Info Mudik H Min 10 Lebaran: Jalan Lengang Masih Ada Perbaikan

Info Mudik H Min 10 Lebaran

Info Mudik H Min 10 Lebaran

460x110_supragtr150_2

Info Mudik H Min 10 Lebaran: Jalan Lengang Masih Ada Perbaikan. Yup mas bro sekalian, boleh jadi diantara mas bro seklaian ada yang mau nduluin mudik agar tidak terjebakmacet. Kan biasanya mulai ha min 4 sudah mulai macet parah. Nalau kalau itu pilihannya, nampaknya bagus gan. Karena memang menurut pantauan James Bons dalam beberapa hari ini dari Jakarta hingga jatim relatif sepi. Memang sudah ada beberapa pemudik, namun belum memacetkan jalan. Nah, yang memacetkan jalan adalah beberapa titik yang masih menjalani perbaikan.
honda-cengkareng

Berikut beberapa jalur mudik yang menjadi pengamatan James Bons:

  1. Jakarta-Cirebon

a. Via Tol

Untuk via tol sungguh lancar, khususnya Cipali gan. Yang paling diwaspadai paling ya pintu tol Cikarang, disini dijamin macet meski jam 12 malam. Aihihih, sungguh banyak yang ngantri disini gan. Jadi kalau siang anda berjubbel dengan kendaraan kecil, klau malam berjubel dengan Bus. Kalau larut malam berjubel dengan truk-truk besar.

Sekedar info saja, di pintu masuk atau keluar tol palimanan agan sekalian gak bisa ngakses, karena pitu tol ini ditutup. Jadi kalau mau masuk  atau keluar ya lewat pintu tol paling dekat yakni Plumbon.

Agan sekalia enaknya tak perlu repot-repot beberapa kali bayar tol, cukup bayar sekali dan ambil ticket. Berikutnya baru bayar setelah keluar pintu tol. Jadi kalau dari bekasi ke Brebes ya, langsung ambil  ticket bayarnya di brebes. Enak dan cepat, tinggal tantang kantongmu.

B. Via Non Tol

Untuk non tol, bagi pemotor memang masih relatif lancar. Hanyasaja perlu diwaspadai, bahwa di jalur ini banyak sekali jalan ditambal. Agan sekalian pasti akan tergoda untuk ngebut karena jalan masih lengang. Nah saat pake motor, kebut, lalu melindas jalan tambalan, bakal oling gan. Musti hati-hati.

Sementara di Cirebon masih terlihat beberapa razia, alamak. Mungkin kalau dah H-7 akan ilang razianya gan.

    2. Cirebon Brebes Timur

A. Via Tol

Tol Cirebon hingga brebes timur sudah beroperasi dengan baik gan, James Bons sudah mencoba kemarin. Masih lengang banget. Sudah ada rest area, walau masih ala kadarnya, tapi yang penting ada gan hehe. Biar gak capek, istirahat gan.

Yang perlu di waspadai adalah masih ada beberapa ruas yang belum selesai perbaikannya, sehingga jalan menyempit. Kalau gak fokus bisa nylonong ni gan. Tolnya sendiri kini sudah banyak yang diaspal dan halus, tak seperti dulu yang kasar dan rusak, plus masih baru cor-coran. Kinipun masih ada yang cor-coran, tapi tidak banyak.

B. Via Non Tol

Via non tol, belum banyak yang bisa dilaporkan gan, karena memang belum ada lonjakan jumlah kendaraan. Sementara jalan dalam kondisi baik. Ya memang ada beberapa yang tambalan, jadi harus hati-hati.

3. Tegal-Pekalongan

Dari Tegal hingga Pekalongan, agan sekalian bakal disuguhu beberapa kemacetan di beberapa titik. Baik di Tegal, di Pemalang, maupun di Pekalongan, dimana perbaikan jembatan belum usai. Nah, kalau sampai H min 4 nanti perbaikan belum juga selesai, mmm bakal macet parah ini gan. Sekarang aja, dah mulai ngantri panjang dan macet. Tapi ya jumlah jembatan yang diperbaiki tak banyak gan. Bisa dihitung dengan jari satu tangan.

4. Pekalongan-Semarang-Salatiga

Jalur ini lumayan lancar gan, nyaris semu perbaikan sudah selesai. Juga nyaris tanpa kemacetan di jalur ini. Hanya saja yang nyebelin di Tol Semarang, tak seperti tol Jakarta-Brebes Timur yang cukup hanya bayar tol sekali. Di sini harus 3 atau 4 kali bayar tol. Padahal bayarnya kecil-kecil, 2000, 2500, 7000, da 7500 untuk sampai ke Bawen dari tol Semarang Barat. Bentar-bentar bakal berhenti gan. Dan ini berpotensi menjadi kemacetan. Pasalnya kemarin aja h min 11 sudah macet di pintu masuk tol. Dan begitu keluar tol Bawen agan sekalian bakal masuk Salatiga, lewat ring road gan. Dulu ring road ini relatif sepi dan belum banyak lampu merah. Kini dah mulai rame dan banyak sekali lampu merah gan.

Untuk yang non tol ya waspadai di perlimaan Semarang, kalau dah ramai bakal macet gan. Tapi sekarang masih lancar.

5. Salatiga-Solo

Jalur ini macet gan, karena memang sudah sempit jalannya, tak selebar jlur pantura. James Bons saja kemarin dah mulai macet, apalagi ditambah arus mudik, wah bakal macet gan. Kalau mau jalur alternatif, silakan agan sekalian di terminal tingkir ambil ke timur arah sragen, lewat kacangan-Gumolong-sragen. Jalannya mayan bagus namun belok-belok dan tak terlalu besar, tapi minim lampu merah gan, jadi lebih cepat.

Sementara kalau agan sekalian lewat solo, weh, lampu merah melimpah ruah. Belum lagi kemacetan booyolali dan kota solo yang sudah biasa terjadi.

6. Solo-Ngawi-Madiun

Jalaur ini bisa dibilng angot-angota, terutama di hutan ngawi. Sering lancar, dan sering macet juga. Tergantung nasib dah.

Demikian semoga membantu.

Advertisements

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Info Mudik H Min 10 Lebaran: Jalan Lengang Masih Ada Perbaikan

  1. Pingback: Info Mudik H Min 10 Lebaran: Jalan Lengang Masih Ada Perbaikan - INDOMOTONEWS

  2. kingHD says:

    jembatan sepait pekalongan belum beres jg.h-4 kalau belum beres jg yaudah wassalam turu nang dalan

Leave a Reply