Motor Listrik ITS-Garansindo Mulai Tenar, Akankah Ditendang Faktor Politik Lagi? | Bonsaibiker

Motor Listrik ITS-Garansindo Mulai Tenar, Akankah Ditendang Faktor Politik Lagi?

Motor-Listrik-its-garasindo

Motor-Listrik-its-garasindo

Sebuah kabar berhembus kencang minggu ini, bahwa tim mobil listrik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bersama perusahaan automotif Garansindo kini tengah menyiapkan 3 jenis prototipe sepeda motor listrik, yakni klasik, skuter, dan sport. Garasindo sendiri telah ngimpor Zero, motor listrik buatan Amrik untuk dijual di Indonesia. Nah pertanyaannya adalah bisakah produk ini menuai sukses, wong biasanya selalu kandas diembat oleh politik?

Ya, motor listrik ITS-Garansindo yang bakal segera dikenalkan dalam bentuk 3 prototipe ini kabarnya banyak keunggulan, mulai dari sistem pengisian batrei yang mudah, jika tidak sempat isi ulang baterai di rumah, baterai bisa diisi ulang di gerai semacam Indomaret atau Alfamaret atau seperti isi ulang air galon, biaya operasional kecil, dan lebih ekonomis. Akselerasi yang dimiliki motor ini bakal relatif cepat dengan torsi lebih besar bila dibanding dengan motor konvensional, karena harus menyesuaikan dengan bobotnya yang lebih berat halini karena tuntutan piranti listrik yang membutuhkan berat badan. Pastinya motor ini bakal ramah lingkungan gan.

Pihak Garasindo berharap, motor listrik ini bisa jadi motor operasional di pemerintahan, karena biaya operasional bisa ditekan karena tidak menggunakan BBM, sementara harga yang ditawarkan masih setara. Lalu keudain betul-betul mendapat dukungan dari pemerintah agar bisa bersaing.

Lalu kira-kira bagaimana nasibnya nanti ya gan? Jelas-jelas hampir semua produk otomotif nasional mentog di urusan politik. Mulai zaman baheula, yakni mobil Bimantara dan Timor mentok setelah pak Harto Jatuh, kemudian Mobil Esemka juga mentok di ranah politik, paling belakang mobil listrik Dahlan Iskand malah sekarang dituduh korupsi dan njiplak, weh, masa depan yang buram belum ada gambaran. Kapan Indonesia bangkit?

Advertisements
%d bloggers like this: