Lihat Data Aisi, Suzuki Makin Tergerus, Yamaha Terkoreksi, Honda Menggila, Bakal Kembali Ke Tahun 80-an, Semua Motor Disebut Honda?

Dua minggu lalu, James Bons sempat menghadiri undangan AHM dalam rangka peresmian plant 4 Karawang. Nah dalam peresmian tersebut yang langsung menabuh bedug tanda peresmian adalah Pak Wapres JK. Dalam pidato sambutannya Pak JK ini memang sempat membuat kelakar bahwa saking kuatnya penetrasi Honda sehingga banyak orang di Nusantara ini menyebut motor dengan sebutan Honda, “Kamu naik Honda apa?” Dari statmennya berikut seluruh hadrin pada riuh ketawa. Dan kalau lihat fakta memang seperti itu, bahwa dulu tahun 80 sekian saat James Bons SD dianter pakek Honda L 2 super, padahal merknya Yamaha, aihihi. Ya jelasnya itu kan karena peetrasi Honda yang begitu kuat.

motoArt

Tahun 2000 sekian Yamaha mulai mengeluarkan bebek dan Matik 4 tak, penjualanpun merangkak naik, nama-nama keren macem Vega R, Jupiter z melambung melanjutkan perjuang Crypton, si bebebk pertama Yamaha 4 tak. Yamaha terus berkembang pada segment sport, hingga puncaknya Yamaha berhasil menyamai penjualan Honda, bahkan sempa beberapa kali menyalip penjualan Honda. Data Aisipun berbicara.

Honda nampaknya mulai bangun dari tidur, dibuatlah beat untuk melawan dominasi Mio series yang saat itu berkuasa, sekian tahun berjaya, Yamaha akhirnya tergeser juga. Matik dikuasai Honda, market share juga dikuasai Honda, dan makin hari makin jauh selisihnya dengan Yamaha yang tadinya sempat merebut pucuk pimpinan. Ya, tinggal segmen sport yang belum bisa digoyang oleh Honda.

Data Aisi kini berbicara bahwa Honda begitu dominan. Simak saja data berikut:

Penjualan Domestik Sepeda Motor Januari-November 2014
Honda 4.675.286 unit
Yamaha 2.213.038 unit
Suzuki 149.626 unit
Kawasaki 263.706 unit
TVS 9.159 unit
Total 7.310.815 unit
Penjualan Yamaha jauh dibawah Honda, bahkan tidak sampai separuhnya, Honda Membukukan sekitar 64% dari seluruh penjualan Nasional, sementara Yamaha hanya membukukan sekitar 30% saja, sisanya dibagi bersama Suzuki, Kawasaki, dan TVS. Wew.
Yang paling parah diantara pabrikan Jepun adalah Suzuki yang kini terpuruk hanya sekitar 2%  saja. Nampaknya penjualan suzuki hanya tergantung pada kehidupan FU, sementara yang lain, dari bebek dan matik berat untuk nonjok di pasaran. Sportnya pun juga susuah, Inazuma “mendrip-mendrip” meski sudah didiskon, sedangkan Thunder sudah jauh dari peredaran. Suzuki makin terancam, Satria FU sebagai satu-satunya harapan bakal diserang habis-habisan oleh MX king150 dan CS 1 Reborn, weh ngeri Suzuki kalau tidak segera bangun dari tidur.
Sementara itu Honda setelah membangun Plant 4, bakal membangun lagi plant 4 A yang nantinya bakal dipake untuk basis produksi motor sport. Disini nampaknya Honda berambisi bakal menggulingkan Yamaha dari singgasana penguasa motor sport. Nah kalau udah gitu kita bakal kembali pada era 80-an, karena penetrasi Honda terlalu kuat, bahkan kalau seperti ini terus, bisa jadi 75% pangsa pasar akan dikuasai Honda. So bakal kita sebut semua motor dengan sebutan Honda layaknya tahun 80-an!
Piye Iki Yamaha, Suzuki, dan kawasaki?
About these ads
This entry was posted in Penjualan motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Lihat Data Aisi, Suzuki Makin Tergerus, Yamaha Terkoreksi, Honda Menggila, Bakal Kembali Ke Tahun 80-an, Semua Motor Disebut Honda?

  1. Kluban.net says:

    orde honda

    Desain Bagasi Edge Untuk MX http://t.co/6X1W70usk0

  2. goldwings says:

    Sekarang udah ada sebutan honda viksen sama honda jupiter…

  3. martin says:

    Ayoo FBY YHOMO BC teruss sampai MS YHOMO jadi 3% spt di negara asal R15 (RONGSOK 15)….

  4. wachid says:

    Hidup…!!! Suzuki GSX-RR,ku tunggu kebangkitanmu dari kubur hahaha….

  5. YH says:

    data total penjualan suzuki dan kawasaki kayaknya kebalik.

  6. raja jalanan says:

    raja top speed dijalan raya hanya motor2 suzuki

  7. Rijal RGZ says:

    Gak tau akh, ribet klo liat honda akhir” ini 😀
    honda makin gencar bikin jalanan macet aja :v
    dikit” beat di begal :p
    dikit” CBR di curi 🙁
    dikit” kecelakaan,
    coba ada poling kendaraan yg paling sering celaka di jalanan pasti honda juga rajanya 😀

    (makin banyak produknya makin banyak ini itunya) tulllllll !!!! :v

  8. niceguy says:

    Bakal monopoli honda? Apakah monopoli menguntungkan buat konsumen? Silahkan direnungkan sendiri…

  9. #47 says:

    tumben artikelnya berisi, biasanya gak beda jauh dengan pertam**,

    artikel seharusnya kayak gini mbah Bons 🙂

  10. suzuki lama lama jualan alat pemintal ajalah, kodrat awalnya pan begitu

    • YH says:

      Motor Suzuki cuma 12 % dari total bisnis Suzuki, jadi asal mobilnya masih laku gak masalah. Beda sama Yamaha yg bisnis motornya menjadi tumpuan karena menyumbang 85% dari total bisnis.

  11. R15urrection says:

    “So bakal kita sebut semua motor dengan sebutan Honda layaknya tahun 80-an!”
    Sekarang bukan era 80-an, Bung! Jaman udah berubah, pola pikir juga berubah! Yg ga mau berubah pasti ketinggalan.

  12. gogon says:

    ini kan yg diinginkan fbh mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.