Katanya Motor Gak Boleh Masuk Tol, Tapi 3 Motor Polisi Ini Kok Tumben Nagacir Di Tol, Mungkin Ada Keperluan Mendesak?

motor polisi masuk tol

motor-polisi-masuk-tol

Mas bro sekalian, sebuah foto dikirim ke redaksi Bonsai Biker oleh mas bro Yani tentang 3 orang polisi yang mengendarai 3 unit motor masuk tol. Ya, menurut mas bro Yani poto ini diambil tanggal 28 Agustus 2015 alias sekitar 2 hari lalu. Nampak bahwa ini adalah tol Jagorawi dengan posisi sudah selepas Cawang dan sebelum pintu keluar TMII/Tamini Square. Nah, kira-kira ada apa ya kok pak polisi ini sampai masuk tol dengan motor, padahal kan dilarang masuk tol. Mungkinkah sedang ada keperluan mendadak atau urusan Negara?

FIX 460X110

Oceh, hal ini sering jadi perdebatan sengit di berbagai forum, ada yang bela polisi, ada yang mojokin polisi, bahkan ada yang menghujat polisi. Nah masalahnya kan pakpolisi itu aparat negara, siapa lagi yang mau menghrmati kalau tidak kita-kitasebagai warga negara, ya positif thinking aja. Nah coba kita lihat tinjauan dari beberapa segi:

1. Tinjauan Aturan

Menurut aturan, sepeda motor (munking seharusnya baik itu milik warga dan juga seharusnya motor dinas Polisi atau bahkan Plisi Militer) dilarang keras masuk jalan tol. Larangan ini dijelaskan dalam Keppres No. 16 tahun 1988 tanggal 23 Mei 1988 ayat 3 dengan point larangan bagi sepeda motor beroda dua atau tiga masuk jalan bebas hambatan. Hal ini diperkuat dalam berbentuk rambu juga telah dipasang di lokasi sebelum masuk jalan atau gerbang tol. Kemudian ditegaskan lagi dengan Surat Direktur Lalu Lintas Deops Polri No: B/2399/III /2002/ Lantas, tanggal 14 Maret 2002.

 2. Tinjauan Kasus

Pernah suatu ketika ada polisi militer menggunakan motor patwal masuk tol. Panglima TNI Jenderal Moeldoko kemudian mengingatkan agar personel militer tetap waspada dan tak menunjukkan sikap arogan di masyarakat, dan ini spesial warning bagipatwal dari polisi militer yang menerobos tol, dan kemudian video yang memperlihatkan seorang oknum polisi militer yang nekat melintasi tol tersebut beredar luas. Berikut vidionya:

3. Bagaimana Sekarang?

3 motor polisi masuk tol

3-motor-polisi-masuk-tol

Nah dulu dipermasalahkan ketika motor patwal masuk tol. Dan kini ada lagi motor polisi masuk tol, padahal tiga motor dalam bambar tersebut napaknya bukan patwal. Nah bagaimana menurut agan sekalian, apakah ini  tidak menimbulkan hal yang debatable di masyarakat? Ataukah mungkin sedang ada sesuatu yang mengharuskan 3 polisi ini terpaksa masuk tol, misalkan memburu penjahat, atau ada keperluan mendesak lain? Ya positif thinking aja gan, kan kita juga tidak tahu sedang melaksanakan tugas seperti apa pak Polisi ini.

Kan setidaknya polisi dalam keperluan tertentu yang mendesak diperbolehkan merubah arus lalulintas, menerobos lampu merah dan sebagainya yang dibahas dalan artikel lalu klik INI. Mungkin boleh masuk tol karena keperluan medesak tersebut? Karena dulu juga ada konvoi masuk tol dalam vidio ini:

4. Penjelasan Dari mas bro Mask MisTery

Dua contoh di atas yakni ada pak Moeldoko menegur anak buahnya yang patwal pake motor masuk tol lalu si lain pihak ternyata dari polda Metro sendiri malah membolehkan Konvio Polwan masuk tol ternyata menurut mas bro Mask MisTery   ini beda kasus dan wewenang gan cekidot statmennya:

polisi militer dan polisi tuh bukan kesatuan yg sama pak dhe. jika kesatuan polisi militer menerobos tol itu memang tidak ada wewenang karena tidak ada kewajiban untuk menertibkan TOL.
tp jik asatlantas, itu masih punya wewenang masuk dlm area tol ber
sama dishub. jd bisa bedakan antara polisi militer dan polisi bayangkara kan ? bisa bedakan antara tugas satlantas dan tugas polisi militer kan ? mgkn 3 polisi satlantas itu sdg ada keadaan yg lain jd memang hars menerobos tol dgn menggunakan motor dinas. be positife thingking aja.
kan si pengambil tfoto gak tau apa alasannya dan knp kok sampe 3 satlantas itu masuk k TOL ? kan dia cmn ambil foto aja toh ?
cb lain kali tanya, knp kok melanggar pasal itu ? lalu apa alasannya, jd kan lbh jls. ?”

Nah, begitu mungkin sedikit ulasan tentang peristiwa yng seringkali dipertanyakan oleh masyarakat, biar kita tidak salah faham. Monggo bijimana menurut agan sekalian?!

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Katanya Motor Gak Boleh Masuk Tol, Tapi 3 Motor Polisi Ini Kok Tumben Nagacir Di Tol, Mungkin Ada Keperluan Mendesak?

  1. Jozz says:

    pertamax,

  2. biarkan lah om bonz.. Biasa!!
    mendingan liat meme keren soal vixion disini https://cikarang123.wordpress.com/2015/08/30/meme-keren-seputar-otomotif/

  3. Rio says:

    Hahaaaaa su

  4. beno says:

    positive thinking aja, mungkin polisinya abis pada nongkrong di warteg, abis rajia gak resmi, eh karena uangnya ga halal, mules2 deh, jadi kesimpulannya, 3 polisi itu kebelet ee

Leave a Reply

Your email address will not be published.