Harley Davidson Cabut dari Indonesia | Bonsaibiker

Harley Davidson Cabut dari Indonesia

HD 1

HD 1

Agen pemegang merek Harley-Davidson (H-D), PT. Mabua Harley-Davidson (MHD) memutuskan cabut dari Indonesia gan, gak jualan lagi. Penghentian keagenan  H-D telah dilakukan sejak 31 Desember 2015 dengan Alasan iklim usaha yang tidak lagi kondusif dalam beberapa tahun terakhir. Pemicu utama lainnya adalah empat kebijakan pemerintah yang menurut mereka menghambat bisnis moge, khususnya H-D. Yang paling menohok adalah kenaikan bea tarif masuk motor besar dari yang semula 30% menjadi 40%.

Menurut ulasan dapurpacu  pajak impor moge yang mencapai hampir 300%, belum termasuk bea balik nama, sungguh memberatkan. Efeknya pasar lesu dan niat beli konsumen turun. Di sisi lain nilai tukar dollar AS terhadap rupiah makin tinggi.

Beberapa rumor mengatakan boleh jadi ini sebagai strategi merubah wujud agen gan, entah dalam wujud apa mungkin sedang disusun agar bisa lebih bersahabat dengan kondisi real Indonesia. Masalahnya pengguna dan penggemar HD di Indonesia tergolong banyak. Mustahil ditinggal begitu saja. Ya kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Advertisements
%d bloggers like this: