Waspadai 4 Point Ini, Atau Motor Anda Bakal Disita Polisi Dalam Waktu Dekat

tilang
tilang

Brader sekalain, kepolisian seluruh Indonesia memang telah dengan serentak menggelar operasi penertiban/penegakan hukum lalulintas yang berakhir 6 November lalu, namun kini polisi masih akan menggelar operasi dengan tajuk lain. Ya, khusunya Satlantas Polresta Tangerang Kabupaten menurut detik akan menindak pengendara motor atau mobil yang melanggar aturan lalin. Tak hanya menilang, tetapi juga menyita kendaraan gan, bila melanggar 4 point aturan lalin.

Web banner 460X110px

Penyitaan ini dimaksudkan Kasat Lantas Polresta Tangerang Kabupaten AKP Ekobagus Riyad untuk memberi efek jera kepadapelanggar lalin. 4 fokus penertiban lalu lintas tersebut yakni pelanggaran lawan arus, tidak melengkapi pelat nomor kendaraan,  tidak menggunakan helm bagi pemotor, dan kendaraan yang berknalpot bising atau tidak sesuai SNI. 4 Poin aturan tersebut termaktub dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, misal kenalpot bising, melanggar Pasal 285 ayat (1) jo pasal 106 ayat (3) jo pasal 48 ayat (2) dan (3) dengan ancaman denda maksimal Rp 250 ribu.

Aturan ini kini masih taraf sosialisasikan, agar masyarakat tahu dan tidak kaget, dan dalam waktu dekat akan segera diambil tindakan.

Nah aturan sita kendaraan ini bakal dilakukan seluruh Indonesia atau hanya di tangerang saja, kita tunggu perkembangan gan!

 

Advertisements
About Bonsai Biker 5562 Articles
Pecinta bonsai dan otomotif

19 Comments

  1. di ked.r. aman damai knalpot berisik boleh, plat tidak/kadaluarsa ada boleh, lawan arus silahkan, terobos lampu merah sudah biasa, anak belum 17thn pakai motor gpp…yang trek2an tiap minggu cuma di takut2i kagak pernah disita cape dech, ada lagi bbrp motor jadi2an motor roda tiga yg ada gerobaknya dan motor bakul yg lebarnya spt mobil ane tahu untuk bisnis tp yo klo jalan santai patuhi lalulintas karena dimensi besar jgn seenaknya…

    kelakuan pengendara yg biasa :
    – kalau belok tanpa ng sein
    – belok slonong boy
    – g tahan nungguin belok malah melipir lawan arus

    maaf klo ane sok suci tapi berubahlah untuk mematuhi lalin…positif thinking kita akan seperti jepang nantinya lebih teratur dan tertib

  2. Palingan awalnya doang.
    Muak saya sama knalpot bising dan motor tanpa lampu depan dan belakang dimalam hari.

    Magelang banyak tuh, parkir di trotoar padahal dekat kantor polisi saja ga dibubarkan.Knalpot berisik…….. dengerin saja, apalagi malam sabtu dan minggu

  3. Maaf kalo masalah plat nomor gimana ya ? Jujur tahun 2014 kualitas plat nomor dari sananya sangat jelek .tipis .dan mudah patah .
    Saya aja yg belakang udah ga dipake alias udah kemana tau .
    Solusi nya apa ?? Bikin plat di pinggir jalan ? Apa ga kena omongan lagi sama pihak polisinya karna platnya bukan aslinya ??

    • nah ini susah mas…kualitas jelek + lama dibuatnya itu emang produk samsat yg harus dipake terus….
      jadi mending cari aman aja….wong std aja bisa kena tilang sama pollantas katrok, gimana ga std… ?
      atau ga nyiapin 100 ribu mas….biasa buat dititipin katanya mah

      polantas yg jabatan tinggi gimana? diem doang paling…………………..

  4. Kalo kenalpot bising yg sesuai sni seperti apa? Ya sy pakai knalpot tp bermerk,, masih salah jg yah?? Tentuin undang undangnya biar tidak jadi tabu..

Leave a Reply