Diskusi Seputar Kualat: ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus Gak Kualat? | Bonsaibiker

Diskusi Seputar Kualat: ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus Gak Kualat?

isis hancurkan makam Nabi Yunus

isis-hancurkan-makam-Nabi-Yunus

Mas bro sekalian, topik ini boleh jadi agak sensitif, tapi ya monggo urun rembug diskusi seputar kualat. Bahwa di Indonesia ini sangat kental dengan istilah kualat, misalnya ada makam kuno, entah apapun agamanya katanya bisa kualat, orang jawa bilang bisa sawanen, lalu ada yang bilang bisa kesurupan, bisa sakit dan sebagainya seandainya kita datang tanpa permisi atau bahkan merusak tempat tersebut. Nah sekarang misalkan kita menengok sebuah peristia di luar negeri bahwa ternyata makam Nabi Yunus dihancurkan ISIS. Apa nggak kualat ya?

Pertama tentu kita tidak setuju perusakan daerah bersejarah bagi beberapa agama, terlepas itu dbatable atau tidak ya teteplah menghormati tempat-tempat bersejarah.

Ke dua, kok gak ada kabar bahwa ISIS kualat, padahal itu makam Nabi. Nah belum kualat atau tidak kualat, atatupun kualat itu semua juga tidak terekspos media hingga kini. Ataupun bentuk kualatnya juga debatable juga msih perlu penelusuran lebih lanjut.

Ke tiga, apakah memang kualat itu dipengaruhi kepercayaan, atau kemampuan orang terhindar dari kualat atau hanya kebetulan, pasalnya di Indonesia banyak yang bilang kualat, tap ISIS ini lebih dari kurang ajar tapi belum terdengar kabar kualat.

Ke empat, bagaimana dengan bule misalkan zaman penjajah Belanda ada yang dikabarkan kualat?

Nha monggo bagaimana menurut pendapat agan sekalian sesuai keyakinan masing-masing. Mohon maaf ini hanya diskusi tanpa mengurangi respek terhadap semua keyaknian. Hanya melihat faka yang ada di lapangan saja. Salam hormat selalu buat agan sekalian.

Advertisements
%d bloggers like this: