Panas: Jokowi Mau Turunakn Harga BBM, Guernur BI Bilang Jangan Cari Popularitas

efek BBM Mahal

efek BBM Mahal

Wacana panas bergulir  pekan ini gan, Jokowi menghendaki penurunan harga BBM khusunya untuk premium dan solar. Kondisisnya serba dilematis memang, di satu sis harga minyak mentah dunia cenderung turun, di sisi lain Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar sedang anjlok. Nah dalam kasus ini Gubernur BI melempar bola panas, ia mengingatkan Jokowi agar tidak mencari popularitas. Bola maki panas ketika DPR ikut angkat bicara.

banner-460x110

Yup, Presiden Jokowi meminta kepada Pertamina agar menurunkan harga BBM khususnya premium. Hal itu disampaikan pada saat Presiden Jokowi memimpin rapat kabinet terbatas bidang ekonomi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 1, Oktober 2015, “Coba dihitung sekali lagi oleh Pertamina, apakah masih mungkin premium itu diturunkan, meskipun hanya sedikit.”

Pasca Statmen ini, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di kantor BI, Jakarta, Jumat (2/10/2015) mengingatkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) jangan hanya mencari popularitas atas keinginannya untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Nah statmen ini kemudian ramai dibincangkan. DPP Projo, organisasi pendukung Jokowi-JK menyerang balik gubernur BI lewat Ketua Umum DPP Projo, Budi Arie Setiadi, Sabtu (3/10), “Ini sudah di luar kepatutan dan sangat tidak etis. Gubernur BI itu bagian dari pemerintah atau oposisi?” Menurut Budi Arie, komentar Agus Marto sebagai Gubernur BI sama sekali tak etis. Karena kebijakan apapun soal kenaikan harga BBM dari presiden adalah merupakan kewenangan penuh presiden.

Sementara itu Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, M.Misbakhun, Sabtu (3/10) menyatakan bahwa hal ini sudah di luar batas, tidak pantas ada komentar seperti itu dari Gubernur BI. Berbicara seperti itu bukan porsi gubernur BI tapi porsi politisi, begitu menurut Anggota Dewan ini. Lebih lanjut lagi menurut Misbakhun, komentar Agus Martowardoyo seperti itu menunjukkan sang gubernur BI kehilangan sisi etis dan kehilangan subtansi kebijakan. Karena kebijakan apapun soal kenaikan harga BBM dari presiden itu merupakan kewenangan penuh presiden yang secara politik adalah pemimpin negara.

Di sisi lain ada selentingan komentar bahwa Gubernur BI sedang tersudut, karena rencan pemerintah menurunkan BBM sesuai dengan kondisi harga minyak dunia yang sedang turun terganjal oleh nilai tukar rupiah yang tak kunjung membaik, BI dinilai tak bisa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, maka Gubernur BI menyerang kebijakan Jokowi. Wallahu a’lam.

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum, Harga BBM and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Panas: Jokowi Mau Turunakn Harga BBM, Guernur BI Bilang Jangan Cari Popularitas

  1. bejo says:

    itu ngelunjak namanya.. sebagai bawahan harusnya menghormati atasan.. wajar kalo beda pendapat.. tp kan bisa di bicarakan secara internal.. apalagi yg berbicara pejabat negara sekelas gubernur BI.. SOMPLAK otaknya..

  2. wng says:

    ya presidennya juga kayak gitu gimana bawahan mau menghormati.intropesi diri lah pak jokowi kenapa bawahan sampai melontarkan pernyataan kayak gitu.

  3. vixioner says:

    masa pmerintahan jokowi bisa di bilang lbh buruk dari pada pmerintahan sby.. apa2 mahal cuuyy.. dollar juga merosot begitu jauh.. semoga bisa cepat2 berbenah daahh.. dan jgn lupa introspeksi diri aja..

  4. Bocah says:

    Yang seharusnya mikir tu ya jokowi,…kenapa sampe sekelas gubernur BI bilang begitu???? Mau nurunin harga bbm,tpi rupiah terus anjlok,…apa ga salah? Apa jangan jangan cuma buat me nina bobo’ kan wong cilik,dan membuat media pendukung memblow beritanya,supaya nutupin nilai tukar rupiah yg makin letoy ini???

  5. atas sok-sokan pinter bahas nilai tukar rupiah sekolah aja blum lulus, tau apa km? kaya IMPORTIR aja… beli bensin aj masih ngemis ortu..

  6. deanno2010 says:

    indonesia terlalu byk mafia dan makelar,siapa yg tinggal di luar negeri bisa liat jelas semua sektor dikuasai mafia..program apapun pasti mandeg sekiranya melawan arus mafia..

  7. Redribbon Army says:

    Sik sik… kok kayanya opininya pada aneh sih… sekarang gini… ketika minyak dunia turun… harusnya harga minyak ikut turun ga? Pertanyaannya… Kenapa gubernur BI sampe melontarkan kata tersebut??? Ya karena dia seorang bisnisman… sekarang itu dolar naik… kalo harga jual minyak turun otomatis penghasilannya berkurang dimana cost nya pun semakin membesar… dan PNL nya akan minus….

    Lha trus rakyat butuhnya apa? Heiii plisss deh… dimana dolar menggila, daya beli masyarakat makin kesudut… bahkan sekedar berkurangnya harga BBM itu sangat membantu lho… BBM murah… dana buat beli bensin bisa buat beli beras…. lhaa gimana? Sekarang bensin udah sama pentingnya kaya beras kok… ga ada bensin motor lu ga bisa idup… orang jmn sekarang pd ga mau tuh naek sepeda… apalagi jalan kaki… hedeh

    Uda keliatan siapa yang mengerti siapa?

    • febri says:

      Bang,ane mw tanya mendingan turun bbm apa turun harga sembako? Sma satu lagi bang,mendingan stabilitas ekonomi atw stabilitas keamanan bang?maaf oot,ane masih sekolah
      Makasih bang komennya n penjelasannya

  8. abc says:

    dasar jokowi hatters, bensin naik ngamuk2, bensin turun dikritik haedeeeh..mending tinggal di hutan aje sono!

  9. dazz says:

    Masalahnya bisa double inflasi kalo ntar harga bbm naek lg .
    Harga bbm turun harga barang ongkos transport ga elastis langsung turun…
    Lah ntar naek lagi misal ke harga semula.. smua ikut2an naek diatas harga awal.. ntar kalo naek lagi.. dobel dah naeknya..

    • febri says:

      Nah,ane setuju sma komen di atas,ekonomi indo tuh aneh,gqk ad patokannya,bbm naek harga naek,bbm turun knp gak ikut turun harha yg laen? Dollar kuat hrga naek,dolar lemah knpa gak turun harga? kliatan toh yg dibegoin siapa?yg ngebegoin siapa?n yg paling bego siapa? Pasti kliatan lah

  10. samepackbowlong says:

    susah jadi presiden, naikin harga dicerca dan dimaki, giliran mau nurunin harga dibilang pencitraan, mau apa aja presidennya pasti salah, karena otak para pembenci udah didoktrin demikian

Leave a Reply

Your email address will not be published.