Premium Bakal Dihapus, Pertamax Bakal Disubsidi, SPBU Asing Gulung Tikar

Pemerintah telah memberi lampu hijau atas rekomendasi tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) untuk menghentikan pengadaan bensin dengan research octane number (RON) 88 atau premium. Masukan ini sudah masuk dan mendapat tanggapan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), “Tapi, saya kira itu usul baik,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden kemarin (22/12).

SPBU-Terbaik-dan-Terburuk-di-Jombang-versi-Darma-Blog

Ada dua alasan premium bisa dihapus dari peredaran menurut JK:

  • Pertama, saat ini tidak ada produsen yang memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 88. Akibatnya, Pertamina harus mengimpor BBM RON 92, lalu mencampurnya dengan nafta agar turun menjadi RON 88. Hehe itu kan nyusahin, alias bikin biaya membengkak.
  • Kedua, Pertamax merupakan BBM dengan angka oktan yang lebih tinggi tentu sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kendaraan bermotor. Saat ini sebenarnya semua mobil memang mensyaratkan penggunaan BBM dengan RON minimal 92 atau sekelas pertamax agar pembakaran mesinnya lebih sempurna.

Di kesempatan lain Menteri ESDM Sudirman Said, mengatakan bahwa hal itu sudah sejalan dengan tujuan pembentukan tim untuk mengurangi seminimal mungkin ruang-ruang bagi mafia pemburu rente migas. Nah banyak media yang menyambut positif hal ini, jelasnya disinyalir pengadaan ron 88 rentang mafia migas, maka dengan BBM ini dihapus lalu subsidi dialihkan ke pertamax maka bisa jadi ruang grak mafia migas akan tidak ada.

Sementara itu di lapangan, Rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) yang menghilangkan bensin dengan research octane number (RON) 88 atau premium bisa berdampak buruk pada SPBU asing. BPH Migas sebelumnya mengusulkan besaran subsidi tetap antara Rp 1.500 sampai Rp 2 ribu. Kalau angka itu disetujui dan dipindahkan ke Pertamax, berarti harganya bisa turun sampai Rp 7.950 untuk Jabodetabek. Tentu saja, itu jadi mimpi buruk bagi SPBU asing yang masih menjual Rp 9.950. Hemm, bisa jadi SPBU asing bakal gulung tikar karena kalah beraing masalah harga.Ya, semoga aja, 7900 dapat pertamax, juozzzz. Kita tunggu aja realisasinya, atau hanya wacana belaka.

This entry was posted in Harga BBM, Konsumsi BBM and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Premium Bakal Dihapus, Pertamax Bakal Disubsidi, SPBU Asing Gulung Tikar

  1. Kobayogas says:

    monopoli…dan kita akan kembali ke jaman batu
    ————–
    First Ride Kawasaki ZX14
    http://kobayogas.com/2014/12/23/first-ride-kawasaki-zx14-serba-besar-dari-harga-bentuk-hingga-tenaga/

  2. Kluban.net says:

    ah yang bener
    nungguuu ajja

    BAnjiiiiiiiiirrrrrrrrrrr http://t.co/yTvLQWWPhq

  3. JK KAMPREEETTTT says:

    aaah…..JK emang kampret…… otak dagang preketeek

  4. Bro_Jol says:

    Ngga lah Mas Bons pemikiran BPH Migas itu keliru ( tanda2 mafia ).. kasih solusi begini SPBU asing main RON di atas 92 .. yaitu RON 95 dan RON 98 .. RON 95 kan sudah ada maka itu datang RON 98 baru kita sambut euro 4 & 5 di Indonesia .. itu baru go green .. klo pertamina bisa produksi sendiri 80% RON 92 harga bisa lebih murah dari saat ini ( tanpa subsidi ) nah sekarang tinggal bagaimana pemerintah turunkan dollar di ambang 9,500 – 10,000 saja .. wooh aseek bisa lebih murah lagi

  5. mariodevan says:

    Yg dihapus premium import perasaan….

    Prediksi Motor Baru Honda di Tahun 2015! http://t.co/xVVo4un7m2

  6. machalesana says:

    mafia dimana mana

  7. srei says:

    gak masalah jika harga pertamax “stabil”

  8. Katanya subsidinya 1liter pertama… :mrgreen:

  9. bullshit kalo spbu asing gulung tikar…
    yang ada makin merajalela, karena tujuan dari IMF dan WB adalah penghapusan premium.

  10. lexyleksono says:

    Alangkah bagusnya kalau itu bisa segera diwujudkan..!

  11. gilaroda2 says:

    DUKUNG PENUH SUBSIDI PERTAMAX!, HAPUSKAN PREMIUM! ra urus ambek spbu asing, yang penting semua untuk kemakmuran rakyat! pitik! eh titik!

  12. Frenky says:

    Semoga jadi kenyataan Pertamax di subsidi oleh pemerintah, NGAREP mode ON 🙂

  13. Ue mee !. Nakeii. . ! says:

    Koq ada yg nggak setuju ? Tolong dong naif anda agar si bodoh ini ngarti. Kutunggu jawabmu .

  14. handoyo says:

    Sebentaaar….. Saat pertamax dijual 9950/ltr (ukt jakarta dan sekitarnya), sudah banyak spbu yg sering kehabisan stok pertamax (terutama saat weekend).

    Gak usah muluk2, kalau saja 50% konsumen premium beralih ke pertamax, saya yakin pertamina tetap tidak mampu memasok kebutuhan ini, lha wong kilang pertamina yg mampu bikin RON 92 kapasitasnya cuma “se-iprit” kalo dibandingkan kapasitas produksi RON 88.

    Upgrade kemampuan kilang minyak dari bikin RON 88 ke 92 juga bukan semudah ngoprek kubikasi mesin+ECU bro, itu investasi milyaran dan biasanya upgrade kilang butuh 6 bulan

  15. PERTAMAX YUDEX ON says:

    gud deh klo emag premium ga ad ato di lenyapin gue suport pertamax jaaa..

  16. sinjo says:

    pake harga premium yg sekarng aja jufa udah bagus.

  17. gogon says:

    spbu asing juga ikut harga pertamax subsidi, la wong minyak dunia turun je.iku cuma akalan pemerentah sj.bullshitt pemerintah cuih

  18. budaklieur says:

    Kocak ente bikin wacana :v subsidi bbm 2000 itu dibagi 2 1500 untuk solar 500 untuk premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published.