Ternyata Di Balikpapan Sedang DIbangun Sirkuit Bertaraf Internasional Untuk MotoGP dan F1

Dibalik gonjang-ganjingnya sirkuit Sentul, ternyata di Balikpapan sedang dibangun Sirkuit Bertaraf Internasional untuk MotoGP dan F1. Ya, kabarnya sirkuit ini kini tengah melewati beberapa tahap pengerjaan. Yup,berikut speknya:

Length : 3.667 m. / 2,278 miles
Width : 15m
Left corners : 4
Right corners : 8
Longest straigh t: 775 m. / 0,487 miles

sirkuit-teritip-kebagian-rp-40-msirkuit-teritip-kebagian-rp-40-m

sirkuit Balikpapan

Nah kabar selengkapnya diungkap seumber bertia dari daerah balikpapan sebagai berikut:

“……….Tahap awal pemkot menganggarkan Rp 40 miliar. Duit segitu untuk membangun pondasi di megaproyek bertaraf internasional ini. Demikian diungkapkan, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan, Safi’i.

“Sebelum lelang fisik bangunan, kami perlu lelang konsultan dulu. Sekarang sedang proses lelang 45 hari. Setelah itu baru lelang fisik 45 hari juga. Baru pembangunan bisa dimulai,” beber Safi’i kepada Kaltim Post, kemarin (27/4).

Ia menjelaskan, anggaran Rp 40 miliar akan digunakan untuk mencicil pembangunan tahap pertama. Yakni, lintasan balap kelas nasional dengan panjang 2.100 meter. Kemungkinan angka itu hanya cukup untuk membangun fondasi.
“Tahun lalu sudah dianggarkan Rp 57 miliar untuk pembebasan lahan seluas 45 hektare. Lahan itu sudah bebas semua dan cukup untuk pembangunan tahap pertama. Sekarang pematangan lahan sudah selesai di lapangan tinggal pemeliharaan saja,” katanya.
Safi’i menjelaskan, keperluan anggaran tahap pertama pembangunan sirkuit kelas nasional ini diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. Panjang lintasan 2.100 meter dengan enam tikungan. Panjang lintasan lurus 575 meter dengan lebar 20 meter. Sementara lintasan rata-rata selain lintasan lurus selebar 15 meter.
Sedangkan untuk pembangunan tahap kedua diperkirakan memerlukan anggaran sebesar Rp 300 miliar. Duit segitu untuk meningkatkan status sirkuit menjadi berkelas internasional. Dengan rincian, panjang 3.667 meter dan panjang lintasan lurus 775 meter. Jumlah tikungan juga bertambah menjadi 12 tikungan. Yakni, delapan tikungan ke kanan dan empat kiri. ………………”

Sangar juga gan!

This entry was posted in Berita Umum and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Ternyata Di Balikpapan Sedang DIbangun Sirkuit Bertaraf Internasional Untuk MotoGP dan F1

  1. brigade jalan raya says:

    wacana aja mas bon. tempatemang strategis soalnya jalur lewat jalur penerbangan international juga. tapi apakah itu hanya isu??? sama seperti pembangunan tol balikpapan samarinda yang belum kelar? apakah hanya permainan oknum untuk meraup ke untungan semata? apakah balikpapan yang berjarak 120 km dari kota saya tinggal masih layak dijejali pembangunan? apakah pemkot dan pemprov menyetujui pembabatan hutan paru balikpapan yang tinggal sedikit lagi? apakah penduduknya setuju soalnya untuk penduduk ga boleh lagi membangun tempat tinggal kecuali apartemen sebab lahan hijau sudah menyempit? atau pembangunan sirkuit ga mengganggu hutan paru balikpapan? moga moga lancar sukses jaya lah. kapan lagi. 🙂

  2. apritos says:

    jadi semakin maju aja neh otomotif indonesia

  3. jetwan tumpaker says:

    nek bentuke kaya gitu, sentul bingiiit…!

  4. gun says:

    Keren lah, mudah2an jadi

  5. arlong says:

    starightnya kurang panjang tuh, minimal 1,1 Km-lah, ini cuma 700-an Meter, kalo di superbike/motogp paling cuma mentok gigi 4 atau 5 doang nih, gigi ke-6 gak bakal kepake:((((

  6. zuroichi says:

    aaamiin semoga bisa sampai finish

  7. gilaroda2 says:

    josss kalo jadi, kalo gak jadi ya gak josss….:D

  8. Indonesia bukan cuma Jakarta, pembangunan balikpapan keren nih!!

  9. paijo says:

    itu bkn untk sirkuit internasional tp nasional diperuntukamd balap kesayangan yama*ha BEBEK KWEK

  10. sang LIGHTNING says:

    Semoga saja

  11. romesleh says:

    borneo kan selama ini cuma jadi tempat pengerukan alias ATM….. uangnya dikeruk tapi ga diperhatikan.. kalau liat jalan kalimantan… miris banget, kayak jalan dikampung saja. padahal penghasilan kalimantanlah yg membuat negara ini tegak… jika uang bangun sirkuit untuk jalan trans kalimantan… pasti ga ada lagi jalan yg jadi kubangan lumpur saat musim hujan… kasian borneo, ikut indonesia cuma jadi pelengkap penderita….

    • raja batubara says:

      Jalan sekalimantan timur sudah diperbaiki pak, aspalnya bagus sekarang. bapak tahun berapa emang ke kalimantan

    • KubangunKujagaKubela says:

      Jalan kampung maksudnya gmn yah? Anda melihat dari sisi keseluruhan kota di kalimantan atau hanya di daerah pedalaman? Kalau ber argumen mohon dapat disisipkan dasar dari topik yang anda bicarakan.. saya bangga sebagai putra borneo..

    • borneo says:

      Saya sependapat, jalanan samarinda bontang banyak yg rusak tuh,,,gimana kebijakan pemerintah dengan kondisi di borneo ini

  12. Ryzk says:

    Nais banget lah haha, semoga cepet jadi sebelum 2030

    http://ryzk.info/?p=14

  13. doloe says:

    keren sih tappi sirkuitnya pendek amat

Leave a Reply

Your email address will not be published.