Sebenarnya Kehilangan Kendaraan Lapor Polisi Bayar Gak Sih?

Sebenarnya-Kehilangan-Kendaraan-Lapor-Polisi-Bayar-Gak-Sih

Sebenarnya Kehilangan Kendaraan Lapor Polisi Bayar Gak Sih

Sebenarnya Kehilangan Kendaraan Lapor Polisi Bayar Gak Sih? Pertanyaan ini sebenarnnya nylekit kalau disampaikan, tapi kalau tidak ditanyakan kok jadi simpang siur ya. Betapa tidak banyak yang bilang kalau kendaraan kita hilang baik motor ataupun mobil lalu lapor ke polisi harus pake duit alias bayar sejumlah uang kemudian baru laporannya diproses dan ada tindak lanjut. Nah kalau gak ada uang, ya laporannya mengendap begitu saja, paling berkasnya dimaukin gudang. Nah menurut sebagian lagi koka bilang gak usah ada uang, asal laporan lengkap bakal ada tindakan lebih lanjut. Nah yang bener yang mana ya? Apa tergantung poli dan kantor polisi mana, atau gimana?

Ini Kalau Lewat Cirebon Ditilang Berapa Ya

Yup, aseli gan hal ini menjadi perdebatan sengit di dunia maya karena jelas ada pengakuan yang berbeda-beda.

Kalau James Bons sendiri menjumpai kasus ini pada kakak ipar yang kehilangan Avanzanya pas diparkir di depan rumahnya tiba-tiba raib tanpa bekas di daerah Cilangkap Jaktim. Nah kemudian kakak ini lapor polisi. Selang berapa hari kemudian polisi berhasil menemukan mobil yang hilang tersebut beserta sekaligus meringkus pelakunya.

Mobilnya memang agak lama baru bisa diambil dari kepolisian, karena memang harus melalui sidang terdakwa yakni si pencuri, dimana mobil tersebut haru dihadirkan ketika sidang karena sebagai barang bukti, makanya kakak belum bisa mengambil mobil hingga sidang usai. Nah ketika sidang usai mobilpun bisa diambil. Dan jelasnya, baik ketika laporan ataupun pengambilan dia tidak bayar samasekali.

Lain dengan kakak, lain pula dengan rekan kerja James Bons, waktu itu beliau ini sebagai Dekan, kehilangan mobil dinas Avanzanya yang berpelat merah. Memang beliau ini langsung lapor ke polisi begitu mobil dinasnya hilang. Setelah lapor, yawis wassalam, tak ada jawabana alias belum ketemu hingga sekarang padahal sudah 2 tahun.

Di lain pihak ada seorang netizen yang menuturkan panjang lebar, ketika lapor polisi harus bayar dulu, lalu penuhi prosedur yang ini dan itu yang rumit dan bikin keder.

Di bawah ini adalah yang musti dibawa saat lapor gan!

Data Motor yang hilang
1. Merk & Type
2. Warna
3. Tahun Pembuatan
4. Nomor Polisi
5. Nama STNK
6. Nomor Rangka Nomor Mesin

Data Pelapor:
Data ini akan digunakan untuk proses pengembalian bila motor telah ditemukan

1. Nama
2. Alamat
3. Nomor HP/ Rumah/ Kantor

Mengenai kejadian kehilangan:
Mohon diceritakan bagaimana kronologis hilangnya motor tsb

Menurut Sertu Kodiran saat di temui di loket Sentra Pelayanan Kepolisian(SPK) Polres Jakarta Barat ngutip dari kompas pada 25/2/2015 syarat-syarat untuk mengurus surat kehilangan kendaraan bermotor berkas yang harus di bawa yakni STNK, kunci kontak kendaraan yang hilang, dan surat keterangan dari leasing jika kendaraan tersebut masih dalam kondisi kredit. Nah untuk mengurus kendaraan yang hilang harus diurus sendiri oleh pemilik kendaraan. Selain itu, korban kehilangan harus membuat laporan di kantor polisi daerah TKP terjadi. Cara tidak berbeda jika mengurus kendaraan yang dibegal. Tentunya dengan memenuhi syarat-syarat khususnya.

Nah, bagaimana menurut agan sekalian tanggapannya tentang hal ini, bayar atau tidak? Monggo dishare pengalamannya!

 

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Sebenarnya Kehilangan Kendaraan Lapor Polisi Bayar Gak Sih?

  1. pinturicchio says:

    pengalaman ane pas motor jupe ane dipake ade ane trs itu motor d bawa kabur ditipu temen nya pas laporan sih ga bayar gan
    trs kebetulan selang berapa lama ga sengaja ane sma ade ane ktmu sma penipu itu d jalan trs ketangkep dah d bawa k kantor polisi karena motor ane katanya udh d jual k luar kota sma s penipu td ane d suruh bayar sma pakpol brp aja katanya buat ongkos k luar kota trs ane bayar dah beberapa ratus ribu soalnya ga mau ribet jg kan eh tp nyampe skrg udh 3 taun motor ane ga ktmu jg gan duit ane jg entah kmn tuh..

  2. momogi says:

    saya pernah lapor mobil xenia saya yang digelapkan oknum polisi
    ya! saya harus bayar 10jt untuk prosesnya dan pelaku belom ditangkap sampai sekarang
    lapor propam hanya akan membuat polisi malas mengurus kasus. Tidak ada gunanya lapor ke propam

  3. goozir says:

    klo dijakarta mungkin cepet dan transparan kan harus profesional karena sebagai spion. nah kalau di daerah mungkin ada segelintir oknum yang memanfaatkan kesusahan orang. hanya opini

    kembali lagi MT-07 Tenere motor apa ya? >>goozir.com

  4. Pingback: Sebenarnya Kehilangan Kendaraan Lapor Polisi Bayar Gak Sih? - INDOMOTONEWS

  5. Vespa Ijo Rider says:

    kata tabloid oto-otoan jaman dulu banget…

    ngurus keilangan gitu sich aslinya gak mbayar…

    udah tugas polisi koq ngeringkus bandit2 curanmor..
    CUMAAAA… kalo udah ketemu kendaraannya.. yaaa sebisa mungkin ada “uang kebijaksaan alias uang terima kasih” lah buat ngambil tuch bo’il…
    istilah kata.. entu prajurit polisi udah susah payah terjun kelapangan nyariin kendaraan ente dengan keringat, darah dan air mata… ya gak tega juga khannn…

    mending berdo’a aja..sukur2 polisinya bisa dapet “jackpot” alias sekali gebuk dapet puluhan kendaraan hasil curian..en sukur2 pula ketemu kendaraan yang dicari..

    ciaoo..!!

  6. ms says:

    avanza yg ilang di CILANGKAP wajar kalo cepet ketemu,

  7. Ardiantoyugo says:

    Jangan sampe lah…

    Siomay Kang Ujang Jogja: http://wp.me/p1eQhG-1El

  8. edi says:

    harus bayar om sebagai uang transportasi ngejar itu maling katanya

  9. Arul says:

    sekarang gw lagi kena begal nih gmana???
    solusinya

    • emby says:

      gan tolong infonya ..
      ane bingung nih gan .. ane sbis kena tipu ama tmn ane gan .. bilangnya sih mao minjem sebentar , nganterin tmnnya ..
      eh tw twnya udh 3hari gk ada kabar tuh motor .. ane cari kebagiannye katenye gk ada yg tw dy ada dmne ??

      tolong banget gan sarannya ..
      gimana ya cara ngelaporinnya .. soalnya ntuh motor bkn motor ane gan , motor abang ane gan..

      #thanxz gan..

  10. yeni says:

    pacarku kmrn juga kena tipu..motornya dibawa lari sm temennya..baru kenal satu bulan itu tersangka pintar modus,serung ngajak makan bareng..ternyaata dibalik sikapnya yang manis itu,sitersangka udah ada rencana bwa kabur motor..kasian pacarku,kerja banting tulang 4 taun buat beli tuh motor..malahh jd gini..

Leave a Reply

Your email address will not be published.