laut Asing, Dalam Dua Pekan AU Tangkap 3 Pesawat Asing!

Entah ini hanya kebetulan, atau karena terendus pemberitaan, atau karena faktor lain, namun fakta berbicara, bahwa kini Indonesia juga bisa “galak” terhadap pendatang gelap yang masuk wilayah Indonesia. Betapa tidak, dalam sepekan ini Angkatan Laut Indonesia berhasil menangkap 5 Kapal Laut Asing yang secara Ilgal masuk ke wilayah NKRI. Sementara Angkatan Udarak kita dalam 2 pekan berhasil menangkap 3 Pesawat Asing yang masuk ke wilayah NKRI secara Ilegal. Wew sangar nih gan.

kapal asing

kapal asing

Yup 5 kapal asing yang ditangkap itu adalah KM Sudita 11, KM Cahaya Baru, dan tiga buah kapal asing yang diawaki warga negera Vietnam. Berikut data-data kapal bersumber sari berita satu:

  • KM Sudita 11 ditangkap pada tanggal 3 November 2014 oleh KRI Lemadang-632 ditangkap sesaat setelah terdeteksi di radar KRI Lemadang-632 pada posisi 02 09 53 U – 107 11 33 T. Saat itu, KM Sudita 11 melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal dan melakukan pelanggaran dokumen kapal. KM Sudita 11 adalah jenis kapal penangkap ikan berbendera Indonesia berbobot 100 GT, yang dinahkodai seorang warga Negara Thailand bernama Somphong Miyaem beserta 12 Anak Buah Kapal (ABK). Terdiri dari tujuh orang warga NegaraThailand dan lima orang WNI.
  • KM Cahaya Baru ditagkap pada tanggal 31 Oktober 2014, KRI Sanca-815 juga berhasil menangkap kapal  yang diduga melakukan pelanggaran pelayaran di wilayah Perairan Indonesia. Kejadian tersebut bermula ketika KRI Sanca-815 sedang melaksanakan patroli rutin di sekitar Selat Singapura mendeteksi secara visual adanya pergerakan kapal tanpa lampu navigasi pada posisi 01 13 06 U – 104 03 40 T. Selanjutnya KRI Sanca–815 melakukan proses Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) terhadap kapal tersebut.Dari proses penyidikan yang dilakukan KRI Sanca-815, selain berlayar tanpa lampu navigasi ditemukan juga pelanggaran berupa manifest berbeda dengan jumlah muatan yang tercantum pada Port Clearance.
  • Pada hari yang sama, KRI Imam Bonjol – 383 dibawah binaan Satuan Kapal Eskorta Koarmabar, berhasil menangkap tiga kapal ikan yaitu KG 90433 TS. ATS 006, KG 94366 TS. ATS 005 dan KG 94266 TS. ATS 012, dengan ABK berkewarganegaraan Vietnam di perairan Natuna. Ketika tertangkap tangan, ketiga kapal Asing tersebut tengah melaksanakan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Natuna namun berhasil terdeteksi oleh radar Sperry Marine KRI Imam Bonjol-383. Ketiga kapal tersebut berhasil dihentikan pada posisi 03° 23’ 55” LU dan 105° 44’ 42” BT. Ketiga kapal ikanilayah Indonesia asing tersebut selanjutnya diperintahkan untuk merapat ke lambung kiri KRI Imam Bonjol–383 untuk proses pemeriksaan dan penggeledahan.Dari hasil proses pemeriksaan diketahui bahwa ketiga kapal tersebut tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-suratnya.

Sementara itu dalam 2 pekan ini TNI AU berhasil menangkap 3 pesawat terbang asing yang masuk ke wilayah Indonesia. Pertama yakni pesawat pribadi dari Australia yang bakal dikirim ke Filipina lalu dengan selonong aja tanpa izzin lewat udara Indonesia dalam artikel INI. Ke dua adalah pesawat singapura yang terbang tanpa Izin dan kemudian dipaksa turun di Pontianak yang James Bons bahas dalam artikel INI, dan yang ke tiga adalah pesawat jet pribadi asal Sudi yang dipaksa turun di NTT yang James Bons bahas dalam artikel INI.

Bravo TNI!

About these ads
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Indonesia Sekarang Galak, Dalam Sepekan AL Tangkap 5 Kapal Laut Asing, Dalam Dua Pekan AU Tangkap 3 Pesawat Asing!

  1. weewee says:

    jaman orde citra

  2. sontoloyo says:

    bocorin lambung kapalnya biar tenggelam … belagak pilon aja … mereka juga belagak pilon kok masuk ke laut NKRI ,,,

  3. st3v4nt says:

    Harusnya gitu selama biaya operasional dan maintenance alutsista nya lancar….

  4. Yoshi says:

    kok pada ngawur ya itu pesawat?

  5. Tarzan says:

    Ya harus balas dendam. Masa kemarin 2 marinir bisa mati sama nelayan Thailand. Klo perlu tenggelamkan saja ditengah laut. Jangan kuatir solar lagi. Solar sekarang buat pertahanan. Bukan buat pengusaha. Memengnya rakyat minum solar?

  6. Paijo says:

    Pemimpin anyar ya biasalah PENCITRAAN

  7. abaydmz says:

    Kan menterinya lebih galak, ga liat kemarin diberita bil kalo ada kapal laut asing langsung tembak aja. Sambil sodorin saran ke salah satu petinggi angkatan laut di hadapan wartawan 😀

  8. moncerr says:

    Ane kira ini bukan masalah pencitraan, tapi ini buah program Minimum Essential Force yg dicanangkan sejak era SBY. Sejak berjalannya program ini, alutsista TNI baik AD, AL, dan AU mengalami peningkatan signifikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Ditunjukkan dengan berdatangannya berbagai alutsista. Anggaran TNI pun meningkat dari 20T pada 2003 menjadi 80an trilyun pada 2013 (cmiiw). Meskipun dalam bbrapa hal dianggap masih belum memadai tapi kondisinya sudah jauh lebih baik ketimbang 10 tahun lalu

  9. Yuwagh says:

    hasil kerja keras SBY yg meningkatkan alutsista TNI

    eh malah digunakan si joko buat pencitraan..

    kuamprettt

  10. win aja says:

    tiru ausi, kapal langsung di tenggelamkan

  11. Bro_Jol says:

    yg belum di tangkap mahluk asing

  12. Kristian says:

    Terbanglah Garuda-ku.. Tunjukan pada DUNIA bahwa sebenarnya KITA MAMPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published.