Motor Gerobak, Antara Safety dan Ekonomi Rakyat Kecil

Motor Gerobak
Motor Gerobak

Motor Gerobak, Antara Safety dan Ekonomi Rakyat Kecil. Ya, ini adalah sebuah diskusi ringan tentang keberadan motor gerobag yang menjadi simbol perjuangan ekonomi rakyat kecil, dimana motor ini memang sangat dibutuhkan eksistensinya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat kecil. Namun di sisi lain, keberadaan motor ini cukup mengganggu pengguna jalan lain akibat ulah beberapa oknum pengguna motor ini yang attitude mengendaranya kurang baik. Agresif, selap selip, padahal dia bawa gerobag. Ya harus t=disadari tak semua pengguna motor gerobak itu selap-selip, ceroboh dan sebagainya. Hanya karena ulah segelintir oknum maka pengguna motor gerobag dicap agresif.

Beberapa keluhan Pengguna jalan tentang Motor Gerobak

Ya, di dunia maya maupun dunia nyata James Bons sering menyaksikan, mendengar dan melihat keluhat tentang motor gerobak ini. Bahwa sering motor lain kesrempet, kecantol, ataupun kadang terpaksa minggir, karena pengemudi motor ini main slonong boy, agresid dan gak mau mikirin pengguna jalan lain. Berikut beberapa statmen di FB:

  • Maspri Yo No Pernah ngalami insiden dg kayak gituan. Jalan aspal sempit, eh dianya maksa nyalip. Mgkn lupa kalo bawa ronjot. Sdh coba hindari sampai turun dr aspal. Masih kesenggol dan jatuh. Si rider ronjot lanjut aja ngebut.
    Berikutnya bawa mobil pelan krn jalan ramai. Ada pedagang Cilok bawa ronjot, maksa nyali. Hasilnya lampu sign kena senggol dan retak. Orangnya sih berhenti dan minta maaf. Dimarahi sama adik. Dia tunjukkan dompetnya kosong. Ikhlaskan aja.
  • Andi Elistiono curhat mbah kponakan saya boncengan ma adik saya..eh kesenggol orang yg bawa gituan kponakan saya lngsng jatuh dr belakang ada trek…ktabrak langsng ninggal ditmpt.makanya kl liat ky gitu agak trauma mbah…
  • Oki Triawan Baru kmrn nih saya kesenggol ginian dan cuek si pengendaranya
  • Teguh Aryanto Ngawur nih….koq yaa ga di tilang sama Mr. Police yaa…
  • Dakha Manggara Mathijsen kalo saya bilang bukan idiot, tapi melanggar lalu lintas dan sangat merugikan orang lain, juga berbahaya bagi dirinya dan orang lain, coba kalo kesenggol mobil atau motor lain, bubar tuh orang….

Nyalahin Motor Gerobak Gampang, Nyari Solusi Susah

Ya, ini sekedar diskusi gan. Nahwa memang ketika kita nyalahin saja itu gampang, ngorreksi juga gampang. Namun mencari solusi memang susah. Ya setidaknya misalkan hal ini didiskusikan, bisa terblow, lalu pemerintah mendengahr hal ini dan kemuian bisa memberikan alternatif bagi para pngguna motor gerobak ini alam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat kecil.

Attitude dan Oknum Motor Gerobak

Ya, seperti tertulis di paragraf pertama di atas, bahwa sebenarnyatidak semua pengguna motor gerobak ini agresif, kasar dan tak  memiliki kepekaan terhadap pengguna jalan lain. Ini hanya ulah segelintir oknum. Yang memang sradag-srudug tanpa sadar bahwa bagan belakang kendaraannya lebar, sehingga bisa nggores orang lain, nebrak orang lain, atau melukai orang lain.

So jadi yang dikedepankan tentunya masalah attitude Motor Gerobak ini gan, cara berkendara yang baik yang tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Nah, namanya oknum tetep saja ada dimana-mana, sopir busa ada oknum sopir angkot, oknum sopri bus, bahkan polisipun ada oknum. So, ya itu dia gan, attitude berkendara yang memang harus diperbaiki.

Motor Gerobak Dipuji dan Dicaci

Keberadaan moda angkutan ini memang unik gan, kadang dipuji kadang dicaci. Betapa tidak, biasanya kan ini memang diharapkan kehadirannya oleh banyak pihak, mulai dari tukang baso keliling, somay keliling, tukang jualan galon dan gas keliling, hingga tukang sayur  keliling. Harganya tentu murah wong modalnya juga murah, makanya keberadaannya dirindukan, dipuji dan diharapkan oleh masyarakat banyak.

Di sisi lain memang tak jarang dicaci, ya karena memang beberapa oknum yang tampil dengan attitude yang kurang bik ini gan, sehingga banyak yang beni dan kurang sereg.

Nah, bagaimana menurut agan sekalian?

Advertisements
About Bonsai Biker 5805 Articles
Pecinta bonsai dan otomotif

3 Comments

  1. Solusinya ganti sama motor roda 3, itu bikin ridernya sedikit aware, cuma pabrikan jepang gak ada yang jual motor roda 3 versi niaga gini, soalnya kalo roda 3 buatan atpm pasti spiom bakalan di buat sedemikian rupa, belum lampu yang bikin rider lain aware, mau nyengolpun roda 3 bakalan susah manuver, jadi solusinya ya pake motor roda 3 buatan atpm jepang, kalo gak seengaknha kudu ada progam dari pemerintah, persis lcgc, tapi ini khusus motor niaga aza, gak pake pajak dobel kalo perlu

    Mau di gadaikan kedudaanya?

    Hubungi saya triatmono.info

Leave a Reply