Hanya Karena Itu Moge Maka Disorot, Coba Kalau Mocil? Betulkah Gitu?

Moge-minggir
Moge minggir

Sebagai pendahuluan gan, bahwa foto di atas adalah ya sewajarnya saja, jalan diperbaiki, lalu ada mobil/traktor pengaspal jalan lewat, makanya moge pada minggir. Ya mosok mau tabrak traktor pengaspal jalan? Pun andikata motor kecilpun pasti akan melakukan hal yang sama. Nah disini mungkinkah hanya karena ini moge, maka gabambar ini ramai diobrolkan di internet, dishare dari gorup ke group?

Ya, membahas hal ini tentunya harus dengan kepala dingin, kalau dengan panas ya paling berantem lalu tak ada titik temu. Ya jelasnya tujuan bahasan ini adalah mencari solusi bagaimana agar para pengguna jalan baik itu motor kecil atau motor gede juga pengguna jalan lain semisal mobil, bisa saling menghargai, menghormat, dan mengutamakan sikap saling santu di jalan. Satu hal yang harus di ingat bahwa kebebasan dan kemerdekaan kita di jalan tentu juga dibatasi oelh kemerdekaan orang lain. Prilaku kita di jalan pastinya jangan mengganggu kepentingan orang lain, toleransi lah jelasnya.

Nah disini coba kita melihat fakta di lapangan, bagaimana bisa seringkali moge menjadi sorotan, lalu ketika ada peristiwa kecil saja yang melibatkan moga beritanya langsung booming. Ya tentunya tetap membahas juga bagaimana prilaku beberapa mocil yang brlagak arogan dijalan. Karena keduanya tetaplah fakta yang harus diakui adanya.

a. Keluhan Seputar Moge

Sadar atau tidak memang masyarakat banya yang mengeluhkan moge ini kalau di jalan, banyak yang bertindak arogan. Contoh kongrt saja saat di jogja lalu ada warga yang meninggal karena ulah segelintir moge. Kemudian di lain tempat ada kisah moge yang menendang pengguna jalan lain yang tak mau minggir. Lihat saja di link ini, ini, ini, banyak sekali keluhan masyarakat tentang moge ini.

b. Keluhan Seputar Mocil

Klau kita memandang dengan netral, tentu banyak peristiwa yang dikeluhkan masyarakat yang melibatkan motor kecil. Tabrakan antara motor kecil sering, motor kecil melanggar rambu-rambu sering, motor kecil arogan sering. Ya sebenarnya intensitasnya justru banyakan motor kecil. Bahkan ada sebuah peristiwa yang melibatkan polisi, bahwa motor kecil ngasal lalu nyremet mogenya polisi hingga jatuh, cek di link ini!

c. Lalu Kenapa Moge Musti Disorot 

Nah disini pasti bahasannya sangat sensitif. Bisa menyinggung moge ataupun mocil. Ya faktanya banyak juga pelanggaran melibatkan moge ataupun mocil, tapi faktanya yang lebih disorot adalah yang moge. Banyak faktor memang gan yang harus difahami oleh banyak fihak, termasuk empunya moge itu sendiri.

Ya, ibaat pepatah mengatakan, makin tinggi pohon, angin akan berhembu makin kencang. Punya moge bisa dipandang sebagai prestige yang tinggi sehingga kudu siap ketka apa yang dilakukannya selalu disorot orang bak artis saja. Hal itu kemudian dibumbui oleh segelintir pemoge yang arogan, yang bodong, dan yang tak taat aturan lalulintas.

Ibarat 5 ribu orang berkumpul di lapangan dengan menggunakan pakaian merah, maka moge a dalah 5 orang berpakaian putih di antara 500 orang yang brpakaian merah, tentu saja sangat terlihat mencolok. Demikian kurang lebihnya moge dilihat dari sisi peluang untuk disorot. Dilihat dari sisi ekonomi ya rata-ratapemiliknya orang kaya, dilihat dari strata solsial rata-rata pejabat atau pengusaha, atau artis, ya jelas musti siap disorot.

So, untuk mewujudkan budaya santun dijalan jelasnya ya harus memulai dari diri sendiri, tak peduli moge atau mocil, untuk taat aturan dan mengedapnkan budaya santun di jalan. Ingat sekali lagi, kemerdekaan kita dibatasi oleh kemerdekaan orang lain.

Nah, bagaimana menurut agan sekalian?

Advertisements
Advertisements

15 Comments

  1. tetep gak adil, puluhan ribu orang meninggal grgr pengguna sepeda motor, dan setiap harinya rata rata 55 orang meninggal dijalanan … apakah ada dalam 1 hari 1 saja motor gede menyumbang angka kematian ? atau ada yg berani gak mengatakan bahwa moge itu 3 hari ada 1 kecelakaan yg menyebabkan meninggal dunia ?? … bukannya membela tapi Kenyataannya dijalan lebih banyak yg gak punya otak itu malah Motor Kecil

  2. tetep aja mau bgm pun jg klo MOGE berulah lgs HEBOH DIEXPOSE TP KLO MOCIL BERULAH DIANGGAP HAL YG WAJAR & HALAL. Sebenarnya semua ini ujung2 nya krn FAKTOR KESENJANGAN/KECEMBURUAN SOSIAL cuma masyarakat GAK MAU TERUS TERANG. Dan senjata pamungkasnya mocil klo udah kepepet selalu mengatasnamakan ORANG KECIL PAG, GAK MAMPU LAH, HUKUM TAJAM KEBAWAH LAH, ORANG KAYA SOK LAH, DLL tp utk menelaah lebih jauh para mocil gak pernah mau. Itulah salah 1 pikir mocil.
    Atau para pemilik MOGE HARUS DAN WAJIB BERGAUL KEBAWAH BIAR KATANYA MAU MERAKYAT PASTI LGS DISENENGIN SM MOCIL.Jd intinya para mocil yg WAJIB DAN HARUS DIMENANGIN DIJALAN ATO DIMATA HUKUM HARUS SELALU BENER. Faktanya liat aja sendiri dijalan bgm kelakuan mocil dan bgm komen2 dr mocil DIBLOG. Maklumin aja klo DIBLOG krn DUNIA MAYA KRN ORG BEBAS NULIS TANPA KETAUAN TP DIDUNIA NYATA UDAH PASTI 100000% MELEMPEM (FAKTA BUKAN NGADA2).

  3. pada ngaco semua.. masa sama sama pengguna jalan saling menyalahkan.. yg harus kalian perbaiki itu otak kalian.. masyarakat nyalahin moge.. moge nyalahin mocil.. kan aneh.. padahal moge di beritakan ini itu ga selalu sama pengguna motor harian (Mocil).. saran saya untuk moge kalo ga mau di expose jangan pake moge.. dan untuk mocil tunduklah agar lebih menghargai pengguna jalan lain.. Terimakasij

  4. Mocil kucing kucingan nyuri2 melanggar hukum nerobos lampu merah, pengen buru buru lawan arus, ngebut.. ketauan polisi? ditangkep.. tilang deh di pengadilan… Moge?? gak perlu nyuri2 melanggar hukum. kata pemoge “ane beli hukum!!!” .. nerobos lampu merah dengan cara yang “sah”?(pake kawalan polisi) ngalah ngalahin ambulancenya orang miskin.. nglawan arus pas lane lampu merah penuh.. masuk ke jalur sebelah.. (lawan arus juga namanya). mocil dan moge yang beginian sama sama bajingan.. bedanya kere sama berduit jadi bisa cari pembenaran atau pilih tilang

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin