Pengembangan Sociopreneurship AHM Bersama Kelompok Difabel

Pengembangan Sociopreneurship AHM Bersama Kelompok Difabel
Pengembangan Sociopreneurship AHM Bersama Kelompok Difabel

Pengembangan Sociopreneurship AHM Bersama Kelompok Difabel. Ya, PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan sociopreneurship untuk kelompok difabel melalui program Mitra Satu Hati. Program ini diimplementasikan dengan memberikan bantuan modal dan pelatihan untuk Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB), Jawa Barat yang bercita-cita dapat memproduksi kaki palsu untuk penyandang disabilitas lainnya.

Konsep sociopreneurship dalam program Mitra Satu Hati ini dikembangkan dengan mengajari KKDB mengelola sebuah usaha. Anggota KKDB yang memiliki keahlian memproduksi kaki palsu akan memanfaatkan hasil keuntungan usaha ini untuk membantu penyandang disabilitas yang ingin memiliki kaki palsu secara gratis. Manteb juga gan. Program ini diawali dengan memberikan modal awal usaha untuk KKDB senilai Rp 47 juta, ntuk sewa tempat penjualan, pembelian beras dari petani, dan pembelian perlengkapan pendukung transaksi jual beli. Dilakukan pertama kali di Bandung, Jawa Barat pada awal Juni 2016 dengan menggandeng Sinergi Foundation (SF).

Anggota KKDB mendapatkan pelatihan teknik manajerial, pengelolaan keuangan, serta teknik dasar pemasaran dan bantuan finansial atau modal usaha. Praktek wirausaha dilakukan dengan menjual beras yang diproduksi langsung petani binaan SF di Subang dan Cigalontang Tasikmalaya, Jawa Barat sehingga rantai distribusi lebih pendek dan harga jual beras menjadi lebih kompetitif.

Selanjutnya, sebagian keuntungan akan digunakan sebagai dana pembuatan kaki palsu untuk didonasikan untuk penyandang disabilitas lainnya. Setiap pasang kaki palsu yang diproduksi sendiri oleh anggota KKDB membutuhkan dana sekitar Rp 3-6 juta. Diharapkan dalam kurun 3 bulan, mereka dapat mulai menghasilkan sepasang kaki palsu secara gratis untuk penyandang difable lain.

Menurut Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin komitmen untuk membantu orang lain melalui pembuatan kaki palsu dari KKDB merupakan modal utama dalam implementasi socioenterpreunership. Makanya program Mitra Satu Hati ini diharapkan dapat menjadi jembatan yang mengantarkan mereka mewujudkan keinginannya melalui pengelolaan sebuah usaha secara profesional.

Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan