Edukasi Berkendara

AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Mantapkan Komitmen Keselamatan Berkendara

Safety-riding-AHM
Safety-riding-AHM

Sebagai wujudnya di bidang safety riding, PT AHM menggelar “Astra Honda Safety Riding Instructor Competition” (AH-SRIC) dengan melibatkan 1650 instruktur dan advisor safety riding Honda dari seluruh Indonesia. Event tahun ini  kini memasuki penyelenggaraan ke 9 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2007. Digelar di Palembang dengan tema “Satu Hati untuk Aman Berlalu lintas,” AH-SRIC 2015 diikuti oleh 150 instruktur safety riding main dealer Honda, 1000 advisor safety riding dealer Honda, hingga melibatkan 500 advisor safety riding komunitas Honda  dari berbagai wilayah di Indonesia.

Setelah seleksi tingkat regional dan terpilih para perwakilan instruktur dan advisor safety riding Honda terbaik dari setiap wilayah maka mereka diutus ke AH-SRIC 2015 tingkat nasional yang digelar pada 9-11 Agustus 2015 di Pelabuhan Tangga Buntung, Palembang diikuti oleh 46 Instruktur safety riding main dealer Honda, 41 advisor safety riding komunitas Honda, dan 9 advisor safety riding dealer Honda.

AH-SRIC 2015 kali ini dibuka 4 kategori kelas, yaitu kelas instruktur, kelas advisor komunitas, kelas advisor dealer, dan kelas instruktur wanita. Keberadaan instruktur safety riding wanita diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dalam memberikan edukasi keselamata berkendara bagi kalangan kaum hawa. Sementara advisor safety riding dealer merupakan ujung tombak pelayanan jaringan Honda yang memberikan PDSA (Pre Delivery Safety Advise) kepada pembeli sepeda motor Honda sekaligus edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat sekitarnya di daerah. Ujiannya berupa Coaching skill, Braking, Narrow Plank, Training tool Aid Improvement dan Slalom Course. Khusus untuk advisor safety riding komunitas dan dealer, diuji pula pengetahuan terkait keselamatan berkendara. Coaching Skill dipakai untuk menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan materi edukasi keselamatan berkendara. Sehingga melalui skema seperti ini dapat diukur bagaimana kemampuan peserta dalam menjelaskan materi tersebut secara efektif kepada konsumen.

Selain diuji kemampuan menyampaikan materi Safety Riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes Braking Skill. Sementara itu, kemampuan peserta dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan tertentu diuji dalam uji Narrow Plank (Kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar). Pertengahan Oktober tahun ini, AHM akan mengirimkan duta Indonesia ke Kompetisi Instruktur Safety Riding Honda tingkat international di Jepang.

4 komentar pada “AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Mantapkan Komitmen Keselamatan Berkendara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.