Kalau di Pertigaan Gini Siapa Yang Didulukan?

Kalau-di-Pertigaan-Gini-Siapa-Yang-Didulukan

Kalau di Pertigaan Gini Siapa Yang Didulukan

460x110_supragtr150_2

Kalau di Pertigaan Gini Siapa Yang Didulukan? Ya, ini sekedar diskusi riangan gan, tapi kejadiannya sering kita lihat di lapangan. Bahwa di lapangan, ketika menjumpai pertigaan yang tak ada lampu merahnya, siapa yang musti didahulukan? Hemm, kalau lihat fakta, yang didahulula biasanya di yang lebih egois, klaksonnya lebih kenceng, bleyeran gasnya lebih kenceng, lebih berani, klaksonnya lebih kenceng, dan sebagainya. Nampak di sini masih berlaku hukum rimba, siapa kuat dia menang. Kesadaran masyarakat di sini belum sampai pada sikap saling enghormati dan menghargai sesama pengguna jalan. Ya walau tak semua, tapi masih banyak yang begitu.
honda-cengkarengEfek jeleknya jelas kalau sma-sama egois dan gak mau ngalah kahirnya kecelakaanpun terjadi. Seperti foto di atas, terjadi di pertigaan, kabarnya kasus seperti itu terjadi beberapa waktu lalu di Jogja. Naha itu kan salah satu contoh saja, di tempat lain sering lho terjadi hal ini dan bahkan tak jarang berujung pada maut.

Oceh, acuannya adalah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), khususnya UU LLAJ Pasal 105, setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib. Tertib ini sehubungan dengan wajib diberikan hak utama menurut Pasal 113.

Ya, bila tak ada Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi wajib memberikan hak utama kepada:

a. Kendaraan yang datang dari arah depan dan (atau) dari arah cabang persimpangan yang lain jika hal itu dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas atau Marka Jalan,

b. Kendaraan dari jalan utama, jika pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan Jalan, (Lihat Gambar 1)

c. Kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan sebelah kiri, jika cabang persimpangan 4 (empat) atau lebih dan sama besar

 yang-didahulukan-saat-di-pertigaan-tanpa-lampu-merah

yang didahulukan saat di pertigaan tanpa lampu merah

d. Kendaraan yang datang dari arah cabang sebelah kiri di persimpangan 3 (tiga) yang tidak tegak lurus,

e. Kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan yang lurus pada persimpangan 3 (tiga) tegak lurus. (Lihat Gambar 2)

Lalu pada ayat kedua dikatakan, jika persimpangan dilengkapi dengan alat pengendali Lalu Lintas yang berbentuk bundaran, Pengemudi harus memberikan hak utama kepada Kendaraan lain yang datang dari arah kanan.

Nah, bagaimana menurut agan sekalian?

Advertisements

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Kalau di Pertigaan Gini Siapa Yang Didulukan?

  1. Mochamad Zainal Abidin says:

    Mumet Mbah gak ada ilustrasi😂😂😂😂😂

  2. joni_hack says:

    2,1,3

  3. kampret says:

    kl menurut ane sih, yg jalan lurus didahulukan, krn dia yg punya jalan. selanjtnya, yg mau masuk gang biar jalan dulu, supaya jalur utama tdk kelamaan nunggunya, mencegah macet lah, setelah yg di jalur utama clear, baru yg mau keluar gang.

    atau cara kedua, teteap yg pertama yg mau lurus, kedua yg mau keluar gang, baru deh yg mau masuk gang jalan…kl nggak salah, di persimpangan tanpa lamer, yg didahulukan yg sebelah kiri kita…tau dah ane lupa peraturan dari mana.

  4. edik says:

    2 3 1, berprinsip :
    1. lurus duluan
    2. jalan yg lebih kecil yg ngalah

  5. KoplakRaimu says:

    percuma ga ada yang baca, banyak yg baca banyak yg ga paham juga. Intinya harus ada tukang parkir atau traffic light, ada traffic light pun jarang ada yg patuh. Intinya tuh kampret!!!

  6. Pingback: Kalau di Pertigaan Gini Siapa Yang Didulukan? - INDOMOTONEWS

  7. pikolo says:

    Gambar 1: yang harus diutamakan itu mobil no 2, yang mau lurus karena dia ada di kelas jalan utama. Berikutnya no 3, soalnya dia dari jalan utama. Terakhir ya mobil no 1, soalnya dia dari kelas jalan yang non-utama & di sebelah kanannya juga ada rambu untuk ngasih prioritas kendaraan dari jalan utama.

    Gambar 2: yang pasti harus mobil B yang lebih diutamain soalnya dia ada di jalan kelas utama

Leave a Reply