Piye Gan, F 16 Hibah, Kok Kebakar?

F 16 Hibah

F 16 Hibah

F16 yang merupakan barang bekas yang dihibahkan AS ke Indonesia itu kemarin kebakaran. Ya meski hibah tetp saja ternyata harus menghabiskan sejumlah uang. Dan namanya pesawat bekas walau udah upgrade blok 32,52,60, tetep aja bekas yang musti diwaspadai laik tidaknya. Ya alih-alih mengamankan, alah beum terbang aja udah kebakar.

440X100-hondamotorshow1

Hayo menurut agan sekalian, ini kebetulan lagi apes saja, atau memang pesawatnya sudah tidak layak, atau upgrade-annya kurang pas dari sisi settingan?Monggo gimana menurut agna sekalian!

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Piye Gan, F 16 Hibah, Kok Kebakar?

  1. pangeran kegelapan says:

    hibah opo tuku lek???

  2. Joko says:

    Kalau dari sisi negara yang kasih hibah, mungkin karena biaya perawatan sudah nggak efektif. Tahu kan negara maju. Mobil masih kinclong saja dihancurkan.
    Tapi dari sisi negara penerima, mampu nggak merawat barang bekas, yang jelas lebih susah daripada ngerawat barang baru. Jangankan merawat pesawat, ngerawat jalan saja susah. Bikin empang kok di tengah jalan…

  3. satriabergetar says:

    Lebih aman motuba daripada petuba. 😀

  4. mastur says:

    Begitulah kalau negara dipimpin oleh romobongan yang tidak punya percaya diri / atau mungkin terlalu pd alias bodoh, semua produk yang berkepentingan untuk negara dari didapat dari barang-barang bekas. DASAR SAMPAH!!!

  5. jambronx says:

    La itu mekaniknya lagi overhaul sambil ngerokok

  6. goozir says:

    koyone jet rijekan nek cara pabrik makanan
    paten turbocharged suzuki recusion nongol, pertanada apa ini
    http://www.goozir.com/2015/04/paten-turbocharged-suzuki-recursion.html

  7. Bonsai Biker says:

    hehe, ini jadi topik ramai di berbagai obrolan gan

  8. king_julien says:

    kalo ada yg underestimate sama hibah barang bekas ane yakin salah besar,memang itu pesawat hibah buatan tahun akhir80an – awal 90an,kalo dilihat dari kacamata politik seperti kt tebe hasanudin dkk emang hibah ini salah besar,tapi kalo menurut pendapat pemerintah lain,ada pertimbangannya.
    -pertama kalo dengan uang 650jt dolar cuma dapat 6unit f-16 baru,dgn uang segitu kenapa tidak sekalian beli f-35 sekalian yg harganya tidak terpaut jauh,dan speknya jauh lbih tinggi.
    -kedua,dgn uang yg sama kita dapat 24 pesawat(dgn spek yg disamakan yg baru),belakangan kalo g salah akan ditambahin lagi + 6 untuk suku cadang.
    -ketiga ada ofset TOT(transfer of technology)yg tdk di dapat dr pembelian baru dgn jmlah sedikit,walopun blm jelas.
    -keempat indonesia adalah negara kepulauan yg luas dan tidak mungkin di cover hanya dgn belasan pesawat tempur saja,apalagi dgn sudah pensiunnya sebagian pesawat spt ov-10bronco,a4-skyhawk,hawk,dan sebentar lagif-5 tiger juga pensiun karena sudah terlalu renta,apalagi jumlah f-16 kita selama ini kurang dari 1skuadron.indonesia butuh banyak fighter untuk mengisi kekosongan tsb dan menambal kekosongan2 yg selama ini ada(butuh kuantitas dalam waktu cepat).
    -kelima, memang usia airframe pesawat hibah tsb tidak lama,walopun sudah di upgrade usia pesawat itu paling2 15-maks20 tahun lg,tapi saat ini indonesia sedang mendevelop pesawat tempur bersama korsel dan dijadwalkan th2020 kita sudah bisa produksi sendiri pesawat tempur anggih tsb yg kemampuannya diatas f-16,jadi selama kekosongan waktu tsb makanya pemerintah lbh memilih hibah.
    -keenam,kalo sudah diatas udara,f-16 hibah kita tidak ada bedanya dibanding f-16 baru,kemampuannya sama,hanya usia pakai kedepannya yg lebih sedikit.
    -ketujuh dan blablablaa dst,masih banyak pertimbangan lainnya.
    disanalah perbandingan kecerdikan ala militer pemerintah kita di bandingkan pemikiran cekak poli-tikus2 tanah air.
    #kalo pemikiran poli-tikus2 kita gimana kita beli pesawat itu dan pesawat itu bisa mengabdi dlm waktu lama dan anggapan pesawat baru pasti lebih bagus dari bekas.
    #kalo pemikiran pemerintah,kita memang darurat pesawat tempur,jml pesawat tempur sangat sedikit,memang usia pesawat hibah itu pendek,tapi saat usia pesawat itu sudah habis kita sudah bisa produksi pesawat tmpur dlm jumlah besar(ini pesawat hibah hanya unutk sementara)
    ..masih segar si ingatan ane dulu awal 2000an,saat pesawat kita yg jumlahnya sedikit dikonsentrasikan ke jakarta untuk untuk mengikuti parade,sat itu ada black flight pesawat tempur australia memasuki wilayah indonesia dan kita tidak bisa menghalau atau melakukan apapun(malu gak),coba kalo itu sedang situasi perang,mungkin australi hanya butuh biaya yg murah untuk menginvasi indonesia.
    jadi mau menilai pesawat hibah..??
    tinggal kita mau berfikir politis atau berfikir cerdik..

    • king_julien says:

      perlu diketahui juga,di amerika pesawat2 tuanya disimpan di lapangan terbuka yg luas,tidak untuk dihancurkan,tapi disimpan untuk kekuatan cadangan dan dapat di aktifkan sewaktu2 bila dibutuhkan..

  9. ndesoedisi says:

    bukan salah pesawatnya, itu pas gagal take off, terus karena sudah sampai ujung landasan daripada nabrak permukiman penduduk sama pilotnya dibelokkan paksa..akibatnya roda lepas & mengeluarkan percikan api yang langsung menyambar tabung bahan bakar…

    http://ndesoedisi.com/2015/04/16/meskipun-bertubuh-mungil-nekat-tesride-ninja-250-fi/

  10. ardiantoyugo says:

    wealah… oleh hibahan kok yo langsung engine fail…

    Review performa Yamaha Nmax: http://wp.me/p1eQhG-16A

  11. andrazz says:

    vote for SU35

  12. goezman says:

    tulisan ini makin bikin saya yakin hampir gak ada kayaknya blogger yang netral, pasti berpihak ntah dapat sesuatu atau tidak. tapi klo bisa jika kurang paham ya nulis hal-hal yang paham aja

  13. goezman says:

    tulisan ini makin bikin saya yakin hampir gak ada kayaknya blogger yang netral, pasti berpihak ntah dapat sesuatu atau tidak. tapi klo bisa, jika kurang paham ya nulis hal-hal yang paham aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.