Jangan Umblugh Ngomong Sonic 2 Silinder Kalau Gak Tahu, Simak Ni Benang Merah Rahasia Mesin Sonic 150 dan New CBR 250 2 Silinder!

CBR 250 2 silinder

CBR 250 2 silinder

Mas bro sekalian pembaca warung Bonsai Biker yang semoga sukses selalu dalam beraktifitas, ramai kabar atau lebih terpatnya disebut rumor beredar bahwa Sonic bakal make 2 silinder. Percaya? Jelas James Bons gak percaya, mosok ayam jago2 silinder wong CBR 250 aja 1 silinder, ngimpi kali. Nah di rumor itu tertulis awal berita ini dari petinggi AHM lho, dan menurut james Bons itu bukan typo tapi salah analisa dari sang penulis berita. Ya, dalam artikel ini James Bons agak lain dari yang biasanya. Ini James Bons tulis panjang lebar, detail antara data, fakta, dan analisa. Benang kusut antara Sonic dan CBR 250 2 silinder, semua dikupas tuntas. Risikonya artikel bakal panjang. Monggo bagi yang siap bacanya.

AHM2015-Banner-460x110px

Baik mas bro sekalian,  mohon jangan terlalu diambil hati judul di atas, itu hanya sebuah judul belaka dan tidaklah terlalu mutlak paling tahu atatu paling ngerti dan sebagainya, anggap saja James Bons habis e’o’ di kamar mandi lalu ketemu Jin Efrit dan kemudian mendapat wangsit hahahahahah!

1. Benang Kusut Antara Sonic 150 dan Mesin 2 Silinder

Agan sekalian yang budiman, bahwa ada spy shot tulisan seperti di bawah ini:

sonic

sonic

Menurut penerangan James Bons itu memang betul kata 2 silinder. Tapi tidak bisa mentah-mentah difahami bahwa Sonic yang bakal keluar adalah 2 silinder, melainkan ada hugungannya antara sonic 150 yang bakal keluar dengan mesin 2 silinder.

Ya, Honda jelas ingin mendayung 2 pulau dilewati. Honda sekali mendesain 2 mesin tercapai. Desain mesin Sonic 150 menurut versi penerawangan James Bons adalah satu model dengan CBR 250 2 silinder yang bakal keluar nanti. Nah, kalau mesin satu desain kan biaya bisa ditekan. Jadi CBR 250 adalah Sonic yang 2 silinder sejajar yang 250 CC. Oceh!!!! Jadi ini murni mesin baru bukan turunan CBR 150 ataupun CB 150 R.

2. Rasionalisasinya Bijimana?

Wotreh mas bro, Mas bro sekalian lihat pada kasus Suzuki, dimana performa FXR gak kalah sama Satria FU, kan keduanya desain mesinnya mirip. Demikian juga performa V-ixion gak bakal kalah sama MX King 150, kan keduanya juga desain mesinnya mirip. Nah demikian juga dengan Honda. Gak bakalan performa Sonic 150 ini mengalahkan CB 150R atau CBR 150. Mosok sport kalah ama bebek! Bisa jeruk makan jeruk gan! Ya, intinya bahwa performa mesin K56 aka Sonic 150 gak akan melebihi K15 dan K45, thats the key! Makanya disini Honda membuat desain mesin yang baru. Nah kalau ada rumor mesin scin bakal lebih superior dari K 15 dan K 45,, wah boleh jadi itu menyesatkan hehehe.

3. Seperti Apa Mesin Sonic?

Menurut wangsit yang James Bons terima dari Ki Jamban Keramat waktu e’o’ di Jamban, karena si Sonic ini ayago yang tentunya bakal lebih ringan bobotnya layknya MX king atau FU, maka mesinnya bakal kira-kira bakal 10 KG lebih ringan dari mesin Sport yakni CBR 150 atau CB 150 R. Ini adalah type mesin DOHC 6 Speed Water Cooled yang sama sekali baru tapi yg performanya gak lebih gedhe dr mesin K15/K45.

4. Seperti Apa Persamaan Desain Mesin Sonic K 56 dan Mesin CBR 250 2 Slilinder K 64?

Ya, dua mesin ini menurut penerawangan James Bons bakal memakai desain atatu platform sama meski jumlah silinder dan ccnya beda. Oke, mungkin agan sekalian masih ingat dengan istilah mesin Over Bore, Square atau Over Stroke dalam dunia rancang bangun engineering!

Contoh kita tengok NVL vs CB150 kan sama2x 150cc, diluar isu SOHC vs DOHC dan 5 speed vs 6 speed . Kenapa mesin NVL nafasnya pendek, RPM gak kuat awet kalau limiternya lebih dr 10.000 Rpm tapi torsi bawah tengah lebih kuat dr CB150. Dan sebaliknya kenapa nafas CB150 lebih panjang bahkan kalau gak dilimit aja standart msh aman ampe 14.000 Rpm atasnya?

ASLINnya yang bikin NVL galak dibawah dan CB150 galak diatas bukan soal SOHC vs DOHC. Cekidot gan!

  • Mesin Overbore : Horse Powernya lebih gede di RPM atas, Torsi cenderung lebih kecil kecil dan di RPM atas juga. Lebih boros tapi mesin gak ganpang overheat.
  • Mesin Over Stroke : Torsi lebih besar dan diperoleh di RPM jauh lebih rendah, Horse Power agak kurang mumpuni. Mesin ini lebih irit dalam konsunsi BBM. Tapi gampang panas blok mesin nya.
  • Mesin Square : adalah kombinasi hal-hal terbaik dari cirikhas mesin overbore+overstroke dan meminimalisir efek negatif diantara keduanya.

Dari sini naga-naganya AHM sedang mengembangkan mesin Square DOHC 6 speed buat K56 dan sekaligus K 64. Bilamana ini terjadi maka kelebihan pada mesin Verza yang nendang di awal dan CB150 yang nendang di kitaran tinggi bisa di synergykan dalam paket K56 dan K 64.

Sebuah mesin untuk Sonic 150 yang Horse Power dan jeritan RPM nya tidak lebih tinggi dari mesin k15/K45 tetapi torsinya lebih gede dan menyerupai atau bahkan lebih gede dari Verza bahkan MX King! Nah tuh sasarannya MX King gan! K56 dirancang dan dibekali mesin yang sama sekali baru bahkan jauh lebih mumpuni dari mesin NVL/R15 dan MX King dr sisi ADU TORSI!

Nah itu yang untuk Sonic 150 mesinnya luber torsi. Dan menurut penerawangan James Bon mesin CBR 250 2 silinder K 64 yang bakal segera hadir, juga dalam platform yang sama, LUBER TORSI. Bila mesin Ninja 250, R25, Hyosung GTR250, Benelli 250, kesmuanya kalau diperhatikan bore X stroke rasionya ternyata platformnya overbore. Paling cilik bore R25, 60mm, yang lain diatasnya. Beda lah dengan calon CBR 250 2 silinder ini! Dengan melihat perkembangan infrastruktur kondiai jalanan di Indonesia yang serba macet dan peta persaingan antar motor kelas sejenis, maka AHM lebih melirik mesin-mesin yang BERTORSI karena lebih enjoyable dan irit BBM buat kelas sport.

Jadi, degan memanfaatkan konstruksi mesin K56 yg stroke-nya dipangkas dr 150cc menjadi 125cc. Maka 125cc x 2 adalah 250cc jadilah CBR 250 CC 2 silinder gan. Artinya kubah ruang bakar K56 dan K64 akan mirip sizenya. So dengan diameter yang sama buat 2 type mesin ini, bahwa spesifikasi klep in dan klep exnya akan sama. Dan di sini ada penghematan oleh AHM dari biaya riset dan produksi. 1 tepuk 2-3 pulau terlampaui, sekali desain 2 mesin didapat.

Nah begitu gan, artikel panjang ini, benang kusut antara mesin Sonic 150 aka K 56 dan mesin CBR 250 2 silinder K 64 hasil rernungan di kamar mandi bersama ki Jamban keramat. Pasti banyak ngawurnya, jangan percaya, hehehehe, wong James Bons juga belum percaya ngoahahaha. Monggo kalau ada masukan atau kritikan, Insyallah James Bons terima dengan besar kepala, eh dengan besar hati ding.

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Motor baru and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Jangan Umblugh Ngomong Sonic 2 Silinder Kalau Gak Tahu, Simak Ni Benang Merah Rahasia Mesin Sonic 150 dan New CBR 250 2 Silinder!

