Berita Umum

Pengguna Box Saat Motor Diberhentiin Mau Ditilang, Kena 24 Juta kah? Yuk Diskusiin!

motor-pake-lampu-strobo
motor pake lampu strobo box

Kembalai hangat diskusi dengan kisah tertilang gan, khususnya adalah edisi tilang motor dimodif yang dendanya sampai maksimal Rp. 24 juta. Ya, dalam artikel lalu di link INI telah kita bahas tentang aturan penilangan  motor yang di modif yang bisa mecnapai Rp. 24 juta, dan beberapa kemungkinan yang terjadi. Kali ini adalah kisang seorang brader yang menggunakan Box pada motornya.

Kisah Hampir Ditilang

Nah, ketika ramai di internet diobrolin bahwa modif bisa kena tilang yang dendanya sampai Rp. 24 juta, makas seorang brader mengisahkan gara-gra pake BOX beliau ini diberhentikan polisi dan mau ditilang, berkut kisahnya:

“*****Ane juga pernah tuh pas ada rajia.n dislah satu wilayah dibandung diberhnti.n gara2 pake box, alasan.y mengganggu dan harus ada izin pemakaian nya, ane bingung izin dari siapa, pdahal sma org tua udh diizinin, udh nego2 akhirnya gk jd ditilang”

Dimata Hukum

Sesuai yang kita bahas kemarin bahwa Modifikasi kendaraan harus menggunkan izin dengan bunyi aturan sebagai berikut:

“Kendaraan kendaraan bermotor yang sudah dimodifikasi wajib diregistrasikan oleh Kesatuan Polri pelaksana registrasi & identifikasi kendaraan bermotor terhadap kantor Samsat untuk mengganti degan STNK baru yang sesuai dengan perubahan kendaraan bermotor dimaksud.

Hal ini dipertegas dengan statmen Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto yang menyatakan bahwa memodifikasi kendaraan bermotor tanpa melalui mekanisme yang benar ialah tindak pidana kriminal, wadduh serem amat!!!!!!!!!!!!!

Kemudian dari berbagai dialog mucul wacana bahwa motorbox adakalanya berbahaya karena bisa nyangkut ke pengguna jalan lain.

Pendpat Kaskusser 

Sebuah trit di kaskus yang membahas tentnang motor Box ini yang beberapa kali terjadi masalah dengan polisi alias memungkinkan terjadinya kasus penilangan, berikut statmennya di trit ini:

motorbox

Kenyataan Di Lapangan

Kembali ke artikel lalu bahwa James Bons pada hari Jumat kemarin, 04-12-2015 bertanya langsung pada petugas di lapangan yang sedang melakukan penertiban, bahwa untuk tahap awal ini, khususnya di daerah “boleh jadi selain di Jakarta” bahwa fokus utaman penilangan atas modifikasi motor yang bisa berujung pada denda maksimal 24 juta, atau penilangan modif adalah yang sangat urgent bisa merubah fungsi motor mulai dari ban cungkring, merubah CC, power, knalpot, mika belakang putih dan sebagainya.

Nah masih menurut pak petugas ini, untuk motor box selama masih tidak mengganggu pengguna jalan lain dan berkendaranya juga tidak membahayakan pengendara lain sementara ini tidak menjadi prioritas untuk ditilang.

So bagaimana menurut agan sekalian?

52 komentar pada “Pengguna Box Saat Motor Diberhentiin Mau Ditilang, Kena 24 Juta kah? Yuk Diskusiin!

  • kl org umum msang box dilarang tp spda motor polisi smua pake box….trus gmn bang?????

    Balas
  • Sangat tidak setuju kalo pengguna box mesti ditilang. Penggunaan box itu fungsional, bermanfaaat. Kalo bawa bawaan banyak salah cara paling simpel dan amannya yaa pake box. Daripada bawaan diiket sana sini di jok belakang, yang bisa beresiko tali nyangkut ke roda atau malah bawaannya jatoh di jalan dan membahayakan pengguna jalan lain.

    Kalo mau tilang sekalian aja tilang semua motor delivery yang pake box, dan motor polisi juga ada kan yang pake box.

    sorry agak emosi, ane kadang pake box soalnya :v

    _____________
    hal yang sebaiknya dilakukan setelah pasang box:
    https://daivangelion.wordpress.com/2014/05/11/re-set-center-of-gravity-motor-setelah-pasang-box/

    Balas
  • kasihan orang berpendidikan ga paham hukum. eh pas keluar negeri malah paham itu hukum harus ditaati. sistem bagus akhirnya dirusak oleh orang berpendidikan. sekokahnya ga ngajarin soal hukum mungkin. intinya ikut saja aturan main. anggap hidup di singapur lah.

    Balas
  • lek obrok piye mbah?
    kadang membahayakan diri sendiri

    Balas
  • Aturan koplak. Paling cuma buat alesan polisi nilang kalo motor yang pake box ngelanggar aturan teknis kendaraan gara” lebar/panjang motor jadi bertambah. Lebih bahaya mana, nyimpen helm didalem box belakang ato dicantelin disamping motor/disiku pengendara?

    Balas
    • ente koplak. siapa melarang. cuman kalo cara memperoleh box nya ga sesuai bisa kena sanksi.

      Balas
  • Klo motor pake box dianggap dimodif & ditilang, pertanyaannya:
    – gimana motor polisi (biasanya bebek) yg pake box?
    – gimana motor PHD, lazada dsb yg pake box gede buat anter2 barang?
    – gimana moge2yg jg pake box?
    – gimana mobil yg pake roofbox, apakah jg dianggap di modif?

    Balas
  • Gw setuju. Sebagai sesama rider gw merasa terganggu banget dengan tambahan box dibelakang motor. Klo ngiri ama PHD ato kurir yg laen, ya dibikin aja boxnya diatas jok boncenger, jangan tambah bracket ke belakang…

    Balas
    • sebenernya ada pasal yang melarang naruh muatan loh gan. jadi tetap harus ikut aturan. kalau pusing liat pasal ya liat aja kata polisi secara umum bolehnya gimana. gitu aja kok repot ya.

      Balas
  • klo dilarang pakai box, saya yakin pengguna motor bakal menggunakan cara lain untuk membawa barang di motornya (*tas, plastik, karung, dll) dan hal ini lbh membahayakan lagi, pikir mrk pasti yg penting bkn box dan aman dari tilang. Rear box carrier saya rasa lebih recommended daripada bawa barang spt kala orang2 pulang kampung saat lebaran, yang pengalaman pasti tau seberapa bnyk barang bawaan mrk.

    Balas
  • Gmna dengan tukang krupuk yg pke box sampe gx kliatan org d blkang’a dr spion,,gmna dengan tukang sayur,,gmna dengan jasa ekspedisi sepeda motor??gmna dengan sales” sepeda motor ??
    Box itu aksesoris pelengkap untuk membawa perlengkapan berkendara,,seperti jas hujan,helm penumpang,,toolset/kunci” saat motor mogok

    Balas
  • Ahmad Febriyanto

    bila memang semua ada perijinan dari kepolisian atas dasar alasan TNKB coba fikir secara logika?
    tercantum di TNKB gua Motor gua pake Bahan bakar BENSIN tapi gua belinya PERTAMAX apa gua harus rubah TNKB gua ?
    masalah BOX emang ada ya di TNKB MOTOR NON BOX dan MOTOR BERBOX,
    Apalagi HAND GUARD itu pinting untuk pelindung tangan apa itu juga di permasalahkan -_-
    kebanyakan RIDER malah mengganti ban dengan ban yg lebih safety seperti motor yamaha mio soul bannya beda ukuran besarnya sama honda, malah kebanyakan RIDER mengganti ban yg lebih besar agar lebih nyaman berkendara.
    Banyak orang yg dulunya sering memodifikasi motornya yg tak layak atau pun tak safety, dan sekarang berubah lebih suka menjadi RIDER yg ingin selalu safety agar bisa berkendara keluar kota maupun di dalam kota dengan nyaman tanpa kena tilang, tapi sekarang malah aturan makin banyak!! bukannya menentang aturan toh itu juga hak dari petugas, tapi ya tolong lihat orang yg berusaha safety di jalan raya.

    Balas
  • mantap…. tilang aja motor yg aneh2… biar gk jd msalah d negeri ini.. terutama di jalan raya

    Balas
  • Dian Mas Putra

    anjir…
    bebek busuk gue pake premium, TNKBnya musti pake pertamax… besok lapor ke SAMSAT ah, mau ganti TNKBnya biar bisa pake premium… repot kalo ditilang 24juta

    Balas
  • Mekanisme yg benar itu seperti apa bang ?

    Semua itukan sbenarnya trgantung dari si Pengguna kendaraan bermotor dan cara mengendarai kendaraannya, bukan dari aksesoris kendaraannya. Kalo kendaraannya ber Cc rendah ataupun kendaraannya biasa” saja tapi kalo si Pengendaranya ga tau Peraturan Lalin dan Ugal”an, tetap ajakn trjadi hal” yg ga diinginkan.

    Balas
  • Mekanisme yg benar itu seperti apa bang ?

    Semua itukan sbenarnya trgantung dari si Pengguna kendaraan bermotor dan cara mengendarai kendaraannya, bukan dari aksesoris kendaraannya. Kalo kendaraannya ber Cc rendah ataupun kendaraannya biasa” saja tapi kalo si Pengendaranya ga tau Peraturan Lalin dan Ugal”an, tetap ajakn trjadi hal” yg ga diinginkan.

    Balas
  • mengapa disini masalah box rame kali ya bahasnya. sedangkan dimalaysia rata2 sepeda motor nya pakai box baik bikers atau masyarakat umum. yang penting kesadaran SDM saja menggunakan box nya utk kepentingan apa dan tidak membahayakan pengendara lain. tidak perlu lah main tilang2, tp sosialisasikan mana yg baik dan tidak

    Balas
  • Sabtu tanggal 12 Desember 2015 jam 04:30 WIB saya kena tilang di simpang gadog Kota Bogor dikarenakan Box, anehnya saya minta sidang tapi di sidang di kota cianjur padahal saya kena tilang di wilayah kota Bogor,, akhirnya saya ditilang di tempat dan diharuskan membayar sebesar 300.000 rupiah dan tidak dikasih surat penilangan, kondisinya tidak sedang dalam razia rutin, oknum Polantas hanya sendirian, aneh kan ?? Yang terhormat Bapak/ Ibu Polisi mohon ditindak setiap oknum Polantas yang bertindak tidak sepatutnya, sehingga kepercayaan kami ke Kepolisian tidak semakin menurun,, hormat kami, terima kasih

    Balas
  • Rido Arianggoro

    Cuma pengen sharing pengalaman aja, pernah saya ke polsek di Surabaya terus pas parkir sepeda berhubung gang tempat parkirnya sempit (papasan aja nggak bisa) ada motor sport yang pake box di belakang panjang banget ngelebihi barisan deret motor menjorok ke gang yang buat lewat kira2 40 sentian. Alhasil ngelewati buntut motor itu harus miring2in stang gitu. Coba kalo yg lewat orang banyak…

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Onwin , Onwin Giriş onwin

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. Website Giriş için Tıklayın. Starzbet

    Balas
  • I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın. Starzbet

    Balas
  • Good info. Lucky me I reach on your website by accident, I bookmarked it. Website Giriş için Tıklayın. Starzbet

    Balas
  • Thank you for content. Area rugs and online home decor store. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.