R15 dan R 25 USD Isu, Bocoran, Propokasi, atau Harapan?

R15-dan-R-25-USD-Isu

R15 dan R 25 USD Isu

R15 dan R 25 USD isu, bocoran, propokasi, atau harapan? Lama sudah isu berkembang tentang R 15 yang bakal hadir dengan Shock depan USD. Setelah sekian lama berkembang, lalu muncul pula isu R 25 yang bakal menggunakan shock depan USD. So, dari isu ini banyak sekali pertanyaan yang muncul. Darimanakah isu ini bermula? Dari bocorankah? Dari angan-angan mediakah? Dari harapan penggemarkah? Atau dari yang lainnya?

Gaya Selfie Cewek Ini Unik

Efek Sebuah Isu

Adanya sebuah isu, kalau mau jujur pasti berefek pada yang diisukan, bisa positif, bisa negatif. Misalkan R 15 dan R 15 diisukan bakal menggunakan shock depan USD, maka pasti berefek pada dua motor ini. efek positifnya motor ini pasti bakal lebih tenar, Apalagi sudah masuk ke bahasan media atau blogger, pasti merekbbet ke sosmed, bakal menghiasi relung-relung fb, twitter hingga whatsapp. Dua kata saja gan, “nambah tenar”!

Pengaruh negatifnya umunya adalah berujung pada penjualan. Ya, sebuah produk yang mau di facelift, kemudian agenda facelift sudah terendus dan dipublikasikan media, maka penjualan yakin bakal turun, dimana para pembeli menahan diri dulu menunggu versi baru. Ini sudah hal yang lumrah gan.

Contoh saja misalkan Satria FU dirumorkan bakal hadir versi Injeksi, penjualanpun turun, bahkan di detik-detik menjelang akan launch injeksi, sebulan motor ini hanya laku 2000-an unit, padhal biasanya bisa 2 atau 3 kali lipat.

Nah, celakanya bagi pabrikan adalah apabila diisukan akan facelift, diisukan mau ganti ini-itu, pke ini-itu, lalu ternyata faceliftnya masih lama, wehehehe ngalamat deh gan, bakal tersendat penjualannya. Ya, meski rumor facelift bukan satu-satunya faktoryang menurunkan penjualan, tapi hal ini bisa lumayan lho gan efeknya.

Dari Manakah Isu berasal

Isu memang bisa berasal dari banyak sumber, mulai dari media, khususnya media luar yang sering jadi rujukan media lokal, macem Visordown, Young machine, hingga medi-media India yang sering menebar isu dan spy shot sebuah produk baru.

Selain itu isu juga bisa berasal dar pembaca atau penggemar otomotif yang bikin rekaan harapan. Masih ingatkah dengan gambar di bawah ini? Isu tentang akan hadirnya R 15 DOHC?

r15-dohc-3

r15-dohc

Ya, gambar ini kabarnya adalah rekaan dari seorang penggemar otomotif, lalu diupload di FB, lalu ramai dibahas di berbagai blog.Isunya ya itu bakal muncul R 15 DOHC, wew, begitu membahana isu yang ini gan.

Ada pula isu berasal dari orang dalam yang entah sdar-atau tidak sadar membocorkan sebuah produk baru ata facelift sebuah motor. Kalau ini biasanya valid gan, hanyasaja sering info dari rang dalam hanya bertahan beberapa hari sebelum ditarik oleh pabrikan terkait.

Nah, valid ngaknya isu, ya tergantung lah. R15 dan R 25 USD isu, bocoran, propokasi, atau harapan? Seperti tertulis di atas, kalau yang mengisukan orang dalam biasanya valid, kalau yang ngisuin media, hehehe jangan berharap terlalu banyak gan, masih 50-50 gan, bisa ya, bisa tidak. Kalau James Bons pribadi seringa mengamati isu yang diumbar youngmachine sering benar gan, walau kadang ada melesetnya. Sebaliknya isu yang diumbar media India, misalnya terkait R 15 sering tidak akurat. Misal satu contoh kasus dari sebelum R 15 di Indonesia nongol, sudah ada isu R 15 versi 2.0 atau 3.0, tapi faktanya hingga kini belum ada facelift r 15, keculali perubahan warna saja di India.

Apa sikap Pabrikan?

Menanggapi sebuah isu, baik itu tentang facelift, atau kemunculan produk baru, atau sebuah spy shot, jelas pabrikan akan mengambil rekasi sesuai kebutuhan. Ada yang marah-marah lewat salah satu personelnya, ada yang langsung beraksi menghubungi media untuk menarik artikelnya misalnya karena masih rahasia, ada juga rumornya PHK dengan karyawan yang bocorin produk. Ya macam-macam gan. Nampaknya tergantung kebutuhan dan seberapa besar efek yang ditimblkan sebuah isu.

Pada Akhirnya

Ya, jangan banyak berharap dulu pada sebuah isu, nanti bisa sakit hati gan! Misal saja tentang isu tiger 250, itu sudah ada sejak tahun 2007, tapi hingga kini belum sedikitpun nongol wujudnya. Lalu isu tentang CBR 4 silinder sudah nongol sejak 2 tahun lalu, tapi hingga kini belum nampak batang knalpotnya.

So, sama juga isu R 15 dan R 25 USD, meskipun itu sangat mungkin dan gampang sekali tinggal aplikasi dari Xabre punya, tapi yang jangan berharap banyak dulu. Wong isunya Yamaha gak bakal ngeluarin lagi sport untuk tahun ini, berarti pun kalau ada motor yamaha pake USD musti tahun depan gan. Isu lawan isu, hahha.

So, woles dulu!

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Motor baru and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to R15 dan R 25 USD Isu, Bocoran, Propokasi, atau Harapan?

  1. Kang ari says:

    gara2 isu begini nich…

  2. danu adji says:

    selalu woles min hihihi kunjungan balik min
    a href=”http://danuadji.com/nissan-x-trail-mobil-suv-tangguh-dan-sporty-terbaik/”>Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.