Tilang

Mulai 15 Agustus Siswa Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah Ditilang

Mulai 15 Agustus Siswa Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah Ditilang
Mulai 15 Agustus Siswa Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah Ditilang

Mulai 15 Agustus Siswa Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah Ditilang. Ya, ini adalah aturan yang diterapkan khusus di Polewali, yang segera diterapkan Satuan Lalu Lintas Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Bahkan menurut berita yang ditulis Kompad selain menilang para siswa atau anak di bawah umur mengemudikan motor atau mobil di jalan raya, polisi juga bakal menyita kendaraannya. Lebih lanjut bahwa polisi telah melakukan sosialisasi ke SMP dan SMA atau sederajat di wilayah Polewali Mandar perihal aturan ini sejak 2 pekan belakangan.

Aturan ini disampaikan lewat Surat Edaran Nomor B/789/VIII/2016 tertandatangan Kasatlantas Polres Polman AKP Edward Steffy tertanggal 3 Agustus 2016. Kabarnya Surat edaran ini telah sampai ke para kepala sekolah dan ditembuskan ke Bupati, Dinas Pendidikan di lingkungan Polewali hingga Polda Sulbarurat. Dalam surat edaran ini memuat tiga poin penting yakni:

  • Mengingatkan kepada pihak sekolah dan siswa tentang Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta rencana kegiatan Satlantas Polres Polman selama 2016.
  • Himbauan kepada setiap sekolah untuk menyampaikan sosialisasi pada 4–11 Agustus 2016 tentang larangan bagi siswa yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) untuk membawa atau mengendarai motor atau mobil ke sekolah.
  • Pada 12–14 Agustus, polisi akan mulai menegur para pelanggar. Tindakan penilangan dan penyitaan akan dimulai pada 15 Agustus.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Satlantas Polres Polewali Mandar Iptu Abdul Haris Yajji menyampaikan bahwa salah satu pemicu utama kecelakaan di jalan raya adalah ulah pelajar yang ugal-ugalan di jalan dan berkendara tanpa memenuhi ketentuan.

Wah, akankah ini merembet ke wilayah lain?

5 komentar pada “Mulai 15 Agustus Siswa Bawa Kendaraan Bermotor Ke Sekolah Ditilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.