Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang Satu setengah Juta, Kontroversi!

Penumpang-Belakang-Tak-Pakai-Sabuk-Kena-Tilang-Satu-setengah-Juta
Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang Satu setengah Juta, ilustrasi

Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang satu setengah Juta! Media menyebut peristiwa ini sebagai aksi pemerasan, dimana mobil asal Aceh menurut Atjehcyber diperas di perbatasan Aceh – Sumatera Utara. Dan kebetulan yang kena adalah crew Atjeh Cyber Media yang hendak melakukan perjalanan menuju kota Medan, Sumatera Utara, Senin (6/4/2016). Ketika itu mobil ini melintasi kawasan Langkat, Sumatera Utara, kemudian dikejar oleh mobil patroli ‘High Way’ milik Polres Langkat. Mobilpun menepi dan menunjukkan surat-surat kendaraan yang memang lengkap. Namun ada seorang anak kecil yang duduk di bangku belakang dan tanpa memakai sabuk pengaman. Akhrinya polisi mau menilang.

Polisipun langsung menulis surat tilang dengan denda sebesar Rp. 1,5 juta. Kemudian wartawan Atjeh Cyber Media protes:

” ….wajib ya Pak, penumpang belakang harus memakai sabuk pengaman? bukannya hanya diwajibkan bagi yang duduk di kursi depan saja?”,

Lalu polisi menjawab:

“Iya Pak, wajib”

Ahmed Feiruzi, wartawan Atjeh Cyber Media kembali berbicara secara lantang”

“Kenapa gak bapak stop aja semua Bus yang lewat, terus bapak lihat penumpang bus, apakah mereka ada yang pakai sabuk pengaman?”

Sambil menuju kantor, polisi Polres Langkat itu bicara:

“Ya sudah pak, kita selesaikan disini saja, Bapak cukup membayar Rp. 1 juta saja”

Kabarnya penilangan mobil asal Aceh yang melintasi perbatasan Aceh-Sumatera Uatara sering terjadi, padahal aturannya kan tidak wajib. Berikut petikan bunyi UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Pasal 106 ayat 6:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan,”

Nah bijimana menurut agan sekalian?

 

 

16 Comments

  1. klo gak kenal sma pak pol di prbtsan emg agak gmn gtu. apalagi dari aceh tujuan medan, tau sndri lah polisinya curigaan sm plat aceh yg mau k medan.di setiap pos langsung di periksa. lain halnya jika dri medan masuk aceh wah pak pol ny wellcome bgt.jelas tujuannya baik untuk meminimalisir masuk ny barang terlarang k medan.itu sudah ad prosedur ny dan pak pol gak blh asal tindak sprti kjdian di atas.terus semangat buat pak polisi yg mnjalankan tugas di perbatasan …

  2. ngeri ya dendanya.. sy juga pernah kena masalah sabuk penumpang belakang waktu di lampung tapi dendanya cuman 100rb

  3. disitu kan dituliskan dalam undang2nya setiap orang yg mengemudikan dan disampingnya..tapi yg dibelakangnya koq gak dikatakan..

  4. disitu kan dituliskan dalam undang2nya setiap orang yg mengemudikan dan disampingnya..tapi yg dibelakangnya koq gak dikatakan..

  5. Klo melewati Wilayah Polres Langkat pasti setiap hari ada Razia, baik resmi atau tidak. Kayaknya mereka kurang kerjaan, jadi ya razia melulu… Klo mengenai sabuk belakang dah benar aturannya yg Wajib Pakai Pengemudi dan Penumpang Disampingnya Pengemudi Wajib Menggunakan Sabuk Keselamatan… Pokoknya klo BL ke Medan kayak keluar negeri lah, semua diperiksa, tutup pentil pun harus ada…

  6. Dlu sering kemedan sering jga jumpa sma polisi yg lg razia,, tpi karna semua lengkap yda mereka cma minta rokok sebatang,, rokok sebatang pun jdi yg penting rokok dari Aceh.. Wkwkwkwkwk…

  7. Kalo diliat dari UU nya,cuma penumpang yg duduk di samping pengendara aja yg wajib pake sabuk pengaman.sampe bayar 1 juta di tempat mah,namanya pemerasan.copot baju aja trus ajak gelut !

  8. Banyak oknum polisi nakal di daerah perbatasan ataupun luar kota, saya juga punya pengalaman ditanya tentang pemakaian sabuk pengaman penumpang di bagian tengah, kemudian ditanya sampai ke kotak p3k dan segitiga pengaman.

  9. Kalo menurut saya pribadi ya, penggunaan sabuk pengaman itu penting, baik bagi pengemudi maupun penumpang yg ada di samping pengemudi ataupun bagian belakang.. memang tdk wajib tapi utk keselamatan diri sendiri apa sulitnya? toh tinggal menancapkan saja.. karna di dlm uu yg diwajibkan hanya pengemudi dan penumpang disamping nya, baiknya pak pulisi ini menjelaskan kepada pengemudi ttg fungsi sabuk pengaman itu sndiri, dg sabuk pengaman bisa memperkecil resiko jika terjadi kecelakaan, bukannya main tembak 1.5jt gitu (x.x)

  10. Nggak usah ribet2, percuma diomongin disini …laporin aja siapa orgnya ke Polda/Polres setempat boss….lagian anda klo crita yg lengkap…nama polisinya siapa….biar terselesaikan boss…bukan cuman mancing coment aja boosss buang2 waktu & bikin mslh baru

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang Satu setengah Juta, Kontroversi! - INDOMOTONEWS
  2. Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang Satu setengah Juta, Kontroversi! - INDOMOTONEWS

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan