Baca Berita Geng Motor Musti Cermat, Beberapa Hoax

Baca Berita Geng Motor Musti Cermat
Baca Berita Geng Motor Musti Cermat

Baca Berita Geng Motor Musti Cermat, Beberapa Hoax. Baca bertia tentang geng motor memang kita harus kritis, lalu teliti dan cermat. Kadang bebrita hoax, kadang pula beritanya benar tapi potonya salah, dimana poto lama diupload lagi untuk ilustrasi dan itu dianggap sebagai poto kejadian. Tak jarang pula kadang mebunuh a, tapi dibilang membunuh b, lalu sering juga di kota a, tapi diberitakan di kota e. Nah di sini memang kita haru memberdakan itu bner atau hoax.

Contoh kasus gan, dalam artikel di link INI tentang pelaku pembunuhan yang merupakan anggota geng motor diberitakan dia adalah pembunuh pratu galang. Dan ternya belakangan ada klarifikasi dari Polisi di link INI, bahwa bener pelaku adalah anggota geng motor dan melakukan penusukan, hanyasaja yang ditusuk bukan pratu Galang anggota Kopassus, tapi masyarakat lain yang menjadi korban keganasan geng motor. Ya beritanya mirip gan, serupa tapi dengan obyek berbeda.

Di kasus lain, misalnya seperti dalam artikel lalu ini, malam minggu kemarin diberitakan ada 2 anggota geng motor dibantai di Jabar. Nah disitu beritanya belum tahu benar atau tidak gan, hanya sajaa fotonya bisa dikatakan salah. Foto tersebut sudah dipublish setahun yang lalu. Disini James Bons kurang tahu persis maksud pemosting, apakah dia hendak menjadikan poto sebagai ilustrasi karena sudah foto lama, atau memang dia tidak tahu kalau itu adalah foto lama. Nah, cekidot saja kan ebeded berita di bawah ini:

Padahal gan fotot tersebut sudah diupload sejak Oktober 2015 lalu. Berikut embedednya:

Tuh, gambarnya sama kan! Ya, jelasnya tanpa bermaksud menyalahkan pemosting, mungkin pemosting hanya memberi ilustrasi saja, atau memang tidak tahu, ya Wallahu a’lam gan.

Nah, biasanya di warung bonsai ini selalu tertulis sumber, entah itu dari FB media, atau dari kiriman orang. Dan mencoba untuk tak lupa mengatakan, walau kadang lupa, bahwa itu baru kabar dari fb, atau apa, belum diklarifikasi oleh kepolisian. Nah, kalau dah diklarifikasi polisi biasanyadah valid gan. Makanya ketika ada kabar ramai, dan belumdiklarifikasi polisi, ya jangan percaya dulu ya gan. Biasanya kalau dahdiklarifikasi, James Bons sampaikan kok.

ya, sama-sama saling mengingatkan dan bagi info aja gan, biar gak sama-sama salah.

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Baca Berita Geng Motor Musti Cermat, Beberapa Hoax - INDOMOTONEWS

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin