Ternyata Gan, Service Airbag Pasca Meledug Muahal Gile, Nyawa Gan!

perbaikan-airbag
perbaikan-airbag

Suatu waktu James Bons iseng nanya ke dealer tentang aribag, yang ternyata penggunaannya memang hanya sekali. Makanya ketika terlibat lakalantas, aribag bakal meledug melindungi penumpang dan hanya sekali pake gan, abis itu harus ganti. Nah, berapakah biayanya?

Ngintip bahasan motomanian, ternyata biayanya muahal giel gan, tapi ya demi nyawa gan, musti dilaukan tuh. Yup misalnya kantong udara Toyota Avanza bila kantong udaranya sudah meletup dan ingin difungsikan kembali, harus melewati proses penggantian dan reparasi. Toyota Astra Motor (TAM) mulai menawarkan dual SRS (Supplemental Restraint System) Airbag sebagai fitur keselamatan standar Avanza pada Mei 2013 lalu. Airbag Avanza ada dua, terletak di kemudi dan dasbor di hadapan penumpang depan. Nah bila meletup, maka baikan terdiri dari penggantian airbag pengemudi seharga Rp 7,1 juta, airbag penumpang depan Rp 14 juta, Electronic Control Unit (ECU) Rp 2,35 juta, dan sensor (depan, kiri, dan kanan) Rp 470.000. Khusus airbag pengemudi dan penumpang harga sudah termasuk cover. “Kalau sensor airbag biasanya rusak karena tabrakan,” papar Dadi pekan lalu.

Nah ternyata belun cukup disitu saja gan, saat airbag meledyg, indikasi fitur pretensioner pada sabuk pengaman juga berfungsi, sabuk pengaman juga harus diganti alias sekalai pake, harga satuannya Rp 900.000. Nah total seluruh perbaikan Avanza setelah airbag meletup mencapai lebih dari Rp 25 juta. Woh mahal juga gan!

Advertisements

7 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan