Jarak Tempuh Motor Segera Dibatasi, Bijimana Menurut Agan Sekalian?

Jarak Tempuh Motor Segera Dibatasi, Bijimana Menurut Agan Sekalian?
Jarak Tempuh Motor Segera Dibatasi, Bijimana Menurut Agan Sekalian?

Sebuah aturan yang bener-bener baru ni gan, pun kalau ini segera dilaksanakan.  Ya Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia bakal segera menerbitkan aturan pembatasan jarak tempuh kendaraan roda dua. Dua tahun lalu telah ditegaskan Kepala Korlantas Polri waktu itu, yakni Inspektur Jenderal Pudji Hartanto bahwa motor lebih berisiko celaka saat menempuh jarak jauh, terutama saat melampaui 200 kilometer. Jadi perlu pembatasan.

Aturan khusus sepeda motor agar tidak melampaui jarak yang melebihi kemampuan mesin kini tengah disiapkan, dan risikonya nanti salah satu poin dalam aturan tersebut bakal melarang motor Jakarta yang bernomor polisi B memasuki daerah Bandung yang berpelar D dan bila melanggar bisa kena tilang. Disamping itu polisi juga bakal  menindak pengendara sepeda motor yang membawa muatan berlebih karena membahayakan keselamatan.

Sementara itu Anggota DPR Komisi Perhubungan waktu itu (Tahun 2012), Rendy Lamadjido, meminta polisi juga mengatur batas kecepatan maksimum sepeda motor di jalan raya. Karena banyak kasus pemotor  ngebut dengan kecepatan tinggi di luar batas kemampuannya. Wew!

Nah tu di atas kan hembusan kabar 2 tahun lalu, kini ada selentingan bahwa hal ini bakal segera diwujudkan, nah loh, bijimana gan opo ra mumet? Nah kalau selentingan ini benar, musti tolaaaaakkkk gaaaaaan! Tidak sesuai dengan kondisi real di masyarakat. Misalkan touring, mudik, dll ribet juga dong. Misal mudik kalau gak bawa motor di kampung ngowoh aja gak punya kendaraan. Lalu para hobi touring susah keluar kota, nah hal yang macem gini mungkin harus juga ada regulasinya.

60 Comments

  1. targetnya mungkin untuk memperlancar arus mudik.

    yang jadi masalah sekarang suruh mudik naik apa?
    – naik bus lama
    – naik kereta tiket sudah habis.

    mungkin yang bisa mudik bisa menambahkan

  2. modyar tenan… kalo gitu batasi jg dong motor cc nya 50 aja… biar ga bisa ngebut dan ga berani buat turing….

  3. Klo keceptan saya setuju.
    Itu Sijuki semprit aja, suzuki young untuk 14 tahun. Ediannnnnn

    Tapi kok knalpot berisik belum berlaku nasional sih, apa lagi2 OMDO.

    Kami kan tindak yang tidak standar, brodolan, dlll, OMDO lagi nih pastinya.

  4. Yang seneng touring????

    TOURInG SIH TOURING TAPI KELAKUANNYA BIKIN MALES. MASIH BANYAK JUGA PAKE SIRBO.
    BROTHERHOOD.
    HALAH HANYA SESAMA SAJA.

  5. Mending gan kalo buat mudik atau turing, trus bagaimana nasib motor plat jakarta yang di pake didaerah semarang misal, padahal motor tersebut cma dipake dkawasan semarang tapi plat jakarta, apa iya tiap ketemu polisi dijalan di tilang????

  6. loh kan peraturan dibuat untuk mengakomodir roda 4, roda 2 pasti salah, pasti berbahaya kalok dibawa jauh…apalagi ada yang pakek motor berplat nomor daerah lain lhaa…ngga bijak itu…..yang bijak ya beli baru (utk mengakomodir pendapatan pabrikan) ..atau pindah alamat (utk mengakomodir pendapatan kepara…eh aparat)

  7. kalo seumpama ada kepentingan luar kota yg g punya mobil pribadi kalo g naik motor naik apa lagi coba?naik odong”?..Ya kalo beli mobil harganya kayak beli pentol gitu semuanya sudah pada belii daah..

  8. Truz aturan wat driver mana.spt tdk boleh jalan pelan d jalur yg emg wat kencang! Mtr kencang kencang nyalip it karna ulah driver yg begok.udah tw dpn kosong kyk org tolol gk mw kencang.bkn macet.atturan jngn mandg satu sisi aja!

  9. itu kalo kasus kayak gini “orang bermukim di solo (plat AD) terus dia punya motor dengan plat bali (dk) di pake untuk harian di solo” gimana yaa???

  10. nah, oke sekarang pada protes… terus polisi cara ngeceknya gimana?? mikir donk, apa gak ribet tuh mentri perhubungan ngecekin motor satu2 di jalan. logis aja dee gan… jgn terlalu panok. ups,panik… hehe

  11. Harusnya sebelum menerapkan aturan di kaji dulu, sudahkah pemerintah menyediakan transportasi antar kota yang memadai ?, yang nyaman bagi penggunanya ?, masyarakan indonesia kebanyakan perantau, dan mudik sudah jadi suatu tradisi, kalo emang harus di batasi jaraknya, sediakan lah transportasi yang memadai, yang cukup untuk menampung penumpang,
    Just opini

  12. perasaan pernah lihat dulu di tabloid *t*m*tif, edisi spesial IIMS 2012, halaman 54/56/58 (kalo gak salah). memang waktu itu polri mewacanakan pembatasan jarak tempuh sepeda motor dan usulan ini disetujui oleh Pak Darmaningtyas (IMHO)

  13. Faktanya naik motor jarak jauh itu bahaya. Motornya nggak dirancang utk jalan jauh, stamina pengendara habis jadi gampang emosi.

    Abstain saja, mau aturan itu diterapkan, bagaimana menerapkannya. Nggak diterapkan, alam sendiri yang akan menerapkan. (baca=kecelakaan)

  14. yang suka berpergian jauh dan untuk bikers khususnya kalau memang itu terjadi kita bikin demo besar” an , sebenarnya otak mereka di taroh mana sih kayak orang ngak pernah sekolah aja nyesel gue punya penegak hukum yang otaknya ngak dipake -_-

  15. sampah ini para anggota hewan yang naik fortuner-camry-mercy

    bikin aturan menangin mobil semua.
    gw ada mobil aje malas naik mobil, macet, boros, buang waktu.

    tolong disampaikan ke para anggota hewan ber mercy- ber camry…coba liat lampumerah 3 ruas jalur semua di makan mobil yg isinya 1 atau 2 orang saja.
    motor dimana donk pas lampu merah ?
    nyelip2 jadinya ! gk ada tempat ! terus yg salah motor gara2 nyelip2.

  16. lumayan dapat pasal baru buat tilang motor.
    jangan lupa pak polisi saku celana nya jgn dibolongin buat nyimpen uang sogokan tilang pake aja koper di ikat karet di bawah sepatu…

  17. lah klo yg kuliah di luar kota trus bawa motor gimana? masa iya jalan kaki trus atau naek angkot, kan di dlm kampus ga ada angkot mana jauh lagi
    mikir ga sih yg buat peraturan, apa jangan2 otaknya udh digadein

  18. Situ enak pada punya mbl, qlo qt Чªήğ G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ punya mbl gmn????
    Harus diem d 1 daerah aj gitu???
    Mikir donkkk,….
    Ap” d batesin, G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ sklian aj kndaraan d indonesia d apus smua…
    Biar balik ℓαğĭ ky dlu “naik andong”…

  19. Bikin perintah tandingan aja dah ha..ha..ha,,,biar ada yg ngelawan supaya jangan di sah kan,…kita rakyat kecil sekarang cuma bisa menerima aja tanpa bisa menolak,…wakil rakyat cuma jadi kampret asal enak keluarga dia sama kroni2nya doang,…

  20. jangan hanya pemilik ato pengguna motor boz

    tapi dealer jg harus d tkan dalam penjualan,,,

    masak hanya kita sebagai pengguna dirugikan terus

  21. gimana donk kalo mahasiswa perantauan yg bawa motor dari daerah asal? katanya kalo beda plat nomer jga dilarang.

  22. mantap.daftar polisi enak nih cepet balik modal.besok beso, akan nambah.motor harus 1 orang krn klo 2 orang overload. pelk harus jari jari karn pelk racing dikhawatirkan untuk kebut kebutan. maksimal berat.penumpang 60 kg. krn klo diatas itu pelk jari jari bisa rawan penyok. lampu motor harus 3 krn klo 1 takut pas mati ga da cadangan.hahahah.

1 Trackback / Pingback

  1. Pembatasan Jarak Tempuh Motor? *#*##^^#&^&*@!!!!! | Smartfaiz

Leave a Reply