Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok, Yang Satu Banting Harga Satunya Membantah

Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok
Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok

Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok, Yang Satu Banting Harga Satunya Membantah. Ya ini sedikit rumit dan butuh kejelian memandang. Bahwa dalam artikel lalu di link INI dan INI, James Bons telah bahas dengan cukup jelas, bahwa di GIIAS, KTM banting harga. Ada diskon sekitar 20 jutaan mengenai harga KTM Dukw 250 dan KTM RC 250. Namun belakangan kabar ini di bantah oleh juga ATPM atau distributor KTM Indonesia. Nah ternyata bisa dikatakan dua distributor KTM bentrok. Lha kok Bisa? Yuk kita bahas atu-atu gan!

Penurunan Harga KTM di GIIAS Oleh PT Penta Jaya Laju Motor

Ya, telah James Bons bahas dengan detail bahwa beberapa produk KTM banting harga karena produk-produk itu diproduksi  di Indonesi. Beberapa produk ini dan daftar harganya diantaranya adalah:

– Duke 200 yang sekarang dijual dengan harga Rp 52 jutaan akan turun menjadi Rp 31 jutaan
– RC 200 yang sekarang dibandrol Rp 58 jutaan juga akan turun menjadi Rp 35 jutaan
– Duke 250 yang sekarang dilabeli dengan harga Rp 67 jutaan turun menjadi Rp 44 jutaan
– RC 250 yang sekarang dihargai Rp 74 jutaan turun menjadi Rp 48 jutaan

Nah lihat data TPT Online ini gan, memang ada izin produksi dan Izin Impor:

data tpt KTM dari situs TPT Online
data tpt KTM dari situs TPT Online

So, boleh jadi benar adanya bahwa KTM menurunkan harga sesuai yang dilakukan launch da penetapan harga di GIIAS. Dan ini dilakukan oleh PT Penta Jaya Laju Motor sebagai yang mengkali resmi ATPM atau distributor KTM di Indonesia.

Bantahan Penurunan harga oleh  PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS)

Beberapa menit lalu turun artikel dari oto detik bahwa PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) membantah KTM menawarkan harga miring pada beberapa motornya. Nah PT JSS dengan kop surat dari PT Moto KTM Indonesia memang dulu menjadi agen resmi KTM Indonesia. Nah menurut detik oto, perusahaan ini telah mengirimkan pernyataan bantahan ke mereka sehubungan dengan pemberitaan KTM abnting harga.

Dalam statmen itu disebutkan  bhawa berita banting harga ini mengganggu kinerja KTM Indonesia. Dalam hal ini adalah PT Jaya Selaras Sejahtera. Demikian statmen detik oto dari Presiden Direktur PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) Jimmy Budhijanto yang diterima hari ini, Jumat (19/8/2016). Pak Jimmy ini menegaskan bahwa PT. Jaya Selaras Sejahtera adalah Agen Pemegang Merk (APM) dan pemilik hak distribusi motor KTM di Indonesia. PT inilah yang memegang perjanjian kerja sama dengan KTM Austria. Harga motor menurutnya yang menetapkan adalah  APM.

Disinilah diskon Rp 20 juta untuk pembelian motor KTM street bike, tipe Duke 200, Duke 250, RC200 dan RC250 itu tidak benar. Menurutnya hal Itu melanggar hukum. Kabarnya pihaknya sudah menyiapkan bagian legal untuk kasus ini. Lebih lanjut penurunan harga ini menurutnya sudah meresahkan konsumen dan diler resmi KTM Indonesia. Nah akhirnya PT JSS tak bertanggung-jawab terhadap layanan purna jualnya.

Jawaban PT Penta Jaya Laju Motor Yang Menurunan Harga KTM di GIIAS

Lebih lanjut dari pemaparan detikOto yang kemudian mengkonfirmasi ke Sales and Marketing Division Head Penta Jaya Laju Motor yakni perusahaan yang Menurunan Harga KTM di GIIAS, Akhmad Zafitra Dalie. Nah, jawabannya adalah bahwa dulunya APM KTM di Indonesia hanya satu yaitu PT Moto KTM Indonesia yang dalam hal ini yang dimaksud adalah PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS). Hanyasaja sejak IIMS 2015 lalu yang diadakan di Kemayoran , PT Penta Jaya Laju Motor sudah menjadi distributor resmi KTM untuk Indonesia. Nah loh, ganti to, atau gimana ya? Aihihihih.

Berikut statmen Dalie ngutip dari detikOto, Jumat (19/8/2016):
“Awalnya, KTM itu kan satu (APM). Hanya pergantian saja. Sebelum kita (PT Penta Jaya Laju Motor), itu namanya Moto KTM Indonesia. Setelah itu, sekarang policy setahun yang lalu, sejak IIMS 2015, itu kan sudah diumumkan bahwa KTM yang megang adalah dua perusahaan yaitu satu penjualan khusus untuk big bike sama dirt bike itu di Bali, Euro Moto Sport, satu lagi adalah penjualan street bike, itu kami PT Penta Jaya Laju Motor. Dan waktu itu (saat di IIMS 2015) juga sudah ada dari tim KTM Austria sendiri yang datang langsung.”

Siapa Kemudian Pemegang ATPM Resmi KTM Indonesia setelah Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok?

Menurut pak Dalie ini kalau mencari kejelasan siapa sebenarnya distributor resmi KTM di Indonesia, langsung aja website resmi ktm.com. Disitu kita bisa melacak distributor KTM yang resmi di Indonesia melalui kolom pencarian dealer.

Nah, di website ktm.com memang ada fitur pencarian diler. Dan bila dilakukan pencarian memang hanya ada 2 distributor KTM di Indonesia yakni

  • Dealership Euro Moto Sport di Bali yang beralamat di Jl Bypass Ngurah Rai 108X, Pesanggaran, Bali. D
  • Dealership, flagship Sunter di Ruko Green Lake Sunter Danau Sunter Blok S, T, Sunter, Jakarta Utara. Yang alamat Sunter memang benar alamat perusahaan PT Penta Jaya Laju Motor.

Nah ini berdasarkan petunjuk dan klaim PT Penta Jaya Laju Motor. Terus siap yang bener ya gan terkait Dua Distributor KTM Indonesia Bentrok?

 

7 Comments

  1. Ya klo yg kedaftar di web nya ktm pt penta jaya laju motor ya brrti memang bener itu resmi dong cuma ada pihak yg mau ngadu domba lagi atau memang kepengen megang lagi…mungkin

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan