Pabrik Proton-Mobnas Dibangun Di Cirebon | Bonsaibiker

Pabrik Proton-Mobnas Dibangun Di Cirebon

Proton-Mobnas

Proton-Mobnas

Agan sekalian tentu masih ingat gonjang-ganjing tentang berita bahwa Pak Hendro Priono bersama Pak Jokowi pergi ke Malaysia dalam rangka membuat kesepakatan bisnis. Ya ini bukan G to G tapi antar pengusaha, katanya pak Jokowi diundang saja untuk menghadiri. Ya, ada salah satu stamen bahwa pihak Pak Hendro Priono bakal memproduski Proton yang kini memang sedang dikabarkan sekarat dan butuh dana segar, produksinya tentu di Indonesia,dab kabarnya lama-kelamaan bakal dijadikan basis untuk riset mobnas. Nah seberapa jauh dealnya Proton jadi Mobnas, ya kita bahas di lain artikel. Tapi yang jadi fokus utama artikel ini adalah ternyata mobil ini kini tengah membangun pabrik di Cirebon.1. Modal dan Perizinan

Rumornya perusahaan otomotif Proton Holdings Berhad telah menyelesaikan perizinan untk membuka pabrik baru di wilayah Cirebon Timur, tepatnya di Pangenan. Perizinan ini telah usai diurus sejak 3 minggu lalu. Sementara itu modal yang dikeluarkan untuk invstasi awal tak kurang dari 20 M. Di kawasan Cirebon Timur ini memang tersedia lahan sekitar 2000 hektar untuk kawasan Industri. Nah untuk perizinan Kabupaten Cirebon sudah selesai, kini perusahaan tersebut tinggal menunggu perizinan dari Propinsi Jabar.

2. Kenapa Di Cirebon?

Mungkin agan sekalian banyak yang bertanya kok tumbern di Cirebon, biasanya pabrik kebanyakan di Cikarang-Bekasi-Cikampek? Tentunya banyak faktor yang bisa dipertimbangkan secara ekonomis. Bahwa lahan di Cirebon Timur memang masih banyak yang nganggur, daerahnya banyak yang tandus sehingga harga tanah bisa super murah.

James Bons saat ini saja diminta oleh seseorang pemilik tanah untuk menjualkan atau memasarkan tanahnya yang seluar 24 Hektar dengan harga cukup fantastis, semeter hanya 35 rebu gan penawarannya. Jauh banget dengan di Cirebon kota yang semeternya 2 jutaan.

Selain harga tanah murah, tetntunya upah buruh bisa lebih murah dari Jakarta, dan bisa membuka lapangan kerja bagi penduduk setempat.

So, ya kita tunggu aja perkembangannya.

Advertisements
%d bloggers like this: