Memecahkan Rahasi Plat Nomor Unik Yang Sebenarnya Plat Merah

image

Menarik ketika kita melihat plat nomor ternyata penuh dengan kode-kode aneh. Ya biasanya kan plat nomor hitam menggunakan kode daerah kemudian diikuti kodel lokal, misalkan B ***WT untuk jabodetabek, L *** Surabaya, AE **** NC Magetan dan sebagainya yang kebanyakan 2 digit belakang. Tapi tak jarang kita ketemu dengan plat nomor sepertinya biasa aja, tapi setelah dipikir ternyata rada nyleneh, kok 3 digit, padahal plat hitam semacem ” B **** RFS ” ” B **** RFD “. Nah loh!

banner-460x110-CB-500F

Belakangan setelah membaca ulasan Kompas, ternyata plat nomor ini khusus untuk kendaraan dinas pejabat gan, bukan untuk sipil. Plat nomor ini seharusnya diperuntukan untuk pejabat berwenang pada bidangnya masing masing dan biasanya nomor polisi yang memiliki awalan angka 1 dan diakhiri dengan kode instansi yang bersangkutan ( RFS, RFP. dll ) seperti B 1*** RF* , STNK nya ada kode RHS atau RAHASIA. Plat itu ternyata aslinya merah gan, atau pelat POLRI / TNI, yang dihitamkan yang boleh jadi dengan pertimbaangan tertentu. contoh: B 1234 PQO (merah), maka versi plat hitamnya ialah B 1344 RFS (hitam). Atau lihat saja aparat pemerintahan biasanya mobilnya berakhirkan KQ, ES, IR, ZF.
Nah, bagaiman dengan plat ini? Yuk kita bahas 1 per satu gan:

1. Cara Bikin Plat Ini?
Bikin plat ini harus pake surat rekomendasi dari badan yang berwenang baru bisa ngajuin ke samsat. Misal kerja di polda metro ada jatah plat nomor rahasia, maka plat yang diberikan untuk petugasnya dengan akhiran RFP dengan kependekan dari (Reformasi Polisi).

2. Beberapa Daftar Plat Rahasia Sesuai Dinas Masing-masing:
• BH : (petinggi, atau keperluan departemen hankam )
• BP : Bantuan Polisi (kendaraan pejabat/petugas kepolisian )
• BS : Bantuan Sekretariat Negara (kendaraan pejabat sipil )
• BL : Bantuan Laut (kendaraan petinggi / keperluan angkatan laut )
• BD : Bantuan Darat (untuk kendaraan petinggi / keperluan angkatan darat)
• BU : Bantuan Udara (kendaraan petinggi, atau keperluan angkatan udara )
Kini 2 digit huruf di akhir plat kendaraan berubah menjadi 3 digit huruf, lalu berubah menjadi:
• RFS : Reformasi Sekretariat Negara
• RFP : Reformasi Polisi
• RFD : Reformasi Darat
• RFL : Reformasi Laut
• RFU : Reformasi Udara
• RFO : ….
• RFQ : …..
• RFR : …..
• RFT : …..
• RFV : ……
• RFW: ……
• PRQ : …….
• PRO : …….
• ZF : …..
• ES : …..
• Dll.
• CD/CC : Kedutaan besar atau organisasi internasional ; CD ( Corps Diplomatique ) atau CC (Corps Consulaire )
• Mobil operasional staf korps diplomatik memiliki nomor polisi serupa dengan kendaraan pribadi dengan format khusus, lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian. Contoh: ” B 81877 25 ” berarti mobil ini adalah kendaraan operasional staff korps diplomatik China.

3. Masa Aktif Plat
Ternyata masa aktif plat ini tidak selalu sama dengan plat pada umumnya yang 5 tahun. Beda gan. Plat RF* misalnya, ternyata hanya punya masa aktif selama setahun, dan diawali dengan angka 1 atau 2 berjumlah 4 digit. Nah, bila nemu plat RF* awalannya bukan angka 1 atau 2 hanya 3 atau 2 digit kemudian dilihat dari masa aktif plat nya 5 tahun ini mah plt biasa gan warga biasa yg dipesan khusus.

4. Biaya Bikin Plat Khusus
Ternyata biayanya mahal gan, alamak, cekidot!
• RFS empat angka kepala 1, 20 jutaan ( B 1*** RFS )
• RFS empat angka kepala 2, 10 jutaan ( B 2*** RFS )
• RFS tiga angka kepala bebas, 3 jutaan ( B *** RFS )

5. Bijimana Aturan di Jalan Jika Menggunakan Plat Ini?
Polisi pasti tahu gan kode ini semua, sehingga plat ini tak bisa sembarangan ditilang oleh polisi ataupun polisi militer. Jadi Polisi bisa menilang kendaraan khusus tersebut yang diperuntukkan bagi dinas Sipi. Sementara Polisi Militer juga hanya berhak menilang untuk mobil dinas militer. Contoh kasus, Plat “RFS yang ternyata juga dipakai Presiden RI dan Ibu Negara ketika tidak dinas, Maka Polisi Militer tidak bisa menindak gan, itu bukan kendaraan militer, tapi kendaraan sipil terhitungnya! Hal ini sama seperti plat RFS, RFP, RFH, RFN yang semuanya kendaraan dengan plat khusus untuk pejabat sipil. Nah untuk misalnya plat akhirannya RFD dan RFT kan itu untuk militer, maka polisi tidak berhak menilang, dan hanya PM yang berhak menilang, Polisi Militer menindak TNI bukan sipil.

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Memecahkan Rahasi Plat Nomor Unik Yang Sebenarnya Plat Merah

  1. hillsatrio says:

    gokil

  2. petirabang says:

    Weleh marai mumet… ra mudeng mbah..
    Platku juga 3 digit, B xxxx BBJ, Bajaj Bajuri, haha….

  3. Dowey says:

    Itu pajek tahunan nya lebih mahal gak?

  4. RPMspeed says:

    joss 😀
    ———————-
    Knalpot-knalpot unik 😀
    http://rpmsuper.com/2014/07/02/desain-knalpot-dan-unik/

  5. HutaGaol says:

    Punyaku. R 83 JA. Gmna??

  6. goozir says:

    tanks infonya mbah..

    suzuki umumkan motor penggaruk tanah terbaru model 2016

    http://www.goozir.com/2015/06/suzuki-umumkan-motor-penggaruk-tanah-versi-2016.html

  7. Anonymous says:

    Sayang sudah gk rahasia dan unik lagi karena bs dimiliki dgn “syarat” tertentu

  8. david says:

    plat vixi aku pake BP

  9. Pingback: Plat Nomor Fortuner Maut Yang Berakhiran RFD Menuai Kontroversi . Bonsai Biker

  10. sandi senopati says:

    gan mau nanya nh kalo pelat mobil B668RFN itu bekerja di instansi negara di bagian apa yah???kalo aneh boleh tau makasih yah gan sebelum yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.