  1. jokowiso says:

    analisa mantab kang tapi nanti diliihat kalo sudah brojol jualanya kayak gimana….kalo saya sih berharap laku kang biar pundi2 rupiah ane tebel. hoaahaaa crooottt

  2. tomcat says:

    ooooo…buleeet

  3. cbsf lemot says:

    wah….mbah Bons kumat jadi FBH….wkwkwkwk…

    #kabursawat sandal

  4. Rifz says:

    Jadi, ngmg panjang lebar benang merah nya cuma ” bore yang sama ”

    Xixixi

  5. Rifz says:

    K56 mesin square berarti cs1 stroke up
    Kalo cbr250rr adalah k56 bore down berarti gak ubahnya 2 silinder cs1 di gabung
    Begitu yak

  6. Bonsai Biker says:

    namanya juga lamunan kamar mandi, monggo saja ebas berpendapat, hehehe

  7. h2r says:

    mantap analisanya om. selamat siang

  8. Kobayogas says:

    mumet aku jal… ilmunya gak sampe euy
    —————-
    http://kobayogas.com/2015/06/25/apa-kabar-honda-k56a-new-sonic-150-dan-cb150-k15g/

  9. brigade jalan raya says:

    yang jelas jangan mengecewakan

  10. hadi says:

    truss brrt CBR250 twin akn lebh ngejar torsi bukn top speed…wahh klo gtu mah lamunan klo mpe 39-40HP yo bakal gak terealisasi dongg…ahhh lo gtu isu yg dulu ttg power cma mimpiii kah…

    • memble says:

      gimana bang? kelas 250 sdh jatah kawak..maka inazuma dan cbr 1 silinder..heheeeee….DI luar jatah, design gilani..
      !#hanya di indobesia

  11. patnem says:

    “mosok sport kalah sama bebek”,,,berarti dibawah perja dong,,
    perja rajanya sport onda lho,,,

  12. Bejo says:

    Walah dowoh tenan artikele 😀 ngalah-ngalahi artikele kobayogas 🙂

  13. Yoga says:

    kalo konstruksi mesin K56 yg STROKE-nya DIPANGKAS dr 150cc menjadi 125cc. Maka 125cc x 2 adalah 250cc jadilah CBR 250 CC 2 silinder

    jadi CBR250 diameter piston K56 & K64 sama? tapi K64 2x piston K56 & strokenya lebih pendek dari K56?

    berarti CBR 2silinder bukan motor yang LUBER TORSI dong tapi, tipe overbore dong yg torsi kecil & Horse Power Gede di rpm atas?

  14. Taufik says:

    . . . Dari sini naga-naganya AHM sedang mengembangkan mesin Square DOHC 6 speed buat K56 dan sekaligus K 64 . . .

    …. So dengan diameter yang sama buat 2 type mesin ini, bahwa spesifikasi klep in dan klep exnya akan sama. . . .

    koq bisa diameternya sama K56 150 cc dan K64 250 tapi dua duanya square ?

    kalkulator mana kalkulator ?

  15. miko says:

    bwahahahah jadi inget FBH yg kasih statement kalo DOHC itu 2 silinder…

    Hayo angkat jari siapa dulu FBH multnya belepotan ngomong seperti itu.

    Dasar D U N GU

  16. memble says:

    GA Akan model mepet mesin mepet fu bang..
    kelas itu utk fu bang? kl hnd buat sonic dgn
    model mesin mepet fu, szki lgs buat hayate,
    skywave injeksi dan shogun smash 125
    dihidupkan lagi dgn model mepet atau diatas
    supra yg mana akan saling mematikan bagi
    pabrikan jepang.. GAAAAA akan..spt cs1 dan
    athelete bkn kesalahan, kesengajaan..heheeeee

  17. Bonsai Biker says:

    Hehehe, hanya lamunan kmar mandi gan, wangsit dari ki jamban keramat

  18. lily says:

    weh… mantap analisa ny mbah tumben…

  19. Ki Demam Waraso says:

    Artikel waras ngeniki iso ngalahke artikele dosen umblugh !! Sumprit mbah. Em..em…Melok ngoahahaha….

  20. Pingback: Suara Penikmat Otomotif Tentang Isu Sonic 150 (Part 1) | orangbotakplontos

  21. prend says:

    DOHC itu Double Overhead Cylinder,,,qaqaqaqqqq

  22. Pingback: Red Line RPM Speedometer: CS 1:10.500, FU :11.500, Sonic : 9.500, Kayaknya Bener Kejar Torsi . Bonsai Biker

  23. pelayan says:

    Kyknya ngga gan, CBR250RR akan pake basis mesin legendaris kaizen Astrea Prima x2 DOHC with rocker arm. Stroke nya 49.5 mm. Red line di 11500 rpm. Top speed 177 kpj. Power 37bhp torsi 25Nm. Throttle Body 2x 32mm. Berat kosong 162 kg. ACG starter. Keluar Q1 2016.

  24. RONGSOK15.. motornya orang DONGO.

Leave a Reply

Your email address will not be published.