Rombak Mesin 8 Point, New Ertiga Lebih Irit, Konsumsi BBM 17,1/Liter

newertiga
newertiga

Kini ertiga sudah mulai berbenah, Suzuki mengklaim telah melakukan berbagai perubahan di Ertiga hingga jadi makin irit BBM dengan rata-rata kisaran 17,1 km per liter. Dulu yang Ertiga awal 16,2 km per liter, dan kini yang baru  17,1 km per liter. Berbagai ubahan menjadi makin irit yakni pada berbagai teknologi seperti mesin K14B DOHC 4 silinder 1.400cc, Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive by Wire Technology.

Tepatnya kata Ricky Patrayudha, Kepala Servis Nasional Roda Dua dan Empat Suzuki Indomobil Sales ada 8 perubahan besar pada sektor mesin K14B 1.400 cc ersebut. Mulai dari perubahan kompresi, penggantian head aluminium menjadi head resin, perubahan desain squish di ruang bakar, 2 perubahan besar di sistem pendinginan mobil (memperbesar water jacketnya yang ada di engine dan inovasi baru spacer water jacket khusus untuk membuat liquid coolnya lebih cepat jalannya ke masing-masing silinder), mengubah durasi exhaust cam, mengubah diameter klep keluar dan masuk, mengubah sistem piston dom, dan terakhir memodifikasi ECM (Electronic Control Module).

Tujuan perubahan ini untuk menghemat bahan bakar, walau harus mengorbankan power yang turun dari 95 jadi 92, turun 3 hp, tetapi torsinya dinaikkin sedikit dan di rpm lebih awal.

Advertisements

6 Comments

  1. mestinya design lampu depan dan lampu belakang di facelift juga. lampu depan terlalu besar, kesannya mblolok, lampu belakang terlalu cupu. dasar suzuki selalu pelit facelift.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan