Modif Mazda B600 dari Kendaraan Roda Empat Jadi Motor Klasik

Modif Mazda B600 dari Kendaraan Roda Empat Jadi Motor Klasik

Modif Mazda B600 dari Kendaraan Roda Empat Jadi Motor Klasik

460x110-indent-now

Modif Mazda B600 dari Kendaraan Roda Empat Jadi Motor Klasik. Yoi gan, siapa yang gak tahu bahwa Mazda itu pastinya brand kendaraan roda empat, pernah sih memang bikin kendaraan roda tiga seusai perang dunia kedua. Hanya saja untuk bikin wujud roda dua, lum pernah denger gan. Namun kini kit bisa melihatnya gan, sesosok Mazda B600 yang merupakan jenis mobil dijuluki kotak sabun. Mengandalkan mesin dua silinder L-Twin, kini dirubah jadi motor. Ya, mesinnya yang L twin ini kini buruan penggemar motor tua bangka alias klasisk untuk penggerak motor, kan bentuknya klasik gan, dan mesinnya gede.

honda-cengkareng

Ngutip dari metrotv news, yang nguntit Muhammad Mansyur alias Acung yang suka ngutak-atik mesin mobil ini jadi motor. Yup pria nyentrik yang bergabung dengan Pemudi’s (Perkumpulan Motor Udhug Indonesia Surabaya), merubah  Mazda B600 dari kendaraan roda empat jadi motor tua bangka nan asyik dan nampang klasik.

Mazda B600

Mazda B600

Menurut  mas bro yang satu ini bahwa merubah mobil jadi motor klasik adalah memang tak jauh dari nilai ekonomi, “Idenya karena tidak mampu beli motor klasik, harganya muahale rek hehehe. Makanya saya mencari mesin Mazda B600 ini dan saya pasangkan ke sasis motor.”

Mantebnya, ini dikerjain sendiri gan, kabarnya kebetulan ada bengkel motor umum di rumahnya yakni Barokah Motor yang buka praktik di jalan Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya, sehingga pelan-pelan bisa membangunnya.

Beberapa ubahan memang dilakukan wong merubah dari mobil ke motor. Pertama Ia meracik rangka sendiri. Lalu gearbox 4-speed menggunakan milik Royal Enfield, begitu pula dengan kopling yang pakai dari merek yang saama. Adapun mesin diputar 90 derajat sehingga harus meluruskan roda gila dan koplingnya. Pun Roda gilanya musti dibubut karena ukurannya terlalu besar untuk motor.

Nah karena merubah cukup signifikan, maka wajar Acung musti menjalani trial and error. Saat nyoba ada aja masalahnya. Mulai dari rantai loss hinggal kopling lepas karena posisi mesin kurang lurus. Kendalanya juga rem yang masih tromol, jadi ndloyor karena tenaga mesinnya gede.

Nah mesin mobil ini dulunya cuma Rp2-3 juta, sekarang bisa Rp10 juta karena banyak yang cari untuk dirubah ke motor klasik seperti modelnya Acung. Selanjutnya motor diset ala klasik dengan lampu depan mencomot dari BSA C11 250 cc, dengan bentuk tangki BBM mengikuti bentuk BSA juga. Berikut ini gan specnya:

motor klasik dari mobil mazda

motor klasik dari mobil mazda

Data modifikasi
Mesin: Mazda B600
Sasis: Custom
Gearbox: Royal Enfield
Kopling: Royal Enfield
Lampu depan: BSA C11
Sok belakang: Honda GL custom
Sok depan: Suzuki GT185 custom
Knalpot: Custom
Barokah Motor: 081230696002

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Modifikasi Mobil, Modifikasi Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Modif Mazda B600 dari Kendaraan Roda Empat Jadi Motor Klasik

Leave a Reply

Your email address will not be published.