Heboh Mengecam Trofi Piala Presiden Terbuat Dari Kayu, MotoGP Aja Dari Kayu Gak Heboh!

 

piala-presiden-dari-kayu

piala-presiden-dari-kayu

Riak-riak piala presiden masih ramai hingga kini, banyak hal yang disoroti, mulai dari ulah suporter, kondisi Gelora Bung Karno, hingga belakangan yang santer adalah masalah trofi dari piala presiden yang terbuat dari kayu. Banyak yang mnecerca kenapa sekelas piala presiden tropinya terbuat dari kayu, ada yang mengatakan gara-gara Jokowi pengusaha mebel, ada yang bilang korupsi dan sebagainya. Namun banyak juga yang menilai bah itu hal yang baik, anti mainstrim, hasil karya anak bangsa.

banner-460x110

Yuk kita lihat beberapa sisi yang menarik dari topik in!

Pembuat Trofy

Trofi Piala Presiden itu ini sendiri dibuat oleh seniman asal Bali, IB Ketut Lasem yang dipahat sejak September lalu. Kabarnya ia sempat kesulitan membuat trofi tersebut karena bahannya yakni kayu jati memiliki pola dan komposisi yang sulit ditebak. Namun akhirnya terciptalah trofi Piala Presiden dengan tinggi 50 cm dan berat 15 kg itu. Kenapa memilih bahan dari kayu, kabarnya alasannya tidak lepas dari nilai-nilai yang mencerminkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

piala presiden 2015

piala_presiden_2015

Kenapa Dari Kayu?

IB Ketut Lasem sebagai pembuat trofi menjelaskan mengapa kayu? Ini memang tak lebpas dari latar belakang Presiden Jokowi adalah pengusaha kayu. Bisa jadi, Jokowi satu-satunya presiden di Indonesia yang paling mengerti soal kayu. Jadi menurutnya kayu mewakili pikiran Presiden Jokowi.

Ada Yang Mempertanyakan Terbuat Dari Kayu

piala dari kayu

piala-dari-kayu

Belakangan heboh banyak yang ribut dan mempertanyakan kenapa piala presiden terbuat dari kayu trofinya. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh sebuah akun FB dari Miftakh Arifin dengan statmen sebagai berikut:

“Piala presiden kok dari kayu jati haduh ini pertandingan tingkat nasional atau tingkat kampung ya ??? Jadi pusing mikirnya.

Statmen ini hingga kini dishare hingga 345 kali share dan ditanggapi secara luas oleh para pengguna FB.

Di Luar Negeri Banyak Piala Dari Katu, MotoGP Saja Ada Yang Dari Kayu

a9be9-placeholder-trophy

a9be9-placeholder-trophy

Coba nengok ke luar negeri, ternyata banyak juga piala terbuat dari kayu, bahkan gambar di atas adalah sebuah piala seharga 800 dollar untuk football trophy.

piala dari kayu

Austin, TX April 21: Trophys during the MotoGP Red Bull U.S. Grand Prix of The Americas – Circuit of The Americas on April 21, 2013 in Austin, Texas.

Sementara itu gelaran bergengsi yang menjadi salah satu yang terkenal sedunia yakni motoGP, ternyata ada juga lho yang dibuat dari kayu. Yakni di Red Bull Amerika para Apreil 2013, dimana trofinya terbuat dari kayu. Nah ini alasannya kenapa mereka membuat trofinya dari kayu:

“…We chose this wood as an homage to the spirit of those who lost everything in the fire, to honor their strength and grit to rebuild and ‘get on with it’ – scars and all,” kata Jay Gordon.  “…….Thusly, the wood reflects these scars with unique markings caused by the intensity of the flames and fire. We chose to showcase the rebirth of this wood and its scarred beauty into a hard-fought and won trophy…..”

So, ya akahirnya kembali ke penilaian masing masing monggo saja.

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

49 Responses to Heboh Mengecam Trofi Piala Presiden Terbuat Dari Kayu, MotoGP Aja Dari Kayu Gak Heboh!

  1. brigade jalan raya says:

    kayu di luar negeri adalah barang mewah. lebih2 dari jenisnya yang mahal, desain dan ukirannya. tapi di dalam negeri barang murahan gan.

  2. IPY says:

    Bukan masalah tropinya piala presiden dri kayu yg katanya langka itu usia 80th, netizen itu menyindir Indonesia dpt kayu, amerika dpt emas (perpanjangan kontrak freeport) 😸😸😸
    Memang tidak umum tropi dri kayu krna kayu pnya sifat lapuk atau rusak karena usia , beda dgn logam apalagi logam mulia yg susah berkarat.

    • joni_hack says:

      belum pernah punya furnitur atw benda dari yg namanya kayu jati ya?? inget jati yg usianya 80 thn bukan jati abal2/jabon.. pasti ga bkaln komentar seprti itu..

  3. jojo says:

    Katanya orng indonesia, belajar dlu soal kayu sama pahat… Ini seni harga gk bisa di bandingkan sama emas, oh iy coba aja nanam kayu jati 80thn baru tahu ukurannya baru seberapa hahaha

  4. iim atmodjo says:

    Krn presidennya pak jokowi.. Yang mengkritik dan menertawakan pialanya pasti para hater yang masih blm bisa move on.

  5. pikolo says:

    Justru dari kayu itu sisi uniknya. Apalagi bahannya dari kayu jati umur 80 taun.

  6. Madiun-Biker says:

    Kayu Jati dibilang murahan ? Kayu Jati yg masih muda aja udah mahal, apalagi yg udah tua, kayu jati terbukti sangat kuat dan juga tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas dan hujan

  7. Anonymous says:

    yg mempertanyakan soal piala dari kayu, adalah org yg gk ngerti atau sotoy. atau malah haters Jokowi

    kalu udah di kasih tau harnya baru nyaho cengar cengir loo….

  8. hamon says:

    Mohon dimaklumi, yg bikin status itu orang partai, pasti beraroma politik

  9. genres says:

    kayu jati di rumah gue ada tuh yang umurnya lebih dari 80 tahun, berani berapa kalo kayu jati lebih berharga dari pada emas?

    • Anonymous says:

      Promosi boss :v

      • genres says:

        gak lah… cuma pengen kasih tahu aja bahwa kayu jati dari jokowi itu tidak begitu istimewa, biasa aja… apalagi dibanding emas…

        • brigade jalan raya says:

          emas yang diukir harganya bukan emas lagi gan. lebih dari emas karena ada seninya. seninya dihargai.

          begitu juga dengan kayu. nilai seninya gan. bukan dihargai dengan harga standar logam mulia emas.

          bah! itu seni. jadi beda bahhhh :mrgreen:

        • snoo says:

          Lah mata duitan itu sampean Bro…kalo liat emas..nafsunya memuncak…ga bisa debat org ky gni..kasih duit aja dah diam…kualitas DPR…sih..hahahhahah sorrry bro..memang betul sih

    • martin says:

      piala / trophy diluar negeri itu apa emas padat? nggak, itu besi kopong dilapis emas

      sedangkan ini kayu jati padat, kalau dibandingkan ya jelas lebih mahal ini daripada besi kopong lapis emas 🙂

      • tempe says:

        lhah..!!! kalo itungan nya emas sama kayu yg tetep mahal emas. mau barter gak saya ada kayu jati lebih dari 80 TAHUN jati hitam, sekilo kayu tuker sekilo emas. wes ngono tok ra sah ribut

    • karso says:

      Serius situ punya kayu jati 80th kualitas bagus mau dijual murah? sini serius gw beli. Biasa yg gak sampai segitu umurnya aja harganya udah puluhan juta.

    • Anonymous says:

      Berapa kamu mau jual kayu jatinya yg umurnya 80th,,aku dari bali bro,,aku beli kayu jatimu,,
      Barapa kamu pasang harga,,
      Inget ya seni itu mahal,,,,,,

  10. mungmontor says:

    pasti kebanyakan nonton sinetron

  11. kayu jatine aja dh mahal kok :v . itu bkinnya 40jt, blom lagi ada emasnya yang di tulisan piala presiden

  12. tempe says:

    coba kalo emas batangan, mas murni di lebur terus di cor baru di ukir pasti lebih joss, kan freeport di indonesia. coba monas dari kayu bukan dari emas..!!!

  13. pangeran kegelapan says:

    Jelas Kayu Jati 80tahu lebih berharga daripada emas,,,yang menananm belum tentu bisa menikmati… 😀

  14. cumi says:

    kalau sebuah piala cmn dilihat dari harga bahan baku..
    koq mahasiswa gak ada yg protes hasil belajar susah payah mereka bertahun tahun hanya di hargai selembar kertas bernama ijasah?

    mikirrr

  15. fortunate says:

    ini bukan masalah perbandingan harga jual kayu jati & emas, tapi nilai seni & nilai penghargaan dari sebuah perjuangan.
    secara harga jual mungkin emas lebih mahal dengan volume yg sama, tapi apakah pantas seekor emas batangan dijadikan trophy?

  16. gan93 says:

    om yg bilang punya kayu di rumahnya lebih dari 80th bisa minta contaknya?

    • tempe says:

      16. gan93 – October 23, 2015

      om yg bilang punya kayu di rumahnya lebih dari 80th bisa minta contaknya?

      =============================================

      KASIH KONTAK DAN NOMER PIN NYA DONG.

      kalo serius mau barter 1kg kayu di tuker 1kg emas.

  17. moncer says:

    itu yang mencerca pasti mulutnya minta disumpal pake kayu kaliii ya… mang elu yang bikin…jadi orang tu hrs bisa memahami artinya jgn cuma lihat fisiknya.. mulut lu kere banyakan bacot aja.. kali ini gue ndukung pak jokowi soal trofi piala president..lain nya **** Ceka ceka ce ka ka ka

  18. Iga says:

    Piala boleh kayu, tapi paling gak kita bisa liat klo sepak bola dikelola dengan bener ky gmn. Turnamen yg cuma 50 hari bisa dpt hadiah 3M untuk juara 1 blm bonus2 yg lain. Nah kl kompetisi sebelumny gmn?? Piala dari logam tp uang hasil 1thn kompetisi kmna??? Mikir mas bro,

  19. Jamek says:

    Kalo 80tahun memang ndak langka2 dan tua2 amat,didaerah saya alas roban memang banyak,yg ditanam sejak tahun 18**sekian..tp hargai asal usulnya,dari kapan waktu nanem sampe mahat itu ada nilai tersendiri..jangan bandingin harga kiloan jati vs emas..ndak nyambung cui..harga beberapa kibik papan kayu jati 3cm dan besi2 rangka apa sama dengan bak truk..???ndak cuyyy….

  20. Per says:

    Ini seperti bertanya: Kuliah lama 2x kok dapat kertas.

  21. S. Sidik says:

    Soalnya mau buat dari emas, bahannya sdh terlanjur diboyong keluar negeri, yg masih ada bahan kayu. Maka jadilah Tropinya dari Kayu.

  22. rifz says:

    kayu itu simbol kerja keras
    kayu itu murah, agar bisa jadi mahal perlu usaha mulai dari menanam, merawat, hingga mengukir, mengamplas berkali2, dll
    kalo emas tinggal lelehkan, cor, jadi. ga ada usahanya

  23. amamaoto says:

    Jin bonsai beraksi 🙂

    • Bento says:

      Mengapa piala presiden darii kayuu…biarr andaa tahuu….pohon too sangatt berharga di bumi inii….cobak gak ada pohon n adanya emass apakahh masihh hidup kita…hutan terbakarr menjadi asapp membuat indonesia darurat asap….jagalah alam kita broo dan hargai kayuu broo….

  24. Anonymous says:

    Luar negeri selalu ada konsef setiap penyelenggaraan,beda sama negeri kayu,tanpa konsef di kritisi ngambek,

  25. andyratama says:

    kecewa gue sm ank bangsa yg ga bisa hargain hasil dari seni ,, SalamArt ,

  26. surya says:

    permisi ya agan semua, saya mau menengahi..
    saya pernah buat piala dari bahan alumunium, kuningan dengan ukuran sama seperti trophy liga champion. untuk trophy liga champion dengan bahan kuningan ato bahan alumunium harganya tidak sampai 5 jt. itu bahanya sudah kualitas bagus. itu sudah termasuk pembuatan cetakanya. mjurah karena tinggal dicor aja. cuman 5jt lo gan..
    saya gak kebayang berapa harga untuk piala yang dari kayu. soalnya ga bisa di cor. harus dipahat. hehe

    bukan iklan ya gan.. mau menengahi aja

  27. anim says:

    Ini smua pada ribot yg dpat piala siapa,,,,?dasar ri oon,, gk usah diributin toh pialanya juga buat org bukan buat kalian kan… Dasar kalian yg bisa cuma ributin punya org aja , piala kalian sendiri mana??? Hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.