Harga Motor Bekas

Tips Berburu Ninja 250 FI Seken

New Ninja 250 FI

Agan sekalian mau berburu Ninja 250 Seken, monggo ikuti tips berikut! Pertama yang paling penting cek keabsahan dokumen motor, cocokkan nomor mesin/rangka  dengan bpkb/stnk. Lihat no rangka dan mesin apakah ada yang ganjil atau tidak. Lebih baik  beli langaung ke penjualnya sendiri, karena bisa dapat lebih murah barang lebih bisa dipertanggung jawabkan. Nah setelah itu langsung di balik nama, hal ini untuk menghindari penipuan, karena meski ada BPKB dan STNK, terkadang ada juga yang palsu. Nah dengan balik nama bakal aman.

Selanjutnya yang paling penting adalah masalah rangka. Menurut James Bons pribadi ini adalah bagian ke 2 setelah dokumen surat-surat. Kalau mesin rusak bisa diperbaiki, namun kalau rangka bengkok, mmm mumet gan, dibawa ke tukang press, susah kembai 100% ke normal. Nah agar mendapat rangka yang masih jozz cek dengan teliti, coba motor di track lurus, lalu belok sampek rebah, dan coba di jalan rusak. Biasanya kalau di track lurus rangka tidak sentring akan geal geol di kecepatan tinggi, dan bial diajak rebah terasa ingin membuang ke sisi tertentu sessuai ketidak centringannya. Lalau di jalan  keriting, biasanya akan terasa sekali bila rangka sudah tidak sentring, akan membuang ke satu sisi seperti saat rebah. Intinya tidak stabil.

Bagi anda yang hobi ninja original, monggo hindari pembelian ninja yang telah menggunakan parts racing, baik itu oiggbac/programmable ecu, atau knalpot. Kan motor disett maksimal 13 rb RPM, nah  dengan misalnya menggunakan TCI racing RPM bisa nembus 15rb RPM, itu kan tujuannya limitter adalah untuk mengukur maksimal ketahanan motor pada raungan rpm atau kecepatan tertentu, jadi klau sering dipaksa ya boleh jadi usia motor bakal berkuran.
Satu hal yang musti dicermati adalah, dalam pemakaian tertentu beberapa rider mengeluhkan kampas kopling ninja yang gampang selip. Coba saja misalnya untuk kecepatan rendah lalu tambah gigi, lalu akan ada suara bleg atau jegerrr, naha kalau di kecepatan tinggi suara itu hapir tidak terdengar, mestinya perpindahan gigi kecuali dari gigi 0 ke 1 tidak disertai suara jegerrr. Kalau sudah begini, musti ada yang distel gan, atau kalau perlu diperbaiki. Nah selanjutnya untuk cek kopling selip coba jalan pelan trus masukkan gigi 2 -3 dan gas mendadak hingga redline kalau deru mesin menjerit tapi laju ngempos ya berarti dah saatnya diganti kampasnya. Kenapa kopling, ya ini adalah piranti utama gan, rata-rata bel ninja suka dengan kecepatan, kalau koplig ngempos, tenaga juga ngempos.

Selanjutnya monggo ditengok sektor mesin, suara khas ninja adalah mendesis tinggi halus, nah kalau misalnya ada jreg-jreg kasar apalagi kelethegh-kletehg yag siap-siap keluar budget lebih. Apalagi sampai asap putih terlihat dari moncong knalpot, alamat bonyok gan.

Di luar itu mislanya ada sticker ya perikasa aja barangkali ada body gores ditutup-tutupi, namun hal ini tidak terlalu menguras biaya, dicet beres gan. Kalau tidak yakin mending bawa tukang/teknisi aja gan biar lebih jozzz.

Kalau ada yang kurang tepat, monggo dikoreksi!

44 komentar pada “Tips Berburu Ninja 250 FI Seken

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.