Mau Pasang Ban Cacing, Knalpot Racing, Liat Dulu Yang Kena Razia Ini Cing, Mumet!

terjaring razia ban cacing

terjaring-razia-ban-cacing

Agan sekalian mungkin akan bertanya-tanya ketika halaman kentor polisi tiba-tiba menjadi bengkel dadakan. Puluhan motor dibongkar ditempat, ada yang pasang spatbor, ada yang ganti knalpot, ada yang ganti pelk dan ban. Ya semuanya adalah proses para tertilang sedang ganti dengan part standar yang semula ditilang gara-gara menggunakan part tidak standar, macemban atatu pelk caing, alias, kecil knalpot racing dan sebagainya.

banner-460x110

Yup, beberapa gambar yang diupload oleh mas bro Rahman Maman ini menunjukkan kejadian tersebut, bahwapara tertilang harus mengganti dulu dengan part standar baru deh boleh bawa motornya pulang dari kantor polisi.

razia motor tidak standar

razia-motor-tidak-standar

Ya tuntutan pasalnya memang jelas sih sebagai berikut gan:

“UULAJ No 22 Thn 2009 pasal 285 ayat (1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan
yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan
yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu

rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat
pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto
Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana
kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling
banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu
rupiah).”

razia motor tak standar

razia-motor-tak-standar

Ya sebagaimana kita ulas dalam beberapa artikel lalu, bahwa belakangan polisi sedang gencar merazia pemotor yang tidak menggunakan part standar. Ninja puna ada yang kena gergaji knalpotnya, dan bagi yang pake pelk atau ban cungkring harus langsung diganti di kantor polisi. So, ya musti hati hati aja gan, atau ganti aja yang standar daripada berabe.

Btw, ketika bikin artikel ee ada yang nyletuk, tuh moge banyak yang pake sirine/strobo gak ditilang? Hehehe ya …. ehe, ada yang lebih kompeten menjawabnya gan,

 

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Tilang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Mau Pasang Ban Cacing, Knalpot Racing, Liat Dulu Yang Kena Razia Ini Cing, Mumet!

  1. Kalau udah selesai pasang sparepart standar, kita bisa langsung bawa pulang itu motor atau harus bayar dulu duit ke polisi? Ada yang pernah ngalamin?

  2. Guru Pantura says:

    Tak semua part yang ada embel-embelnya kata “racing” dapat dikategorikan tak memenuhi persyaratan dan tak laik jalan. hehehe 😀

  3. RF says:

    Yg standar memang lebih baik.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

  4. new efbi says:

    Masih mending ituu

    Temen aku malah suruh ganti kenalpoy di tempat itu jgaa

  5. kusnandar says:

    nanti lama2 razia berlanjut ke motor2 2 tak…alasannya emisinya gak standar…yang punya ninja 2tak,,RX King & F1ZR tambah nangis batin….haaahaha

  6. andika says:

    tulis ajj di bwah plat nomer klo ini HD jgan di tilang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.