Betulkah Power New Honda CB 150 R Belum Puncak? Ini Jawaban GM Technical Service Division AHM

Wedijanto
Wedijanto

Belakangan berkembang statmen bahwa All New CB 150 R ternyata power belum dioptimalkan oleh AHM alias belum sampai puncak. Banyak yang bilang di berbagai group FB bahwa power motor ini masih bisa lebih nampol lagi bila digali atau sengaja dioptimalkan oleh AHM. Nah, hari ini kebetulan James Bons menghadiri undangan AHM di Kalimantan tepatnya di kota Pontianak dalam dua acara, yang pertama adalah kontes mekanik AHM dan yang ke dua adalah launch All New CB 150 R dan Sonic 150 R . Nah dalam kesempatan ini James Bons langsung saja tanya tentang hal tersebut di atas, mumpung para pembesar AHM datang.

FIX 460X110

Menanggapi hal ini, GM Technical Service Division AHM, pak Wedijanto menyatakan bahwa beliau memang tidak menampik akan hal tersebut, hehe berarti benar adanya dong, bahwa powernya masih tersembunyi. Memang power Sonic dan CB 150 R masih dibatasi dengan adanya limitter di RPMnya. Bahkan buru-buru CB sudah terkena limit saat digeber.Ā  Ya pertama monggo lihat saja speedo Sonic 150 di bawah ini :

spedo sonic 150r

Dalam penjelasannya pak Wediyanto menyatakan bahwa yang ingin di capai AHM adalah setidaknya 3 hal, Power dan Torsi, kemudian Speed, dan yang ketiga adalah Fuel Consumtion alias keiritan konsumsi BBM. tiga hal ini harus dirumuskan serasi selaras dan seimbang sehingga menghasilkan motor yang bisa dinilai unggul dalam banyak sisi. Nah ketika motor ini diberi limit otomatis motor terbatas larinya sehingga keiritan BBM bisa didapat, nah apabila limitter di buang maka motor akan liar tenaganya luar biasa dan kosumsi BBMnya bakal juga luar biasa. Kan tak semua user berorientasi speed gan, ada yang juga mikin konsumsi BBM, jadi wajar motor diperhitungkan juga keiritannya.
Masih lebih lanjut dari pak Wedi ini, bahwa bila agan sekalian ingin lebih moncer lagi, secara tehnis ada 3 hal yang diperhitungkan yakni pengapian, piston, dan asupan BBM. Tiga hal itu bisa diset, dimana pengapian dibesarin, ukuran piston dan kompresi juga, lalu asupan BBM juga distel lebih boros dengan misalnya menggunakan Pigggy Back, maka dijamin CB 150 R baru ini bakal terbang di colek dikit aja.
Mungkinbegitu gan secara jeneral. Juozzzz.

.

Advertisements
About Bonsai Biker 5593 Articles
Pecinta bonsai dan otomotif

27 Comments

  1. Dari penjelasannya berarti Limit RPM aja ya power tersembunyinya? New CB kan stroke nya panjang, emang mau dibikin rpm berapa, bisa melebihi piston speed dong, apalagi kualitas A*M tahu sendiri. Jebol lah mesinnya klo mesin standar. A*M emang tukang ngibul

  2. Bisa saja Limiter diseting diatas 21 m/s, old cb aja bisa tembus 20rb rpm.
    Sedangkan merek sebelah yg sudah DiAsil+forget aja jebol saat irs sebelumnya.
    Bisa jadi BG7 yg konon kabarnya jebol juga kasusnya sama.
    Saya melihat justru durasi camshalf honda old cbsf dan disempurnakan pada new cb150r lbh advance. Padahal material Ahm biasa2 saja.
    Ane bukan bc y, ilmu yg baik akan menambah wawasan kita.
    Yg ngerti mesin pasti paham…. Xixixixixixixi

  3. mesti dibatasi dong untuk durability jangka panjang

    toh juga nanti kemungkinan besar banyak usernya yg cuma mau ngasi minum pertalite ataupun premium

  4. yg new cb meski full oprek (tentunya gak bore up alias kubikasi 150cc) gak bakalan bisa ngalahin old cb, old cb itu overbore full oprek (masih 150 cc no boreup) bisa smpe 30 hp-an (spek irs)

  5. 20rb RPM? Dasar guoblokk, itukan udah rubah daleman mesin sana sini tong, lagian jg kuat berapa detik dipanteng RPM segitu. Motor masal kok dibandingin spek race. Inget itu motor masal buat harian bukan balap. Sales sekarang be*o2

Leave a Reply