Modus Angkutan Barang Indonesia, Disinyalir Kelebihan Muatan Lalu Nggoling | Bonsaibiker

Modus Angkutan Barang Indonesia, Disinyalir Kelebihan Muatan Lalu Nggoling

Modus Angkutan Barang Indonesia, Disinyalir Kelebihan Muatan Lalu Nggoling

Modus Angkutan Barang Indonesia, Disinyalir Kelebihan Muatan Lalu Nggoling

Modus Angkutan Barang Indonesia, Disinyalir Kelebihan Muatan Lalu Nggoling. Kejadian yang sering terulang di Indonesia mengenai angkutan, baik angkutan umum, ataupun angkutan barang, bahwa fakta overload nampaknya menjadi hal yang biasa. Angkutan umum berdesak-desakan, lalu angkutan barang sampai kelebihan muatan.

Efeknya ada yang nggoling, ada yang mogok, kadang ada yang tak kuat di tanjakan. Nah kalau dah gini kan bikin rugi pengguna jalan lain to gan! Selain pastinya diri sendiri juga rugi, perusahaan rugi.

Berikut ini vidionya:

 

Kalau agan gak bisa buka gan, cek di link INI!

Untuk  vidio pertama baru sekedar disinyalir kelebihan muatan, kemudian nggoling. Nampak memang muatannya banyak. Truk ini berhenti lalu beberapa saat kemudian nggoling. Menurut netizen truk ini kelebihan muatan, namun musti kita selidiki dulu beritanya gan, ini kelebihan muatan atau ada faktor lain yang bikin truk ini nggoling. Nah untuk vidio ke 2, ke 3, dan ke 4 bisa dipastikan gan, over load. Sementara untuk ke 5 ini masalah volume, terlalu tinggi sehingga nyangkutdi jembatan penyeberangan.

Balik lagi ke vidio pertama,menurut akun FB Muhammad Nashirur Rasyid  ini pengemasan muatannya kurang bagus karena jalan bergelombang. Berikut statmennya:

“Kelihatan pengemudi kurang menguasai medan mbah. Itu abis lintasi rel muatan udah goyang kiri-kanan, makanya truk langsung dipinggirin karna muatan kadung geser jauh kekanan.
Disitu emang rawan, perlintasan serong dobel track, miring pula. Mana pembatas rel sm aspal pakai pelat baja, horor buat pemotor ky saya, terutama kalo hujan 😊

Ya, ini adalah pembelajaran buat kita semua untuk memperhitungkan daya angkut mobil baik dari sisi berat/massa maupun dari sisi volume. Dari sisi massa atau berat boleh jadi kan ada aturannya di pedoman Kir, nah kalau dari sisi volume sering kali pengemudi truk atau bak terbuka membawa barang yang volumenya terlalu besar melebihi besarnya  kendaraan itu sendiri, balau beratnya tak melebihi yang seharusnya. Nah ketika berjalan, lalu tertiup angin atau keseimbangan hilangya rubuh, layaknya vidio ke 2, ke 3 dan ke 4.

So, musti pandai-pandai ngukur  gan!

%d bloggers like this: