Plat Nomor Polisi Ini Menuai Pro Kontra Di Dunia Maya

Plat-Nomor-Polisi-Ini-Menuai-Pro-Kontra-di-duni-Maya
Plat Nomor Polisi Ini Menuai Pro Kontra

Plat Nomor Polisi Ini Menuai Pro Kontra Di Dunia Maya. Setelah akun Agoes Badz menguploadnya ke dunia maya, kemudian diikuiti oleh media mainstrim dan juga blogger ikutan membahas. Topik inipun menjadi viral di dunia maya. Nampaknya oknum polisi ini  memodifikasi plat nomornya. Dimana aslinya kalau tidak salaj terlihat sebagai R 4114 SU. Tapi mungkin ia menghilangkan angka 1 yang kedua sehingga plat nomornya menjadi R 41 4 SU. Nah pola ini oleh bahasa alay bisa diterjemahkan dengan bahasa kasar yakni RAI ASU atau dalam bahasa Indonesia berarti (maaf lagi) ‘muka anjing’. Wah, betulkan? Alamak!Kalau dilihat dari ranah hukum, jelas kalau memang benar polisi ini sengaja memodifikasi seperti di atas. Maka Plat Nomor Polisi Ini Menuai Pro Kontra. Satu sisi bahwa polisi sedang gencar menghimbau bahwa polisi dilarang memodif plat nomor kendaraan. Lihat saja pasal 68 UU No 22 Tahun 1999 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Bahwa  kendaraan bermotor wajib memakai tanda nomor kendaraan bermotor yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan. Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 280 UU yang sama, yakni denda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan 2 bulan.
Bunyi pasalnya adalah

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (Lima ratus ribu rupiah)”.

Di sisi lain ya kabar ini baru beredar begitu saja, belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai hal ini dari polisi atau pihak terkait. Kita belum bisa memastikan apakah plat nomor itu seperti itu adanya atau editan, atau ada faktor lain, sehingga ya berikir husnuzon aja gan kita tunggu berita selanjutnya. Biasanya yang begini ini akan ada klarifikasi dari pihak kepolisian.

Advertisements
Advertisements

3 Comments

  1. Baru baca postingan ini.. itu baru sebagian aja.. ane asli banjarnegara.. banyak plat nomor yang dipake polisi dan di plesetkan jd kata alay.. R 474 5EX. R 454 PL.. dsb.. polantasnya jg maaf rata” brengsek..

1 Trackback / Pingback

  1. Plat Nomor Polisi Ini Menuai Pro Kontra Di Dunia Maya - INDOMOTONEWS

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin