News Oto

Hanya Karena Itu Moge Maka Disorot, Coba Kalau Mocil? Betulkah Gitu?

Moge-minggir
Moge minggir

Sebagai pendahuluan gan, bahwa foto di atas adalah ya sewajarnya saja, jalan diperbaiki, lalu ada mobil/traktor pengaspal jalan lewat, makanya moge pada minggir. Ya mosok mau tabrak traktor pengaspal jalan? Pun andikata motor kecilpun pasti akan melakukan hal yang sama. Nah disini mungkinkah hanya karena ini moge, maka gabambar ini ramai diobrolkan di internet, dishare dari gorup ke group?

Ya, membahas hal ini tentunya harus dengan kepala dingin, kalau dengan panas ya paling berantem lalu tak ada titik temu. Ya jelasnya tujuan bahasan ini adalah mencari solusi bagaimana agar para pengguna jalan baik itu motor kecil atau motor gede juga pengguna jalan lain semisal mobil, bisa saling menghargai, menghormat, dan mengutamakan sikap saling santu di jalan. Satu hal yang harus di ingat bahwa kebebasan dan kemerdekaan kita di jalan tentu juga dibatasi oelh kemerdekaan orang lain. Prilaku kita di jalan pastinya jangan mengganggu kepentingan orang lain, toleransi lah jelasnya.

Nah disini coba kita melihat fakta di lapangan, bagaimana bisa seringkali moge menjadi sorotan, lalu ketika ada peristiwa kecil saja yang melibatkan moga beritanya langsung booming. Ya tentunya tetap membahas juga bagaimana prilaku beberapa mocil yang brlagak arogan dijalan. Karena keduanya tetaplah fakta yang harus diakui adanya.

a. Keluhan Seputar Moge

Sadar atau tidak memang masyarakat banya yang mengeluhkan moge ini kalau di jalan, banyak yang bertindak arogan. Contoh kongrt saja saat di jogja lalu ada warga yang meninggal karena ulah segelintir moge. Kemudian di lain tempat ada kisah moge yang menendang pengguna jalan lain yang tak mau minggir. Lihat saja di link ini, ini, ini, banyak sekali keluhan masyarakat tentang moge ini.

b. Keluhan Seputar Mocil

Klau kita memandang dengan netral, tentu banyak peristiwa yang dikeluhkan masyarakat yang melibatkan motor kecil. Tabrakan antara motor kecil sering, motor kecil melanggar rambu-rambu sering, motor kecil arogan sering. Ya sebenarnya intensitasnya justru banyakan motor kecil. Bahkan ada sebuah peristiwa yang melibatkan polisi, bahwa motor kecil ngasal lalu nyremet mogenya polisi hingga jatuh, cek di link ini!

c. Lalu Kenapa Moge Musti Disorot 

Nah disini pasti bahasannya sangat sensitif. Bisa menyinggung moge ataupun mocil. Ya faktanya banyak juga pelanggaran melibatkan moge ataupun mocil, tapi faktanya yang lebih disorot adalah yang moge. Banyak faktor memang gan yang harus difahami oleh banyak fihak, termasuk empunya moge itu sendiri.

Ya, ibaat pepatah mengatakan, makin tinggi pohon, angin akan berhembu makin kencang. Punya moge bisa dipandang sebagai prestige yang tinggi sehingga kudu siap ketka apa yang dilakukannya selalu disorot orang bak artis saja. Hal itu kemudian dibumbui oleh segelintir pemoge yang arogan, yang bodong, dan yang tak taat aturan lalulintas.

Ibarat 5 ribu orang berkumpul di lapangan dengan menggunakan pakaian merah, maka moge a dalah 5 orang berpakaian putih di antara 500 orang yang brpakaian merah, tentu saja sangat terlihat mencolok. Demikian kurang lebihnya moge dilihat dari sisi peluang untuk disorot. Dilihat dari sisi ekonomi ya rata-ratapemiliknya orang kaya, dilihat dari strata solsial rata-rata pejabat atau pengusaha, atau artis, ya jelas musti siap disorot.

So, untuk mewujudkan budaya santun dijalan jelasnya ya harus memulai dari diri sendiri, tak peduli moge atau mocil, untuk taat aturan dan mengedapnkan budaya santun di jalan. Ingat sekali lagi, kemerdekaan kita dibatasi oleh kemerdekaan orang lain.

Nah, bagaimana menurut agan sekalian?

53 komentar pada “Hanya Karena Itu Moge Maka Disorot, Coba Kalau Mocil? Betulkah Gitu?