Ternyata Di Balikpapan Sedang DIbangun Sirkuit Bertaraf Internasional Untuk MotoGP dan F1 | Bonsaibiker

Ternyata Di Balikpapan Sedang DIbangun Sirkuit Bertaraf Internasional Untuk MotoGP dan F1

Dibalik gonjang-ganjingnya sirkuit Sentul, ternyata di Balikpapan sedang dibangun Sirkuit Bertaraf Internasional untuk MotoGP dan F1. Ya, kabarnya sirkuit ini kini tengah melewati beberapa tahap pengerjaan. Yup,berikut speknya:

Length : 3.667 m. / 2,278 miles
Width : 15m
Left corners : 4
Right corners : 8
Longest straigh t: 775 m. / 0,487 miles

sirkuit-teritip-kebagian-rp-40-msirkuit-teritip-kebagian-rp-40-m

sirkuit Balikpapan

Nah kabar selengkapnya diungkap seumber bertia dari daerah balikpapan sebagai berikut:

“……….Tahap awal pemkot menganggarkan Rp 40 miliar. Duit segitu untuk membangun pondasi di megaproyek bertaraf internasional ini. Demikian diungkapkan, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan, Safi’i.

“Sebelum lelang fisik bangunan, kami perlu lelang konsultan dulu. Sekarang sedang proses lelang 45 hari. Setelah itu baru lelang fisik 45 hari juga. Baru pembangunan bisa dimulai,” beber Safi’i kepada Kaltim Post, kemarin (27/4).

Ia menjelaskan, anggaran Rp 40 miliar akan digunakan untuk mencicil pembangunan tahap pertama. Yakni, lintasan balap kelas nasional dengan panjang 2.100 meter. Kemungkinan angka itu hanya cukup untuk membangun fondasi.
“Tahun lalu sudah dianggarkan Rp 57 miliar untuk pembebasan lahan seluas 45 hektare. Lahan itu sudah bebas semua dan cukup untuk pembangunan tahap pertama. Sekarang pematangan lahan sudah selesai di lapangan tinggal pemeliharaan saja,” katanya.
Safi’i menjelaskan, keperluan anggaran tahap pertama pembangunan sirkuit kelas nasional ini diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. Panjang lintasan 2.100 meter dengan enam tikungan. Panjang lintasan lurus 575 meter dengan lebar 20 meter. Sementara lintasan rata-rata selain lintasan lurus selebar 15 meter.
Sedangkan untuk pembangunan tahap kedua diperkirakan memerlukan anggaran sebesar Rp 300 miliar. Duit segitu untuk meningkatkan status sirkuit menjadi berkelas internasional. Dengan rincian, panjang 3.667 meter dan panjang lintasan lurus 775 meter. Jumlah tikungan juga bertambah menjadi 12 tikungan. Yakni, delapan tikungan ke kanan dan empat kiri. ………………”

Sangar juga gan!

%d bloggers like this: