Medsos Memang Sakti, Mahasiswi Selfie Bareng Kucing Hutan Buruan, Dintrogasi Polisi!

mahasiswi selfie bareng kucing hutan buruan
mahasiswi selfie bareng kucing hutan buruan

Beberapa waktu lalu dunia maya khususnya FB heboh dengan postingan seorang cewek yang selfie bareng kucing hutan hasil buruan yang sudah dibunuh. Hewan yang dilindungi ini kini kabarnya dimasak dan kemudian dimakan bareng-bareng, makanya dalam selfienya Cewek yang ternyata adalah seorang mahasiswi di Jember ini menulis, “Hasil berburu hari ini, … nyam-nyam.! Belakanga ia dikecam, dan terakhir harus diintrogasi dikantor polisi. Woh gara-gara sosmed, sakti nian sosmed memang.

Yup, setelah Mahasiswi yang bernama Ida ini memposting gambar kucing hutan tersebut pada 12 September di akun pribadinya, ternyata membuat geram netizen karena dianggap tidak memiliki perasaan terhadap satwa, tiga ekor kucing hutan sekaligus gan dengan pose digantung leher terikat, dipamerkan di akun Facebooknya. Komentar pedaspun berdatangan dan dishare secara berantai di FB hingga ramai dibincangkan. Belakangan ia menghapus postingannya setelah tahu kegeraman netizen padanya.

Memang kucing hutan ini dilindungi, diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, pasal 21, secara jelas disebutkan

“Setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi. Sanksinya tertuang dalam pasal 40 ayat 2 ancaman pidana 5 tahun penjara maksimal dan denda Rp100 juta.”

Kucing Blacan atau Felis bengalensis ini memang termasuk dalam 70 jenis mamalia yang dilindungi menurut PP no.7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.

Nah setelah ramai di medsos, belakangan polisi bertindak, Ida Tri Susanti (20), mahasiswi pengunggah foto dengan kucing hutan ini harus berurusan dengan polisi. Belakangan saat diintrogasi ia mengaku bahwa kucing hutan itu bukan hasil buruannya. Menurut pengakuannya itu dikasih saudaranya yang namanya Dwi, sedangkan Dwi sendiri mengaku itu dibeli dari temannya.

Ida mengaku memasak 3 ekor kucing hutan itu kemudian dimakan bersama keluarganya. Dia mengaku tidak tahu kalau itu hewan dilindungi. Sebelum dimasak, dia sengaja berpose dengan kucing hutan yang sudah mati di tangannya. Alamak!

Advertisements

13 Comments

  1. Selamat untuk Ida Tri Susanti.. anda berhak mendapatkan gelar mahasiswi paling Bego and Kudet abad ini.. haddeuuh..pekok.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin