Bredar di Wa Acara Apel Akabar Kebangkitan PKI, Benarkah Atau Hanya Memanfaatkan Momen Demo Buruh?

Bredar-di-Wa-Acara-Apel-Akabar-Kebangkitan-PKI
Bredar di Wa Acara Apel Akabar Kebangkitan PKI

Bredar di Wa Acara Apel Akabar Kebangkitan PKI, seperti nampak dalam foto di atas, ada sekumpulan besar orang yang salah satunya di foto memakai atribut Palu Arit yang merupakan lambang PKI terlihat seperti sedang melakukan apel akbar. Entah di mana lokasinya acara ini James Bons kurang tahu persis. Ada yag bilang ini adalah kegiatan kader PKI banyuwangi selesai apel akbar untuk persiapan untuk kekuatan pada 9 Mei mendatang. Ya, wallahu a’am gan, ini entah kader PKI atau mungkin keluara dan simpatisan yang merasa tersingkirkan dari masyarakat akibat kebijakan politik yang tak mendukung. Ataupun juga bisa jadi hanya stu orang yang nylonong di demo buruh, lalu pake seragam merah, memanfaatkan situasi, lalu dipoto menggunakan atribut PKI, padahal yang lain tidak, untuk memberikan efek atau rumor tertentu.

simpatisan-pki
simpatisan-pki

Gambar-gambar ini beredar secara viral di WA, dan menjadi buah bibir. Berikut ini salah satu pesan yang bergulir di wa:

“Kita perlu cernmat membaca isu2 sensitif spt ini. Bisa jd ini permainan kelompok2 terorganisir. Bisa jg ini pengalihan isu. Bisa jg ini upaya untuk mengadu domba agar meletus konflik horizontal. Konon gambar2 palu arit itu yg nyebar adl tentara. Inget, di dlm tubuh tentara jg terpecah soal isu PKI. Ada yg pro rekonsiliasi, n memandang bhw isu 65 hrs diselesaikan, spt Agus Widjoyo, dll. Tp sebagian lain msh memandang isu 65 adl bahaya laten yg mengancam. Kmrn santer muncul penolakan GP Ansor n NU thd HTI, eh skrg muncul isu palu arit. Sangat mgkn ini dikelola oleh kelompok2 kepentingan terorganisir. Perlu kecermatsn tinggi membaca n menyikapi isu 65, n isu lain yg sejenis.
Ya, kalau ditelaah, memang yang memakai baju atribut Palu Arit cuman satu orang, pun dengan  dibawahnya tertulis viet Nam, kalau gak salah. Entah itu memang dia sengaja mengangkat isu komunis, atau iseng saja pake kaus Palu Arit Vietnam, jelasnya itu kan simbol PKI yang dilarang Indonesia. Sementara nampaknya yang pake atribut Palu Arit cuman satu orang ini saja jadi tak bisa dikatakan ini sebagai Apel Akabar Kebangkitan PKI, wong ini sesuai update info terakhir adalah domo buruh.
Menurut akun fb Apel Oren sebagai berikut:
“Yg pke baju palu arit cuma satu orang……yg lainnya itu demo buruh
TKP di klaten….kemaren rame di grup solo. 
Sementara itu menurut akun Fb Kurniawan sebagai berikut:
Namanya Pius Ginting aktifis Walhi
 Ya, entah beneran atau pengalihan isu,, atau sekedar cari sensasi memanfaatkan suasan ya Wallahu A’lam gan. Monggo bagaimana menurut agan sekalian!
Advertisements

12 Comments

  1. itu simpatisan PKI yang manfaatin demo buruh saat mayday. yang dibelakangnya itu jelas2 KASBI (bukan PKI) dan dijaga aparat kepolisian. barisan merah itu garda terdepan KASBI dalam berdemo. cuma org yg dipoto ini manfaatin banget krn corak seragamnya sama jadi seakan2 banyak massanya.

  2. Yg palu arit cuma 1 orang yg numpang eksis om, lainnya mah organisasi buruh biasa pas demo mayday kmaren

  3. yang pake atribut PKI cuma 1 orang foto di sekumpulan orang pake baju merah…kenapa semuanya jadi PKI?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin