AHM Kembangkan Hutan Sekolah di SMA

AHM-Kembangkan-Hutan-Sekolah-di-SMA
AHM Kembangkan Hutan Sekolah di SMA

AHM Kembangkan Hutan Sekolah di SMA yakni untuk melakukan perluasan daerah resapan air di Jakarta tepatnya di sekolah di SMAN 110 Jakarta.  AHM dalam kegiatan ini berusaha untuk mendorong generasi muda agar meningkatkan kepedulian terhadap kawasan hijau dan lingkungan. ‎Hutan sekolah seluas 1.200 meter persegi ditandai dengan penanaman sekitar 18 jenis pohon langka oleh lebih dari 100 siswa sekolah dan jajaran guru SMA Negeri 110 Jakarta maupun perwakilan 12 sekolah binaan AHM di wilayah Jakarta Utara yang tergabung dalam Program Sekolah Satu Hati. Kegiatan ini dilakukan AHM dan sekolah binaan bekerja sama dengan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara pada Selasa (27/4). Adapun jenis pohon langka diantaranya Mundung, Duku, Sentul, Manggis, Sirsak, Kepel, Durian, Jamblang, Kenitu, Lobi-Lobi, Matoa, Nam-Nam, Gandaria, Rukem, Buni, Sawo Apel, Durian Lay, hingga Mangga Kweni. Selain kegiatan di atas AHM juga mengajak para pelajar untuk membangun jalur inspeksi dalam hutan untuk memudahkan observasi siswa dan mendonasikan mesin pencacah bahan organik .

Jalur inspeksi setinggi 30 cm dari dasar tanah ini digunakan untuk memudahkan para siswa mengenal, mengamati, menganalisa, hingga mengolah data terkait keanekaragaman hayati yang ada di dalam hutan. AHM dalam kegiatanan ini mendonasikan mesin pencacah sampah organik yang bermanfaat bagi para siswa untuk mengolah dedaunan kering dari hutan menjadi material pembuatan pupuk kompos. Mesin pencacah ini tidak hanya diutilisasi di Hutan Kota SMA Negeri 110 Jakarta namun juga bisa digunakan sebagai media pelatihan dan pembuatan pupuk kompos di sekolah-sekolah binaan AHM lainnya.

 

Gerakan Sekolah Kelola Sampah

Selain itu AHM juga memberikan kesempatan para siswa dari 12 sekolah binaannya untukmelakukan eksibisi hasil pengelolaan sampahnya. Kegiatan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari pelatihan Gerakan Sekolah Kelola Sampah yang sudah diadakan sebelumnya di SMA Negeri 80, Jakarta (30/3). Tujuannya membangun kesadaran siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah hingga memicu kreatifitasdalam mencari ragam bentuk pengelolaan sampah yang unik namun tetap bermanfaat.

Para siswa Sahabat Satu Hati tersebut berasal dari SMAN 13 Jakarta, SMAN 18 Jakarta, SMAN 40 Jakarta, SMAN 41 Jakarta, SMAN 52 Jakarta, SMAN 72 Jakarta, SMAN 75 Jakarta, SMAN 80 Jakarta, SMAN 110 Jakarta, SMAN 115 Jakarta, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta.

 

 

Advertisements
About Bonsai Biker 5774 Articles
Pecinta bonsai dan otomotif

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.